OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 21 April 2010

Suka Mencuri

saya punya adik, seprtinya dia punya kelainan dalam tingkah lakunya yang pertama, saya sering dapet laporan dari teman temannya kalo adik saya sering mengambil sesuatu yang bukan miliknya, ada uang, ada baju, yang terkhir laptop, kami berasal dari keluarga mampu, dan kejadian ini sudah berlangsung lama, tapi setiap kali saya tanyakan ke dia, dia selalu bilang bukan, bukan, dan bukan dia yang melakukan..
kalo sekali dua kali mungkin saya percaya, tapi karna kejadian ini sering, rasa percaya saya berubah..
orang tua saya g pernah tau hal ini sebelumnya, tapi karna kejadian terakhir yang adik saya dituduh ngambil laptop beliau (ibu) tau, walo awalnya beliau tidak percaya dan menganggap anaknya adalah "anak baik", sehingga membela adik saya tsb,

tapi kmd saya ngasih tau kalo kejadia ini bukan hanya sekali, ibu saya kaget, apa mungkn ini penyakit? tanyanya, saya pun menyarankan agar adik saya diterapi, tapi belum ada tindakan nyata untuk itu,

yang saya kesalkan, kejadian berulang tsb seprti tidak memberi efek jera, padahl dia pernah di keluarkan sekolah karna itu, dan dia juga tidak ada rasa bersalah atau mengakui kesalahannya itu walo sudah sering banyak saksi yang mengatakan, sehingga sepertinya untuk menutupinya dia berbohong,, itu yang pertama, yang mau saya tanyakan bagaimana harus menyikapi adik saya tsb, bagaimana ngasih tau dia dan bikin dia lebih mersa bahwa yang dilakukannya salah, apakah ada pengobatan atau terapinya? sekedar info saja adik saya orang nya susah dikasih tau,. apa yang dikasi tau sepertinya hanya nagin lalu bagi dia, saya hanya ingin dia berubah lebih baik..

yang kedua, masih adik saya yang sama, dia kecendurungan menyukai sesama jenis (wanita), sungguh saya tidak tahu kenapa ini bisa terjadi, adik saya memang aga tomboy,tapi kenyataan dia menyukai sesama itu sangat memalukan bagi saya, dan ortu tidak tau akan ini, saya g bisa mbayangin kalo ortu tau, g tega, karna sebenarnya kami berasal dari keluarga yang cukup religius..
pertanyaan yang sama bagaimana cara nya agar dia kembali ke jalan yang benar cra terapi atau apalah untuk adik saya menjadi normal kembali..

terus terang saya menjadi kurang leluasa karna kekurangan adik saya, dalam bergaul saya selalu menghindari pertanyaan jika teman menanyakan keluarga, khususnya adik sya..

mohon kiranya bapak bisa membantu memberi saran..
terima kasih (kaskus.us)

Jb. menurut saran saya.. sebaiknya adik anda di bawa ke seorang psikolog saja untuk mengindentifikasi gangguan apa yang dialami oleh saudara anda..

Diagnosa orang yang suka mencuri adalah dua, yaitu gangguan kepribadian antisosial (psikopat) yang diikuti oleh sikap yang kurang memiliki kepekaan terhadap norma sosial, seperti tidak mematuhi aturan sosial dan mempunyai dua sisi kepribadian yang berbeda atau bermuka dua, contohnya di luar terlihat sangat sopan dan di belakang kemungkinan berbuat salah dan tidak pernah menyadarinya dan merasa bersalah.

kemudian kemungkinan diagnosa yang kedua adalah gangguan kepribadian kleptomania, seperti ingin mencuri dan merasa puas jika dapat mencuri dan diri merasa tidak nyaman jika tidak mencuri atau mengambil barang yang kemungkinan tidak dibutuhkannya dan akan diberikan kepada orang lain.. gangguan kleptomania tidak ada hubungannya dengan kondisi ekonomi seseorang.

Oleh sebab itu sebaiknya anda membawa adik anda untuk pemeriksaaan psikologi kepada seorang psikolog dan mengenai masalah seksual itu juga sangat rumit dan sulit untuk mengubah orientasi sesksualnya kecuali ada niat dan kemauan dari diri orang tersebut.

3 komentar:

  1. Teman Aqu sdh salah Satu nya...?,,,
    bagaimna yh cara nya agar dya tidk mencuri lgy kaka?

    BalasHapus
  2. teman sya jga ... Dia prnah mencuri BB tman sya & mencuri uang kas ....
    gi mana cranya agar dia tidak ada kemauman untk mencuri ?

    BalasHapus
  3. Adik saya sdh 20 tahun tp masih suka mencuri uang saya n IBU. Tp setiap dtanya tidak mau mengaku

    BalasHapus