OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 16 Agustus 2010

Sifat Dendam terhadap orang tua

saya wanita 27tahun dn sudah menikah 4tahun lebih tapi blom dikarunia anak,yg jadi masalah kenapa aku jadi sangat benci dengan ayah saya? saya selalu merasa ayah saya tidak pernah bertanggung jawab terhadap kami anak2nya?

terlebih setelah adikku meninggal 3minggu yg lalu,aku merasa ayahku manusia yg tidak punya perasaan yg membiarkan anaknya mati tanpa pernah melihatnya untuk terakhir kali,tapi malah sibuk urusin warisan yg dia pioritaskan buat istri muda dan anak2nya yg disana?

aku selalu merasa ayahku yg menjadi penyebab kematian mama dan adikku,kenapa bisa begitu? mohon bantuannya,thanks (forum.kafegaul.com)

Jb. saya ikut prihatian terhadap perasaan dan pengalaman yang anda rasakan.. mengenai permasalahan antara orang tua dengan anak memang sangat sulit dipecahkan.. setiap orang tua memiliki pendidikan dan pengajaran terhadap anaknya dengan caranya tersendiri walaupun itu benar atau salah, orang tua menganggap bahwa mereka tidak pernah salah karena tujuan mereka memanglah untuk kebaikan anaknya dan disamping itu ada juga tipe orang tua yang hanya bisa melahirkan anak namun tidak peduli terhadap anak tersebut dan tidak merawatnya dengan baik. banyak sekali tipe orang tua begitu juga tipe anak.. ada anak yang begitu menyayangi orang tuanya walaupun orang tuanya tidak sayang kepadanya dan ada juga anak yang sangat durhaka terhadap orangtuanya padahal orangtua sangat menyayanginya... semua ini dinamakan perjalanan dan pengalaman hidup seseorang.

Secara bijaksana, kewajiban anak memanglah harus menghargai dan menghormati orang tua, namun itu tidaklah selalu berlaku jika sikap orang tua yang hanya melahirkan anaknya namun tidak mencintai atau tidak merawatnya dengan baik... jika demikian kasusnya, itu sudah tergantung oleh budi anak tersebut apakah ia mau menghormati orangtuanya atau tidak, namun setidaknya berilah ia sedikit kesempatan untuk bahagia karena ia telah melahirkan kita dan membuat kita cukup bahagia di dunia ini.

kembali ke permasalahan anda terhadap ayah anda, jika anda merasa ayah anda bukalah seorang ayah yang baik sehingga anda membencinya.. itu bukanlah solusi yang baik dan benar.. anda boleh mempunyai perasaan yang tidak suka terhadap perilaku ayah anda, tapi janganlah membencinya, karena membenci adalah perilaku yang paling buruk di dunia ini. Anda boleh berusaha menyadarkan perilaku orang tua anda, maka anda akan mendapatkan pahala yang sangat besar.. jika anda tidak bisa menyadarkannya setidaknya anda tidak membuatnya susah atau membiarkannya saja... walau bagaimanapun dia telah melahirkan kita, hargailah dia walaupun dia telah bersalah dan pertama kali yang harus anda lakukan adalah maafkanlah semua perilaku orang tua anda dan maafkan diri anda juga karena anda mempunyai orang tua yang seperti itu.. dan janganlah menyimpan dendam terhadap apapun.

2 komentar:

  1. Hmmm, tulisan yang menarik. Terima kasih ya telah berbagi.

    Kebetulan kemarin saya juga barusan menulis topik serupa tentang membalas dendam. Cek saja entri saya yang berjudul Balas Dendam Itu Manis? Saya yakin bisa jadi referensi silang yang menambah pengetahuan kita bersama.

    Salam kenal, dan sampai jumpa lagi nanti.

    Lex dePraxis
    Unlocked

    BalasHapus
  2. Terima Kasih, Blognya sangat bagus,

    semoga berbahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    BalasHapus