OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 23 Desember 2009

Pilihan Jurusan yang salah

gan,ikutan curhat yah...

saya seorang mahasiswa d sebuah perguruan tinggi (yg katanya) salah satu terbaik di indonesia..awalnya saya tidak ingin masuk universitas tsb,krn universitas itu berada d luar kota tmpat sy tinggal, tetapi krn sy "dipaksa" oleh orangtua sy (mereka membangga2kan saya di dpan org2, dan mngatakan bahwa sy hrs msk universitas tsb demi membuat mreka 'bngga'),akhirnya krn saya tdk mau mengecewakan ortu sy,sy ikuti kemauan mreka..

pdhl sy tdk ingin,krn sy tdk yakin sy sanggup tggl sndiri di luar kota karna slm hidup sy,sy tdk prnh berpisah dr kluarga,terlebih lagi sy anak plg kecil yg manja.
selain itu, jurusan yg sy pilih jg bukan yg sy inginkan...melainkan yg ortu saya inginkan utk sy..awalnya sy msh bsa mngikuti kuliah walaupun dg sgt susah payah karna tdk trlalu mngerti jurusan tsb...

tpi skarang...sy sering tdk lulus d mata kuliah yg saya ambil...karna smakin lama fokus ke jurusan tsb smakin besar,dan saya smakin tdk mngerti..
sy tau sy seharusnya mncoba blajar lbih giat ttg jurusan tsb, tpi otak (dan mgkn hati) saya tdk bsa mnerima. tiap kali sy bljr sesuatu, sy akan dgn mudah dan cepatnya mlupakannya...smakin lama sy sadar klo 'jiwa' saya bkn di jurusan itu...tapi sy sudah "terjebak" dan tdk bsa berbuat apa2..
berkali2 sy gagal dlm beberapa mata kuliah yg saya ambil...
seharusnya sy sudah mau lulus...tpi sampai skrg sy blum bsa memulai tgs akhir karna bnyk mta kuliah yg blum lulus..

ortu sy srg mnanyakan (kadangkala seperti memojokkan) kapan saya lulus??
dan saya terpaksa berbohong kpd mreka agar mreka bsa memaklumi klo sy lulus terlambat..padahal sampai skrg,sy sperti tdk bsa mlanjutkan lg kuliah saya..
sy sdh ditahap 'muak' sekali pada smua plajaran..
akhirnya otak sy tdk sanggup dan saya sering bolos kuliah..
saya merasa seperti mau gila, saya seperti tdk mempunyai jiwa lg..
saya bsa berhari2 berada d kamar kos tanpa mlakukan apapun..
apakah ini yg namanya depresi??atw "breakdown"??

dan saya tdk punya siapa2 utk bsa bercerita..
kdg sy ingin rasanya berhenti kuliah dan mulai mlakukan hal sesungguhnya sy inginkan...walaupun hrs kuliah d universitas yg tdk sehebat skrg,sy tdk masalah...
tpi sy tau sy tdk bsa mlakukan itu,karna itu akan sgt mngecewakan kluarga sy...bisa2 sy 'dipecat' sbg anak oleh ayah sy.
tpi sy benar2 bingung hrs bgmn?!

mohon bantuannya...trima kasih!! (kaskus.us)


Jb.. halo. salam kenal ya. saya ikut prihati dengan dilemanya dunia pendidikan anda.. tentunya semua orang juga pernah berbuat salah dengan mengambil jurusan yang salah, langkah yang salah, dsb yang mungkin disebabkan oleh keinginan orang tua atau sendiri belum menemukan jati diri..

nah setelah membaca tulisan anda, saya mendukung anda untuk melepaskan kuliah anda karena memang itu bukan dunia anda dan tidak ada gunanya kita berpura-pura dan terpaksa dalam mengerjakan sesuatu. cobalah anda mulai untuk mencari tahu apa keinginan anda dalam pendidikan dan konsultasi kepada orang tua anda secara terbuka..

katakan semua seluk beluk perjalanan kuliah anda kepada orang tua anda, termasuk pengalaman, ketidaknyamanan, nilai anda, motivasi anda, dsb... katakan segala konsekuensi anda kepada orang tua jika anda masih kuliah disana, seperti akan menghabisi uang saja, pilihan orang tua tidak sesuai dengan pilihan anda sehingga anda tidak akan tertarik terhadap pendidikan itu, dsb

jika orangtua anda masih tidak mengerti maka sebaiknya anda berhenti kuliah saja , jangan memaksakan diri anda karena nantinya hasilnya tidak akan memuaskan dan anda merasa bersalah...

diri anda adalah milik anda dan anda yang menentukan jalan hidup anda, orang tua hanyalah sebagai guru pembimbing anda namun tetap anda yang berjalan sendiri....

jika orang tua anda tidak percaya pada anda lage, anda boleh buktikan sendiri dengan hasil jerih payah keringatan anda untuk kuliah lage di bidang yang anda inginkan dan buktikan pada orang tua anda adalah orang yang sukses dengan pilihan hidup sendiri..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar