OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 15 November 2016

Hipnoterapi : Penyembuhan Gangguan Cemas Berlebihan terhadap Penyakit / Hipokondria

Kecemasan terhadap berbagai macam penyakit disebut juga sebagai hipokondria, ini bukanlah suatu penyakit tapi lebih ke penyakit gangguan mental. Meskipun tidak berdampak langsung terhadap kesehatan seseorang namun hal ini cukup mengganggu dan bukan hal yang tidak mungkin akan berdampak pada kesehatan dalam waktu yang lama jika tidak ditangani segera.

Orang yang cemas terhadap penyakit secara berlebihan biasanya secara terus menerus mencari penyakit yang ada di tubuh mereka, entah itu hanya batuk kecil ataupun memar kecil di jari kaki misalnya. Namun untuk orang di sekitar mereka biasanya menganggap bahwa hal itu tidak rasional tidak masuk akal, atau dianggap pintar bersandiwara, atau hanya ingin mencari perhatian.

Namun ternyata hipokondria ini merupakan gangguan kecemasan serius yang dapat berdampak pada kelumpuhan aktivitas seseorang, menurunnya kualitas hidup, serta sering menilai terhadap kesehatannya sendiri.

Yang sering dianggap jengkel oleh penderita adalah orang-orang yang sering menganggapnya hanya ingin mengganggu atau mencari perhatian, dan hal ini dapat berdampak serius yang menyebabkan jatuh pada sisi kelam gangguan kecemasan pada otak.

Aneh, gangguan kecemasan terhadap penyakit ini lebih banyak terjadi pada wanita. Seseorang mungkin menganggap mempunyai penyakit serius dan kehidupan sehari-harinya hanya terbatas di tempat tidur, dan jika terus terjadi maka dapat menyebabkan suasana murung.

Selain itu ada hal aneh lainnya, yaitu kadang ada orang yang merasa sehat, bebas beraktifitas di tempat tidur namun di tempat lainnya merasa sakit atau tidak enak badan. Hal inilah yang mungkin juga orang merasa terkena serangan jantung, namun kenyataan itu hanya ada di dalam kepala mereka.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang hipokondria :


1. Hipokondria merupakan gangguan psikis yang diakui

Hipokondria di masukkan ke dalam suatu penyakit gangguan kecemasan sejenis penyakit gangguan mental.

Penyakit gangguan kecemasan pada dasarnya adalah sebuah manifestasi dari kecemasan serius kekhawatiran seseorang terhadap kesehatannya, seringkali terjadi tanpa bukti yang cukup atau kesimpulan yang rasional.

Mereka yang menderita akan terus memantau tubuh mereka sendiri, seperti denyut nadi, benjolan di tubuh, dll. Serta secara aktif dan obsesif khawatir terhadap kesehatan dan kebersihan secara berlebihan, dan menduga-duga penyakit yang akan diderita melalui gejal-gejala kecil yang mungkin mereka anggap sesuatu yang mematikan dan mengancam.

Juga perlu diketahui pasien dengan gangguan kecemasan biasanya benar-benar merasakan gejala fisik yang mereka rasakan, ini sebagai suatu dampak dari terganggunya sistem di dalam pikiran mereka yang menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh lainnya.

2.  Ada 3 jenis hipokondria yang utama

Menurut ilmu psikologi saat ini, penyakit gangguan kecemasan tidak hadir dalam satu bentuk, mereka mempunyai beberapa varian yang berhubungan dengan masalah kesehatan mental lainnya. Untuk masing-masing orang dengan gangguan kecemasan terhadap penyakit ini mempunyai manifestasi yang berbeda karena terkait dengan pengalaman kesehatan dan tubuh mereka sendiri.

Hipokondria Obsesif menemukan kekhawatiran mereka tak terhindarkan, dan mereka sering mencari beberapa pendapat mengenai gejala-gejala ringan yang ada di tubuh mereka, secara terus-menerus untuk memastikan bahwa mereka sehat namun yang ada malah gejala tersebut terasa benar-benar ada dalam tubuh mereka, dan tidak pernah cukup yakin bahwa mereka sehat. (Ini adalah bentuk yang paling umum dari Hipokondria).

Hipokondria Depresif adalah mendiagnosa diri mereka dengan cara yang menyebabkan mereka menderita secara lebih dalam, rasa bersalah, keputus asaan yang aktif.

Hipokondria Somatoform, ada yang menarik dari hipokondria jenis ini adalah penyakit "mental" yang menyebabkan gejala fisik yang tidak dapat dideteksi oleh penilaian medis (gangguan dismorfik tubuh adalah salah satunya)

Dalam kasus terakhir ini, "keasyikan" dari penyakit serius menyebabkan gangguan nyata dan kepedulian pasien, mereka tidak "memunculkan gejala mereka", tetapi pikiran mereka tidak memahami tubuh mereka dengan baik atau mendiagnosa diri sendiri dengan benar.

3. Jika Anda sudah pernah terkena penyakit serius, Kemungkinan Anda lebih menderita

Ini adalah salah satu yang menarik, bahwa lingkungan luar mempunyai pengaruh terhadap pengembangan penyakit gangguan kecemasan, misalnya stress, guncangan keluarga yang serius, dan meletakkan penekanan secara khusus pada Apakah Anda mengalami banyak penyakit serius ketika Anda masih anak-anak.

Misalnya, pada masa kecil Marcel mengalami serangan asma kronis, sehingga harus menjalani perawatan dan diperlakukan secara luar biasa dengan melakukan prosedur jaringan ereksi pada hidungnya. Sehingga dia merasa di keyakinan bawah sadarnya tentang manfaat penyakit, seperti mendapat perhatian dari orang tua, mungkin hipokondria berkembang dari pengalaman masa kecil ini, atau keyakinan kesehatan di dalam tubuh mereka sendiri yang terguncang oleh pengalaman buruk mereka.

4. Sering dikombinasikan dengan "Cyberchondria"

Ini bukan hal yang mengejutkan bagi siaspa saja yang sengaja mendiagnosis diri mereka sendiri menderita kanker yang bahkan jarang diderita oleh orang kebanyakan.  Mencari ciri-ciri penyakit di internet dengan Googling menyebabkan mereka terlalu jauh mendiagnosa diri mereka sendiri, ditambah lagi link yang menawarkan gejala gangguan kecemasan serta kepemilikan bahan diagnosa medis seperti buku pelajaran, alat pengukur tekanan darah, atau saat ini internet.

Sumber online yang membahas tentang medis sering berbahaya untuk penderita hipokondria, dan yang mengarah ke diskusi medis di komunitas medis tentang kondisi yang disebut "cyberhipokondria" atau pencarian medis untuk diagnosa medis online.

5. Penderita cenderung menghindari atau mencari informasi

Ada dua jenis perilaku yang berbeda dari penderita gangguan kecemasan terhadap suatu penyakit, yang pertama adalah mereka sering ketagihan untuk belanja ke dokter, ganti-ganti dokter, karena takut diagnosa dokter salah dan tidak sesuai dengan gejala yang dirasakan sehingga penderita mencari informasi dan menjadi orang yang aktif mencari kepastian dan klarifikasi dari beberapa dokter , menjadwalkan beberapa tes laboratorium, dan membutuhkan second opini.

Tipe yang kedua adalah penderita hipokondria yang secara aktif menghindari semua bahan dan pertemuan medis, seperti kunjungan ke dokter ataupun acara televisi yang berkaitan dengan kesehatan, dan apapun yang "memperburuk" masalah atau gejala mereka. Ini adalah respon kecemasan yang klasik, mengisolasi dari pemicu yang berpotensi dianggap sebagai cara aman untuk menghindari kecemasan.

6. Cara mengobati hipokondria

Sebagai gangguan kecemasan, salah satu teknik yang direkomendasikan untuk hipokondria adalah yang umum diterapkan pada penderita masalah seperti gangguan stress pasca-trauma, yaitu Imaginal exposure therapy.

Imaginal exposure therapy pada dasarnya adalah semacam cerita; Dalam Imaginal exposure therapy pasien diminta untuk membayangkan dan menggambarkan secara jelas stimulus ketakutan (dalam hal ini memori traumatik). Biasanya menggunakan bentuk bahasa waktu saat ini, dan termasuk detail eksternal (misalnya, pemandangan, suara, bau) dan internal (pikiran, emosi).

Pada dasarnya Imaginal exposure therapy dalam terapi hipokondria, penderita akan diminta untuk perlahan-lahan secara rinci dan detail tentang penyakit apa yang paling mereka takuti, dengan harapan bahwa secara bertahap dengan membicarakan hal itu maka akan menumpulkan teror dan membuat mereka menganggap hal itu sebagai hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Kabar baiknya adalah bahwa dengan hipnoterapi, hipokondria dapat di hentikan dari mengambil alih hidup Anda. Jika itu adalah hal yang menyangkut Anda, temukan terapis yang cocok, atau berbicara dengan hipnoterapis Anda tentang apa yang harus dilakukan untuk membantu mendapatkan kendali Anda kembali.

Accurate Health Center Medan merupakan salah satu solusi terapi untuk anda sebab merupakan sebuah rangkaian terapi holistik  yang menyediakan konsultasi psikologi, terapi psikologi, hipnoterapi, akupunktur yang dapat  membantu anda dalam rangka memberikan sebuah sesi terapi penyembuhan bagi anda yang mempunyai masalah gangguan cemas berlebihan. 
 
Pengobatan "Accurate" Health Center merupakan pengobatan yang aman, alami dan tanpa efek samping. Rahasia Terjamin.

Hubungi "Accurate" Health Center untuk penangananya.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar