OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 03 Agustus 2010

Tekanan dari Orang tua

sy prmpuan usia 19 thun, mau nanya, bgmnakah cr mnjadi diri sndiri yg sebenarnya, yg lepas dr belenggu orang lain? karna seringkali hal yg sy lakukan tdk sesuai dgn yg benar2 sy inginkan. sy msh sering menghdapi ssuatu dgn pikiran d bwah tkanan org lain, msalny org tua. ibu sy trmsuk org yg ckup mnekan dlm mmilih tman brdsarkn status. pdhl dlm lubuk hati sy, sy tdk stuju dgn pndangan tsb. tp pd akhrny saat sy mnghadapi tman yg tdk ssuai mnrt ibu sy, kdang tkanan2 tsb mmpngaruhi sy dlm brsikap, trutama saat ad ibu sy saat brtemu dgn tman sy it. bgmnakah solusiny mnrt anda? trimakasih sbelumnya (forum.kafegaul.com)

Jb. Anda masih berusia 19 tahun dan anda sedang mencari jati diri dan ketika anda berusia diatas 21 tahun maka karakter anda telah terbentuk. anda sekarang masih dilanda kebingungan atas pribadi anda sendiri. di dalam satu sisi, anda ingin menjadi apa yang anda inginkan dan di satu sisi anda harus diatur orang tua karena anda belum dewasa.itu sebanya pada usia tersebut kita sedang mencari identitas diri.

Mengenai permasalahan anda dengan hubungan sosial anda, kemungkinan orang tua anda mempunyai prinsip sendiri dalam mendidik anaknya. orang tua anda menginginkan anda mempunyai pergaulan yang baik dan tentunya bisa mendapatkan manfaat bagi anda, bukan pergaulan yang tidak bisa memberikan anda apa-apa.. namun pada sesungguhnya pergaulan itu tidak bisa dipaksakan..anda harus bijaksana sendiri dalam memilih teman.jika memang ada teman yang baik dan membawa kebaikan bagi anda, maka anda boleh berteman dengannya walaupun orang tua anda tidak setuju. anda berteman sebatas sewajarnya dan janganlah terlalu percaya kepada orang lain.

Saran saya adalah cobalah anda banyak membaca buku-buku mengenai kepribadian sehingga anda bisa menemukan jati diri anda yang sebenarnya dan mengenai pergaulan, anda harus waspada dan selalu berhati-hati dengan orang yang memiliki niat buruk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar