OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 23 Agustus 2010

Cara Bersosialisasi Baik

saya mau gmn caranya mengatasi rasa tidak percaya diri..
dan gmn saya biar bisa pandai berbicara dengan orang lain..
karena saya itu termasuk orang yg susah untuk bersosialisasi
dan susah untuk mencari teman..??
plis kasih saya solusi untuk mengatasi cara pola pikir saya dan rasa yg bisa membangun percaya diri yang tinggi (indonesiaindonesia.com)

Jb. Baiklah.. saran saya adalah cobalah anda mencari tau apa penyebab dari ketidak percayaan diri anda terhadap interaksi sosial/pergaulan sosial, apakah anda tidak percaya terhadap fisik anda atau mental anda atau adakah hal lain atau traumalitas yang lain sehingga membuat anda takut atau sulit untuk bersahabat dengan orang lain.

Jika setelah mengetahui apakah penyebab dari ketidakpercayaan diri anda maka cobalah untuk diubah, contohnya jika ada kendala pada masalah fisik, maka cobalah untuk memperbaikinya, bisa dengan berolahraga atau mencari ahli, jika permasalahan karena mental, maka anda bisa mencoba untuk merubahnya juga, yaitu pertama tama anda harus menanamkan dalam pikiran anda adalah anda adalah orang yang berguna, anda adalah orang yang dibutuhkan dan anda adalah orang yang menarik dan semua orang pasti ingin berteman dengan saya, karena saya tidak menganggu dan tidak mengusik orang lain, kemudin belajarlah terus menerus untuk berkumpul di tempat yang ramai dan terbuka dengan siapa saja yang ingin berteman dengan anda dan jangalah menutup diri, jadilah seorang pembicara dan pendengar yang baik dan jangan takut salah.. jika salah maka bisa diperbaiki dan sampai suatu saat anda pasti bisa menjadi seorang yang percaya diri dan tidak takut kepada orang lain lagi.

Tanamkan keberanian, niat/kemauan dan belajar terus menerus. bisa dari buku, pengalaman orang dan pengalaman diri sendiri.. usaha terus menerus merupakan kunci utamanya.

2 komentar:

  1. segala sesuatu itu butuh peroses, tidak bisa instan...
    jadi terlalu berlebihan yang ada d atas itu, tidak faktual.

    BalasHapus