OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Kamis, 24 Desember 2009

Ilusi Teman Khayalan

Gene.. Aku ini punya tmn khayalan..

Bagi yg gx ngerti sprti apa tmn khayalan ntu, aku jelasin dari versi ku..Saat aku masih kelas 6 SD, adalah saat dimana aku lagi krisis kepercayaan ama smua org.. Lalu aku seperti menciptakan sebuah image teman di dalam pikiranku.. Aku membayangkan sesosok cewek.. (aku jg cw ^^)Yang ajaib nya.. Aku bisa berbicara dan ngobrol dengan khayalanku itu..Benar2 sepertinyata, hanya saja tidak berwujud, dan aku jadi seperti berkpribadian ganda begitu.. Haha..

Karena sifatku dan tmn ku ntu berbeda.. Sering sekali aku berdiskusi dan meneritakan segala sesuatu kepadanya.. Dan entah lah, tiba2 seakan ada suara di kepalaku yang selalu menyemangatiku setiap aku membutuhkan..

Hal itu terus berlangsung hingga sekarang aku kuliah semester7..Aku sih sudah menyadari keanehan sejak bertahun2 yang lalu, tetapi aku tidak pernah berusaha untuk mengatasinya.Dan skrg aku merasa ini adalah masalah.. Apakah ini salah satu masalah kejiwaan?Dan bagaimana caranya supaya aku tidak berhubungan dengan teman kahayalanku lagi (yang sekarang jumlahnya sudah lebih dari 5 orang) Hahahaha ^o^

Pasti banyak yang bingung , Aku aj bingung ama diriku sendiri , Tolong penjelasannya.. Terima kasih..(lautanindonesia.com)


Jb. saya ikut prihatin dan simpatik dengan masalah anda ya.. kemungkinan anda mengalami banyak masalah hubungan sosial dengan orang lain ya sehingga anda sampai berilusi mempunyai teman teman khayalan.. anda hanya merasa kesepian dan merasa tidak ada orang yang dapat mengerti anda sehingga anda membangun teman teman khayalan itu dan mempercayainya.. itu adalah proses pikiran saja kok.... semua orang bisa membuat apapun dengan pikiran ini...

saran saja adalah berpikirlah logika dan realitistik.. jangan pernah menjadi budak bagi pikiran anda namun menjadi tuan bagi pikiran anda.. hiduplah dalam dunia yang real dan kesadaran dan bukan hidup dalam dunia yang tidak realitis atau tidak sadar...

teman-teman khayalan yang anda bangun adalah tidak real dan merupakan proses pikiran saja dari alam bawah sadar itu.. bawalah pikiran itu ke alam sadar anda.. katakan pada diri anda bahwa tidak ada dunia khayalan itu. itu hanya buatan pikiran saja.. nyatannya teman itu tidak real dan tidak berbentuk dan berwujud kok..

selalu berpikir sadar dan jangan terpengaruh oleh alam bawah sadar pikiran kita.. alam bawah sadar pikiran itu bisa mengarahkan anda untuk berbuat apapun juga.. anda harus menaklukannya...

dalam teori frued (psikologi analisis), itu namanya naluri-naluri manusia,. manusia bisa mempunyai naluri dalam bentuk kejahatan, seks, berfantasi dan berkayalan di luar alam sadar kita.... ketika kita benci ama orang lain... timbul dalam alam bawah sadar kita untuk supaya dia mati.. namun setelah kita bawa ke alam sadar kita maka kita akan tersadar bahwa kita tidak boleh berbuat sepreti itu...

mengertikah.. lebih banyak berpikiran sadar dan logika ya.... teman khayalan itu akan hilang sendiri kok..

11 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Ilusi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/799/1/ZComputerSociety_Hendro_Prabowo%287%29375_381.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Lalu bagaimana kalau teman khayala itu memang nggak ada, kita sadar, namu tetap gk bisa biarin pergi gitu aja. Meski kita gk komunikasi spt dlu tp dlm perasaan dia adalah sosok penting dan ada saat kita ingin bertemu lg. Apalagi ketika dlu terlanjur bercerita pd org lain bahwa sosok itu ada sungguhan. It's not that simple to remove our IBF. Apalagi kita merasa dia pernah membantu kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dlm buku yg saya baca, Stephen Hawking dan beberapa orng lain punya tmn khayalan, smcm 'muse' ny dlm memberikan ide. Konteksny begini: kalau dia merepotkan kehidupan anda, coba hilangkan perlahan. Kalau tdk, coba kembangkan. Memiliki tmn imajinasi berarti kakak memiliki energi positif dan bs ngobrol dgn pikiran bawah sadar kakak secara lbh terbuka.

      Yang penting jangan sampai ketergantungan dengan teman imajinernya.(walaupun jujur, aku dikira semua temanku gila karena punya tmn imajiner hingga 10 orang lbh).

      Hapus
  3. Temen seperti itu takkan qu tinggalkan... Smpai dwasa ini qu jg mmpunyai teman sperti it.. Ttpi hnya satu, qu nyaman ajj dgan temen khayalan krn dy mmpu mmbrikan energi postif.. N mmbntu mmbangun Karakter qu mnjdi lbih baik.. Ya qu jg tdk tw pasti... Apkh qu yg berubah mnjdi lebih baik, atw teman khyalan qu itulh yg ingin mnjdi manusia.. Sebb qu jg sdh merasa hampir sperti dia krakter yg qu inginkn.

    BalasHapus
  4. Saya punya teman khayalan.. Namanya fany, dia cantik dan berambut pirang.. Dia suka banget semangatin aku setiap pulang sekolah.. Aku rasa udah lebih 1 tahun dan aku lebih ingin menghilangkan dia.. Eh akhirnya hilang dan lama udah saya lupakan.. Saya nyesel wkwk.. Itu normal aja kan? Umur saya uda 11 lho

    BalasHapus
  5. Saya juga punya teman khayalan, jumlahnya hanya ada 2 dan sudah sejak kelas 2 sd sekarang saya sudah semester 6 dan kami masih bersama.. saya juga nggak merasa kesepian saya bergaul dg orang lain secara normal, alhamdulillah :D

    BalasHapus
  6. Aku jugak punya tmn imajinasi bahkan ada lebih dari 20 org, dtgnya sih bergantian gitu tapi kdg jugak bersamaan,mulainya sih gk tau kapan, tapi seingat aku diumurku 10 thn, sekarang umurku udah 14 thn. Terkadang aku susah kontrol mau bicara dgn mereka dimana kdg bisa diantara keramaian sampek dibilang aneh sama teman aku, klw aku nya sih gk masalah dibilang kyk gitu, hahaha. Tapi tmn imajinasiku itu malah membuatku slalu berpikir positif, terkadang mereka juga memberi solusi saat aku ada masalah, aku juga gk pernah ngerasa kesepian. Aku juga bisa berpikir lebih luas dgn adanya mereka,klw ada yg bilang aku tuh sukak mimpi yg aneh" (seperti pergi ke planet mars atau masuk ke lubang hitam) mereka malah nyemangatin aku buat gapai mimpi aku. Pokonya aku gk mau deh ngelupain mereka.

    BalasHapus
  7. Saya mempunyai teman khayalan saya ada 2, saya kasih nama Mario dan Leon (kedengarannya emank aneh sih kok saya cewek mau temenan sama cowok) dari umur saya 5 tahun-22 tahun. Tapi mereka selalu semangatin saya untuk berteman dengan manusia dan selalu semangatin saya untuk kuliah. Tp rasanya saya ingin hilangkan mereka berjalan dengan waktu

    BalasHapus
  8. halo, aku mau ikut berbagi, saat ini aku udah smstr 8 dan masih punya teman khayalan, cuma ada satu orang, wujudnya aku gatau, karena dia adalah aku dan ada dalam pikiranku. kadang dia memotivasiku, tapi di waktu yang sama juga dia sering menamparku dengan realita yang selalu kuhindari. kadang karena ga sanggup dengar kata-katanya aku cuma bisa melampiskannya dengan teriak teriak menyuruhnya diam.. tapi terkadang dia juga muncul untuk mendengarkan keluh kesahku.. semua aku curhatkan padanya. karena cuma dia yang mengerti keadaanku.. yah, ada positif dan negatifnya.

    BalasHapus
  9. Aku sudah punya temen khayalan waktu kelas 1 SD sampai umurku 19 tahun,aku nggak pernah tahu dia siapa,tapi kalo aku lagi mengingat masa lalu yang buruk,dia selalu datang dan menyuruhku mengingat masa lalu yang indah,biasanya dia datang pas tengah malam dimana aku nggak bisa tidur,aku slalu ngobrol sama dia tentang berbagai topik dan mengajariku untuk bisa berbicara lancar,klo disuruh buat menghilangkannya,aku nggak mau sih,krna dia udah jadi bagian dari hidupku

    BalasHapus