OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 23 Desember 2009

Hipnoterapi

Pak Fudin, saya ingin bertanya mengenai hypnotherapy.

Begini, saya 1-2 bulan lalu baru mengenal yang namanya hypnotherapy dengan audio yang disisipkan sugesti2 positif bawah sadar. Audio tersebut juga menstimulasi/membawa otak kita ke dalam keadaan alpha atau theta sambil memberikan sugesti2 positif terus menerus. Audio2 tersebut ada bermacam2 jenis mulai dari membantu menghilangkan stress, memperkuat daya ingat, tidur lebih nyenyak, dll.

Saya yakin bapak sendiri tahu setiap manusia perlawanan pikiran terhadap pengaruh berbeda2. Saya termasuk orang yang critical dan analytical sehingga sepertinya hypnotherapy tradisional seperti tidak begitu ampuh terhadap saya. Menurut apa yang saya teliti, ada teknik baru yang lebih "kena" terhadap orang2 seperti saya, yaitu Neuro Linguistic Program (NLP).

Pertanyaan saya adalah, bagaimana bila anda mempraktekkan hypnotherapy kepada orang seperti saya? Ataukah anda akan menggunakan NLP? Bisa tolong jelaskan apakah NLP itu dari segi pandang bapak sendiri? Dan bagaimana mempraktekkannya untuk diri sendiri dalam menghilangkan masalah?

Terima kasih untuk jawabannya. (kaskus.us)


Jb. sebenarnya tujuan hipnoterapi klinis atau hipnoterapi yang tidak ada hubungannya dengan ilmu gaib adalah untuk menghilangkan kecemasan dan mengubah tingkah laku kita seperti menghilangkan kebiasaan merokok, dsb.. hipnoterapi juga dapat digunakan untuk mengali alam bawah sadar kita sehinga muncul di permukaan atau alam sadar kita sehingga kita dapat mengetahui apa saja mekanisme pertahanan diri yang selama ini kita pendam sehingga membuat kita menjadi tidak nyaman dan selalu cemas akan kehidupan kita..

saya sendiri adalah seorang psikolog dan bukan praktiksi psikologi atau motivator psikologi maka yang saya gunakan teori hipnoterapi adalah teori klasis dari ilmu ilmu dan teori teori dari ahli psikologi di zaman dahulu atau bapak psikologi dunia seperti sigmud frued, carl jung, dsb..

untuk terapi NlP mungkin merupakan psikologi modern yang diterapkan untuk zaman sekarang... untuk kasus bapak sendiri.. hendaknya melakukan konsultasi psikologi untuk mengetahui terapi apa yang cocok dengan diri anda,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar