OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Kamis, 24 Desember 2009

Minta Solusi atau Perhatian ?

Bagaimana cara membedakan orang yang hendak curhat karena meminta solusi dengan orang yang curhat karena meminta perhatian?
Kan ada tuh tipe orang yang semakin diladenin curhatannya, semakin seneng karena merasa mendapatkan perhatian, semakin parah cengengnya, Dan juga bagaimana cara untuk menghadapi orang2 seperti mereka? Terima kasih sebelumnya, ko (forumm.wgaul.com)


Jb. gak papa kok sering menyanya, jadi saya mampu mengali seberapa kemampuan saya untuk memberikan pengetahuan saya kepada orang lain... nah. untuk menjawab pertanyaan anda, biasanya laki-laki lebih banyak meminta solusi daripada wanita ya.wanita lebih ingin mendengarkan masalah mereka dan meminta dukungan daripada meminta solusinya.... namun tidak semuanya demikian.. ada juga perempuan yang ingin mencari solusi atas permasalahan mereka..biasanya bagi wanita yang ingin mencari perhatian adalah seorang wanita yang berbicara kurang serius, kurang berminat ketika anda memberikan mereka solusi tapi ketika anda memberikan perhatian dan dukungan maka mereka akan sangat respon sekali... lihatlah motorik dan bahasa tubuh mereka jika ingin mengetahuinya dan satu contih lagi biasanya wanita tertekan dan tidak dapat meencari solusinya maka ia akan meminta dukungan berbeda dengan pria yang cenderung dapat menerima keadaan apa adanya.. rata rata pria sangat jarang ingin meminta perhatian dan dukungan terhadap permasalahan pribadi mereka, berbeda denganhanya masalah pekerjaan.

untuk menghadapi orang orang yang senang curhat dan ingin mendapatkan perhatian saja maka berikanlah perhatian dan dukungan kepada mereka jika anda merasa mereka benar dan jika mereka salah maka berikanlah dukungan juga kepada mereka untuk mendapatkan nilai plus dari mereka setelah mereka menghargai dan menyukai dan mengangap anda orang yang cocok dijadikan teman curhat maka step bye step arahkan mereka ke hal-hal yang benar.

Apakah kita boleh bersikap tegas dan agak keras agar dia menghentikan kebiasaan curhat hanya untuk cari perhatian seperti itu, ko?
Soalnya aku juga banyak berhadapan dengan orang2 seperti ini yah, ko
Yang aku perhatikan, mereka ini semakin diladenin, malah semakin "nyaman dalam zona kesedihan"nya sehingga mereka memperumit pikiran mereka sendiri lagi dan yah jadinya mereka lebih merugikan diri mereka sendiri sendiri dengan sikapnya yang seperti itu
Bagaimana menurut ko fudin?


Jb. menurut saya ya tidak perlu bersikap keras kepada mereka karena memang mereka sebenarnya memerlukan pencerahan bukan sikap keras kita dan jika kita juga bersikap keras kepada mereka maka akhirnya kita tidak dapat membantu mereka dan mereka tentunya akan bercurhat dengan yang lainnya... ingat saja, membantu orang lain dan menyadarkan orang lain itu tidak gampang dan perlu proses karena setiap orang pengertiannya berbeda-beda. cobalah kasih pengertian demi pengertian dan berusaha merubah cara berpikir mereka dengan filosofi/hakikat hidup ini.. perhatian dan dukungan hanya bonusnnya supaya mereka merasa nyaman dengan kita saja kok..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar