OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 23 Desember 2009

Calon Psikolog

ane calon psikolog nih . kalo ada temen yang curhat sama ane, ane berusaha bantu dia kayak apa yang uda diajarin sama dosen ane d kampus . masalahnya ada orang yang ane bantuin nemuin jalan keluar masalahnya malah marah2 sama ane. lah ane bingung, apa ane yang salah . ato emang orangnya ajayg batu ? (kaskus.us)

Jb. wah.. selamat ya calon psikolog.. saya doain semoga cepat menjadi psikolog.. hehehe... sehinga saya mempunyai teman yang seprofesi dan kita bisa saling sharing-sharing.. oh ya.. saya telah menjadi seorang psikolog selama 2 tahun lebih dan telah mempunyai praktek sendiri.. banyak suka duka menjadi seorang psikolog.. sukanya adalah apabila pasien bisa sembuh, tercerahkan dan hidup normal dan salah satu dukanya adalah kemungkinan apa yang kita sarankan demi kepentingan orang lain kemungkinan dapat mengangu pihak lain atau orang lain tidak menyetujuinya.. oleh sebab itu saran dan solusi kita itu harus bijaksana dan tidak memihak kepada siapapun. kita harus bersikap netral.. dan sebenarnya kita tidak perlu terlalu banyak memberikan saran kepada pasien kita., kita hanya meminta kepada klien kita untuk berpikir kembali atau berpikir sendiri menggunakan logika atas dasar pemikiran secara sosial, agama maupun kekeluarga.. seperti beberapa kasus konsultasi pernikahan. ada klien yang bertanya apakah dia mau cerai atau tidak.. kita tidak perlu memberikan jawaban kepada dia namun meminta dia untuk berpikir sendiri dan menjawab sendiri dengan segala konseksuensi yang ada.. bertanyalah kepada dia seperti bagaimana pandangan agama anda jika bercerai, bagaimana pandangan keluarga anda jika bercerai., dsb.. minta klien untuk menjawab sendiri sehingga kita sebagai psikolog tidak mendapatkan imbas atau intrevensi dari pihak manapun..

jadi disini kita jadi psikolog menjadi tidak disalahkan... mengertikah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar