OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 23 Desember 2009

Orangtua sering Berantam

Pak psikolog mao konsul nihh..

Keluarga saia bisa dibilang gak akur, papa mama sering berantem, dulu papa sering marah2 ke saia waktu kecil, sampe tabok saia juga.. (saia nakal juga sih). Sekarang saia udah remaja, terus sekarang saia kok kalau bergaul, ketemu orang baru itu kok kayak susah, canggung dan ngerasa takut gak diterima.. (lebih canggung kalau ketemu teman cowok). cuma sama temen dekat aja saia ngerasa enjoy . padahal saia ngobrol sama teman lama bisa dibilang saia aktif ngobrol dan suka ngobrol.. gimana ini yah? susah juga kan kalo ngerasa takut gitu .

yang mau saia tanyakan apa efek keluarga bisa menghambat perkembangan diri saia? thx..(kaskus.us)


Jb.. iya boleh konsultasi kok semoga saran saya bisa membantu.. kemungkinan anda mengalmi masa kecil yang cukup suram ya sehingga anda kurang percaya diri pada hubungan/interaksi sosial.. mungkin anda juga banyak dihukum di masa lalu terhadap kesalahan anda dalam berhubungan dengan orang lain sehingga anda merasa sulit untuk membuka diri karena takut bersalah ya..

tentu saja ada pengaruh antara pola asuh keluarga dengan interaksi sosial atau perkembangan diri individu, dari penanaman nilai sosial sampai ke orientasi kepribadian...

solusinya adalah anda harus tanamankan kepercayaan diri dulu dalam diri anda, anda harus merasa mampu kepada diri anda.. tunjukkan bahwa anda adalah orang yang ramah, tidak sombong dan mau membuka diri dengan orang lain.. jangan pernah mengangga orang baru itu adalah orang yang jahat atau orang yang punya derajat tinggi. anggap saja dia bagian dari keluarga kita sehingga kita nyaman ngobrol dengan siapa saja dan jangan tanamkan ketakutan dan kecemasan dalam diri anda yang tidak berlogika... anda tidak akan diserang dan dipukul oleh teman anda kok. oleh sebab itu jangan salah menanamkan ketakutan... anggap semua orang adalah orang baik dan ramah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar