OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 26 Desember 2011

Teman yang suka Berbohong

Fudinpang yang terhormat...

ane mau tanya ne....

temen ane ne sering banget berbohong....

N dy slu mentingin urusan dy sendiri drpda kelompok.....

bagaimana cara N langkah yg tepat untuk mengahadapi type orang sperti ini??

terima kasih atas jawabannya..... (indowebster.web.id)

Jb. Sebaiknya anda bersikap terbuka dan lebih mementingkan komunikasi dibandingkan dengan berdiam diri. Ajaklah dia berdiskusi atau bermusyarawah untuk mencapai kesepakatan bersama. Jika dia tidak dapat bekerjasama dengan kelompok, maka ambillah keputusan yang cukup tegas demi kepentingan kelompok.

Cara Menghilangkan Kemalasan

Cara menghilangkan rasa malas gimana kakak? (indowebster.web.id)

Jb. Dengan meningkatkan psikomotorik dan motivasi hidup anda. Berusaha menerima tanggung jawab dan berusaha untuk mengejar mimpi dengan konsistensi dan kepercayaan diri yang besar. Jangan menuruti kondisi badan anda tapi turutilah pikiran realitis anda.

Keadaan Ekonomi Mahasiswa

Pak fudinpang,saya adalah seorang mahasiswa semester 1.Saya punya masalah dengan kondisi keuangan. Meskipun masih cukup untuk berkuliah namun seringkali saya merasa kesulitan bergaul dengan teman - teman di kampus. Terlebih lagi dalam satu kelas saya, hanya ada 12 laki - laki, mereka bisa dibilang cukup berada dalam hal ekonomi. Masalahnya jurusan perkuliahan saya tidak seperti jurusan lain. Di universitas saya, jurusan saya ini tidak mengalami rotasi kelas..jadi selama 4 tahun ke depan saya akan selalu bersama sama dengan mereka. sementara itu hingga satu semester ini saya merasa tidak ada teman laki - laki sepantar dan sering kali saya merasa kesepian dan sendirian.Bagaimana saya harus meresponnya?dan apa yang harus saya lakukan?terima kasih (indowebster.web.id)

Jb. Sebaiknya anda bersikap bijaksana dalam menjalani kehidupan ini. Terimalah rezeki anda untuk saat ini dan teruslah berusaha sebaik mungkin. Jangan membanding-bandingan anda dengan orang lain karena akan membuat anda tidak bahagia.

Yang perlu anda lakukan adalah bersyukur dan berpikir realitis atas kehidupan anda untuk saat ini dan jangan mengambil tindakan bodoh.

Lagu Kenangan Bersama Mantan Pacar

Q mau curhat, entah knapa yah klo bawaannya muter musik2 trtentu ataupun dengar aja lagu itu diputar, slalu mengingatkanq dgn suasana2 aq bersama dgn orang yg aq cintai dan sayangi.
Apakah sebuah lagu itu membuat kita cengeng???
Soalnya aq trus mengingat kenangan sedihq dan indah bersama seseorang,
Please, q gk mau slalu terbayang2 ma dia (krucil.com)

Jb. Sebuah lagu bisa membawa pesan kepada pendengarnya dan tentunya momen tersebut dapat membuat sebuah kenangan demi kenangan. Jika anda tidak ingin mengingat kenangan tersebut maka jangan mendengar lagu kenangan diantara kalian berdua.

Senin, 19 Desember 2011

Tes MMPI

Pak, klo mo tes MMPI sebaiknya kemana ya? Ada saran?

Jb. Ke psikolog.

Hubungan Vegetarian dengan Kepribadian

Apakah makanan bisa mempengaruhi kejiwaan seseorang? mis vegetarian, apakah bisa meredam beberapa sifat2 yang ada pada binatang, mohon petunjuknya (forum.detik.com)

Jb. Bisa, namun pengaruhnya sangat sedikit sekali.. Perilaku seserang biasanya dipengaruhi oleh pola pikir, lingkungan dan proses belajar. Vegetarian mampu mengontrol emosinya jika ia juga mempunyai kepribadian yang dapat mengendalikan diri, namun orang yang agresif dan sulit mengontrol emosi, maka vegetarian tidak mempunyai efek yang sangat besar untuk mempengaruhi efek psikologis.

Pengertian Cinta

Cinta adalah suatu emosi yang terbilang sudah mensifati seseorang dari sejak lahir. dengan adanya cinta seseorang bisa menjadi tertekan, buta dan tidak dapat menerima kenyataan yang ada. Cinta sering diibaratkan dengan perhentian sesat dimana biasanya orang2 tersesat karena perhatiannya terhalang dengan perasaan dan melibatkan emosi dan akhirnya terpengaruhlah kejiwaan seseorang. sesuatu yang menjadi ganjalan ane, bisakah cinta itu 100% rasa sayang tidak dengan nafsu belaka? tolong diberikan penjelasan nya (kaskus.us)

Jb. Cinta adalah sebuah nafsu keinginan. Cinta yang tidak dipenuhi oleh nafsu keinginan adalah cinta kasih, yaitu cinta universal tanpa memiliki rasa keterikatan atau rasa ingin memiliki.

Kecemasan terhadap masa depan

salam.

saya juga mau konsul nih saya sering berimajinasi tentang masa depan saya,,baik itu karir maupun kisah cinta,,dan terkadang saya terus melakukannya. bagaimana menghindarinya karena setelah itu saya akan merasa sakit hati karena apa yg saya imajinasikan tidak terwujud dalam kenyataaan,,

apakah itu berdampak buruk buat saya jika saya terus seperti itu?

terima kasih (bluefame.com)

Jb. Cobalah anda mengatur mindset anda agar tidak terlalu memikirkan masa depan anda. Fokuslah dan konsentrasilah pada pikiran untuk saat ini atau apa yang anda perbuat untuk saat ini dan tidak terlalu memperhatikan hasil di kemudian hari. Yakinlah bahwa jika pada masa sekarang anda berbuat yang baik dan kemungkinan besar hasilnya juga baik pada masa yang akan datang.

Akibat jika kita terlalu banyak berfikir terutama berfikiran negatif pada masa depan kita, maka kita akan mengalami gangguan kecemasan, kekawatiran dan ketakutan.

Pendekatan Cinta yang terputus

Pak.,, klw lagi PDKt Sma cew..
knpa ya tiba2 doi ngilang begtu aja,,

si doi dh lama tw klw ane suka,,
tp knpa mesti harus menghilang begtu aja d tengah jalan..
kyk g ada perasaan aja :( ... kn bikin galau (kaskus.us)

Jb. Begitulah manusia, kadang kadang mereka memiliki kecerdasan yang berbeda-beda atau pola pikir yang tidak sama di antara yang satu dengan lainnya.

Kemungkinan besar si dia tidak ingin menyakiti anda lebih dalam lagi karena ia tidak mencintai anda atau dia sudah memiliki pasangan cinta yang lain dan takut anda menerornya sehingga dia menghilang begitu saja atau ada banyak faktor lainnya, dsb.

Gangguan Suasana Hati

saya sulit menjadi diri saya. karena karakter saya bisa saja berubah - ubah. tergantung suasana hati. kanpa bisa begitu? (lautanindonesia.com)

Jb. Kemungkinan besar anda mengalami gangguan emosional yang artinya anda mengalami gangguan perasaan atau suasana hati. Cobalah anda berkonsultasi kepada psikolog dan cari tahu apa penyebab atau faktor pencetus dan solusinya. Hipnoterapi merupakan terapi yang cukup efektif.

Kemarahan Brutal

Kalo gak pernah marah,tp sekalinya marah jadi brutal gimana om? (krucil.com)

Jb. Itu adalah bagian dari kepribadian dari seseorang yang mengalami gangguan emosional, yaitu gangguan perasaan terhadap kemarahan. bisa disebabkan oleh seseorang yang selalu menyimpan perasaan atau kurang meluapkan perasaannya, terutama perasaan marah atau orang psikopat juga suka adalah orang yang bermuka dua.

Senin, 12 Desember 2011

Banyak Pikiran

Dok..sy adalah tipe org yg pemikir. apapun yg sy alami, akn terus teringat dipikiran sy, apalagi klw sy telah mengalami sebuah kejadian yg buruk bg sy, sy akan terus menyesalinya, kenapa tadi sy gak gini, knp td sy gak begitu, akn trs sy sesali. ataupun kalu ada teman sy yg curhat sm sy, kebetulan tmn2 sy percaya sm sy, shingga klw mrk ada masalah jd cerita sm sy, katanya sy bs jaga rahasia dn bisa beri nasihat. sy jg ikut2an mikirin masalh mreka, pokonya kepala sy tuh terus berpiki2, sehingga sering sekali kepala sy pusing. sy punya cr sendiri buat hilangi itu, dg sering tarik napas panjang, menguranginya, tapi akhir2 ini cr itu mulai gak ampuh buat ngilangi skt kepala sy, dn sy jg gaktau knp gabisa berhenti buat berpiki2 dan berpikir, bahkan klw mau tdur jg trs berpikir. sy stress jadinya, huh.. tolong sarannya dok, terima kasih...(forum.tabloidnova.com)

Jb. Bagus sekali anda bisa mengendalikan banyak pikiran anda dengan mengambil nafas panjang. Cobalah anda belajar untuk konsentrasi pada pernafasan anda. Ketika anda mempunyai pikiran yang kacau atau negatif, secepat mungkin anda buang pikiran itu tanpa alasan apapun dan fokuskan kepada pernafasan anda sampai anda merasa tenang kembali. Lakukan terus menerus sampai anda merasa tenang setiap saat.

Cobalah anda mencari seorang psikolog untuk membantu anda.

Kepribadian Ganda

Serasa punya kepribadian ganda
kadang malaikat
kadang setan
dan keadaan ini tidak bisa dikendalikan

anehkan saya? (lautanindonesia.com)

Jb. Ini semua adalah pola pemikiran anda sendiri. Anda menciptakan sosok-sosok tersebut dalam mindset anda dan menganggap itu ada. Cobalah berpikir realitas. bahwa anda adalah manusia sebenarnya. Jauhkan dari pemikiran negatif yang membuat anda menjadi binggung dan tidak nyaman menjalani kehidupan ini. Jangan pernah diganggu oleh pikiran anda sendiri, namun taklukkan pikiran anda itu dengan logika kehidupan

Masalah dendam dengan keluarga

Pak, gw lg ngalemin masalah ma kluarga, ada dendam gitchuuu, gmana dunk? Masalahnya ini trkait pandangan yg brbeda (lautanindonesia.com)

Jb. Masalah akan selesai jika kedua pihak dapat saling mengerti dan perhatian. Cobalah anda berusaha terlebih dahulu untuk mengalah dan memperbanyak kasih sayang kepada keluarga anda, maka kemungkinan besar keluarga anda juga akan berubah sehingga semua permasalahan dapat diatasi dengan baik dan komunikasi dapat berjalan dengan lancar.

Pikiran Ilusi

Pak Fudinpang.....

mohon bantuannya untuk pertanyaan saya di bawah ini:

"Mengapa setiap kali saya melihat Teletubbies/Barney atau drama boneka anak2, yang saya bayangkan adalah saya bisa masuk ke dalam tv dan membelah2 mereka dengan gergaji mesin?"

terima kasih (krucil.com)

Jb. Anda telah melakukan ilusi terhadap pikiran anda. sebaiknya anda segera menghentikan pola pikir tersebut agar anda dapat berpikir normal dan tidak melanjutkan kebiasan berfikir yang kurang wajar.

Senin, 05 Desember 2011

Cara Menolak Cinta Seseorang

Pak, mau konsul lagi ya, boleh kan?

ada seorang lelaki yang mengungkapkan perasaannya kepada saya. kami tidak dekat, mengobrol pun hampir tidak pernah. (lelaki ini cukup pendiam)
dia bilang.. dia menyukai saya sejak SD.
(sekarang kami adalah mahasiswa tingkat akhir. kami terpisah di bangku SMP dan dipertemukan kembali pada saat SMA. namun saat ini kami kembali terpisah karena berbeda kampus.)
tapi karena saya tidak memiliki perasaan istimewa terhadapnya, saya menolak perasaannya dengan cara baik-baik.

dia mengatakan bahwa dia sangat menyukai saya di waktu SD. saya yang tampak feminin, pendiam dan pemalu...
tapi sekarang saya bukanlah gadis seperti di SD. saya telah berubah, menjadi gadis yang aktif, cuek, lebih percaya diri dan sangat ceria.
saya sendiri merasa nyaman dengan perubahan saya. dan saya menganggap inilah saya yang sebenarnya.
Alhamdulillah saat ini saya memiliki banyak teman dan sahabat. berbeda dengan ketika di SD. saya tidak memiliki banyak teman...

yang menjadi masalah, lelaki ini sudah berkali-kali mengungkapkan perasaanya dan berkali-kali pula saya tolak.
tapi dia tidak menyerah..
dia merasa saya yang sebenarnya adalah sosok yang feminin, pemalu, dan pendiam di masa lalu.
dia selalu berharap dapat bertemu dengan diri saya di masa lalu.
bahkan dia mengaku pernah menangis karena dia merasa kehilangan sosok saya di masa SD.
dia juga diam-diam memaksa salah satu sahabat saya untuk memberikan alamat rumah saya kepadanya, dan dia melarang sahabat saya itu untuk cerita kepada saya (sayangnya, sahabat saya tidak bisa berbuat begitu karena merasa sedikit curiga dan was-was terhadapa tingkahnya)
sahabat saya bilang, dia ingin datang langsung ke rumah saya untuk memberikan sebuah boneka...
(saat ini saya sudah tidak menyukai barang2 yang feminin seperti itu)
saya pernah bilang kepadanya, kalau ingin bertemu saya, temui saya di kampus. tapi dia tidak mau karena katanya terlalu ramai, dan dia merasa malu... (saya rasa dia bukan pemalu, tapi pengecut, apa saya salah?)
dia juga cerita bahwa teman sekerjanya ada yang mirip saya di masa lalu, dan dia selalu tertawa sendiri jika melihat gadis itu karena teringat pada saya waktu SD.

saya sedikit takut kepadanya... apakah perasaan suka-nya kepada saya itu hal wajar?
karena saya merasa dia sama sekali tidak melihat saya yang sekarang, saya yang sebenarnya...
saya merasa dia terus melihat ke belakang, melihat sosok saya di masa lalu...

saya bingung bagaimana cara agar dia tidak keras kepala mempertahankan perasaanya kepada saya..
saya bukanlah sosok yang dia idamkan. saya sudah berubah. tapi dia tetap keras kepala...
mohon bantuannya, saya bingung sekali bagaimana caranya menghadapi lelaki ini....

terimakasih sebelumnya, maaf ya jadi curhat panjang lebar... (indowebster.web.id)

Jb. Kunci paling utama adalah komunikasi. Cobalah anda berterus terang kepadanya bahwa anda tidak dapat menerima cintanya dengan alasan apapun, karena anda tidak mempunyai perasaan kepadanya dan harap dia dapat memahami dan menerima semua keputusan anda. Jika ia masih tetap tidak mau menerima keputusan anda, maka anda perlu mengambil langkah tegas, yaitu membiarkannya atau tidak mengubrisnya, karena jika anda masih tetap berteman dengannya, maka kemungkinan besar anda dapat memberikan harapan kepadanya dan ia merasa bahwa anda juga memberikan perhatian kepadanya. ;'

Senin, 28 November 2011

Cara Menghilangkan Rasa Gugup

Pak, gimana carany untuk menghilangkan rasa gugup yah? (forum.detik.com)

Jb. Dengan bersikap tenang, konsentrasi, tidak berpikiran negatif, keberanian dan yakin.

Hubungan Persaudaraan yang kurang Baik

Curhat Pak :

kadang dilema saat hubungan persaudaraan jadi putus padahal kita sebenarnya tidak boleh seperti itu.
Gmana solusinya, sementara masing2 trdapat ego,
skian, tks. ??? (lautanindonesia.com)

Jb. Sebaiknya bersikap sabar dan saling menghargai. Setiap permasalahan jika diselesaikan dengan tanpa ego, perasaan yang berlebihan, kekerasan maupun emosional yang tinggi. maka permasalahan tersebut akan mendapatkan titik pencerahan. Mengalahlah demi kekeluargaan dan kebersamaan adalah berkah yang cukup baik. Jangan selalu ingat terhadap dendam. Tersenyumlah dan lupakanlah masa lalu serta berjabat tangan membangun keluarga yang harmonis. Saling membantu dan mengasihi.

Senin, 21 November 2011

Kurang Memiliki Motivasi

Tanya:
1.saya orang yang tidak berani melakukan sesuatu kalau tidak ada dorongan dari orang lain dan orang yang tidak punya target dalam hidup...bagaimana cara memotivasi diri sendiri?

2.saya kesulitan membagi waktu antara belajar-bekerja dan bersenang-senang...sering dikejar deadline akhirnya begadang ampe subuh...bagaimana cara mengatasinya? soalnya saya suka nonton dorama jepang, sekali nonton, saya bisa lupa tugas yang lain.
sekian.
mohon pencerahan dari shinsei (lautanindonesia.com)

Jb.

1. Motivasi bisa di dapat dari diri sendiri maupun dari orang lain. Cobalah cari tahu dimana bakat dan minat anda, kemudian kembangkanlah dan kemungkinan besar anda akan menemukan kebahagiaan di dalamnya dan motivasi anda akan muncul dengan sendirinya. Terlebih dahulu anda mencari tahu apakah penyebab motivasi anda begitu kecil, kemudian carilah solusinya sendiri, karena hanya diri anda yang mengetahui hidup anda sendiri.

2. Anda harus mempunyai management waktu. Anda bisa membuat jadwal kegiataan anda setiap hari jika anda sering lupa dan tidak dapat mempertanggung jawab atas diri anda sendiri. Sebaiknya kerjakan tugas yang penting terlebih dahulu baru anda bermain-main. Intinya bersakit sakit terlebih dahulu baru bersenang senang kemudian. Ingatlah masa depan anda lebih penting daripada kesenangan sesaat anda pada saat ini.

Sulit Mengambil Keputusan

Pak mau minta saran

saya punya masalah sama yang namanya menentukan pilihan sama mengatur waktu, bulan depan saya mau bekerja tapi saya masih bingung menentukan tempat untuk sikap lanjut masa depan saya nanti, coz ada masalah yang harus saya seimbangkan. terus menurut bapak gimanah, waktu saya ga banyak.... 3 bulan dari sekarang jadi ajang taruhan buat ngambil sikap kedepannya, klo gagal saya akan ambil keputusan sederhana --> saya hidup normal seperti biasa seperti banyak orang

oiya saya punya masalah sama seluruh integrasi pikiran mereka semua untuk kebaikan kondisi psikis saya sendiri, jadi saya lebih cenderung anti sosial dan terhambat dalam perkembangan komunikasi ...

mohon sarannya (bluefame.com)

Jb. Kesempatan tidak selalu datang kedua kali. Tanyalah kepada hati nurani anda untuk menentukan jalan pilihan hidup anda. Cobalah bertanya saran terhadap teman teman anda dan ambillah kesimpulan tersebut, namun anda juga harus yang mengambil keputusan agar anda tidak menyesal di kemduian hari. Segala keputusan memiliki resiko. Terimalah dan carilah kebaikan terhaadap diri anda untuk menuju masa depan anda yang cerah tentunya.

Dalam hal berkomunikasi dan interaksi sosial anda dapat membaca buku psikologi untuk menunjang kepribadian anda.

Tidak cocok dalam pertemanan

Mau curhat...

Saya lagi kesel banget dan hampir bisa dibilang benci sama orang2 yg selama ini biasanya menyebut dirinya sebagai teman2 saya. Untuk kali ini saya jadi ragu untuk menyebut mereka teman. Jadi gini intinya saya baru sadar kalau selama ini mereka cuma butuh saya saat mereka perlu dan mereka itu tidak benar2 peduli pada saya dan tidak ragu untuk meninggalkan saya sendirian. Dan saya juga baru sadar kalo selama ini saya udah sering ngalah dan saya yang paling tersabar diantara mereka. Saya bisa bilang begitu karena selama ini kalo mereka buat saya kesal selalu saya simpan dalam hati dan perlahan maafin mereka karena kalo saya ungkapkan mereka pasti ga bisa terima dan nanti akan ribut jadinya. Semakin lama berteman dgn mereka bukannya tambah saling paham antar masing2 tapi saya malah merasa tidak cocok dgn mereka. Apa saya harus bertahan berteman dgn mereka atau perlahan melepaskan diri dari mereka dan mencari orang2 lain yg benar2 bisa disebut sbg teman? (lautanindonesia.com)

Jb. Cobalah anda cari tahu apa kelemahan dalam diri anda sehingga membuat teman anda bersikap negatif terhadap anda. Jika anda telah mengetahuinya, maka cobalah untuk memperbaikinya. Jika memang teman anda masih tetap tidak menyukai anda atau mendukung anda, maka tinggalkan mereka karena kemungkinan besar mereka bukanlah teman yang cocok atau sama prinsip dengan anda. Carilah teman yang sama prinsip dan kebaikan dengan anda.

Bos itu Kejam

Mau curhat, ternyata bos itu mang kejam ya (lautanindonesia.com)

Jb. Bekerjalah sebaik mungkin mengikuti arahan dan peraturan. Jangan memaksakan keadaan. Jika bos anda kejam, maka anda bersikaplah ramah.. Itulah kebajikan sejati.

Cara Melupakan Mantan Pacar

Boleh konsul kan pak

gini, saya selalu keingetan sama mantan saya, sudah 2 hari saya mimpiin dia terus. sampe hal kecil yang saya lakuin selalu bikin saya inget sama dia, ada cara ampuh buat ngelupain dia? (indowebster.web.id)

Jb. Sebenarnya salah satu cara untuk melupakan masa lalu kita adalah dengan tidak mengigatnya kembali.. Anda harus dapat fokus kepada masa sekarang anda, kegiatan-kegiatan dan pekerjaan anda sekarang. Jangan membiarkan pikiran anda mengarah ke masa lalu secara berlebihan dan cara yang ampuh adalah bersikap kuat dan berpikir ke hal yang lain.

Senin, 07 November 2011

Sulit Melupakan Cinta

Aq ingin curhat disini kalo aq sangat menyayanginya deh, yah meski aq gk bisa memiliki dia tapi aq mau dia.

So, aq gampang bgt merasakan jatuh cinta, tp gk tahu kenapa aq gt,

so, yg aq lakukan adalah brusaha lupain dia dgn cara hapus numznya, fotonya, smsnya, cuekan gt dan alhasil 5 bulan dah gk ada kontak tp aq msh kangen dia (indonesiaindonesia.com)

Jb. Apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang anda akan membuat diri kita kecewa. Jika anda merenungi hal tersebut maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan pencerahan. Diri anda yang mengetahui solusi untuk diri anda sendiri, karena ini adalah kehidupan anda, maka carilah keputusan untuk diri anda sendiri.

Jika anda memutuskan untuk berhubungan dengannya walaupun anda tahu anda tidak akan dapat bersatu dengannya, maka terimalah resiko tersebut dan jika anda memilih untuk melupakannya, maka anda akan menderita dan teringat dia selalu, itu juga adalah konseksuensinya yang anda harus terima. Terimalah semua kenyataan hidup dan perjalanan hidup anda itu bersama segala konsekuensinya.

Yang penting adalah sekarang anda harus dapat memperbaiki diri anda sendiri, yaitu membahagiakan diri anda sendiri dengan cara apapun juga, tentunya yang positif, sehingga kualitas hidup anda akan menjadi lebih baik dan pikiran serta hati anda menjadi lebih tenang dan stabil. Jika kita tidak dapat memaksakan keadaan, maka kitalah yang berubah. Kehidupan bahagia kita lebih penting lebih penting daripada beban-beban yang ada atau pikiran yang mengacau. Taklukkan itu dengan pelepasan dan kebebasan kognitif dan afektif.

Males Berteman karena Introvert

saya orang yang amat introvert dan susah buat berteman sama orang lain, kadang ada rasa takut dan malas buat berhubungan sama orang lain

solusinya gimana ya ? (indowebster.web.id)

Jb. Pertama sekali anda harus menanamkan niat dari diri sendiri untuk mau berinteraksi sosial dengan orang lain, kemudian anda belajarlah untuk membuka diri terhadap orang lain, seperti mau menerima pembicaraan dari orang lain atau membuka pembicaraan kepada orang lain. Anda juga belajar untuk tertarik terhadap lingkungan anda sekitar sehingga anda mempunyai bahan pembicaraan terhadap orang lain. Ubahlah mindset anda agar anda tidak terlalu takut disalahkan oleh orang lain atau takut menyakiti orang lain, jauhilah pandangan negatif dan kecurigaan yang berlebihan terhadap orang lain. Bersikaplah luwes dan apa adanya. sehingga anda bebas untuk menjadi diri anda sendiri dan tidak dikekang oleh pribadi anda yang merasa ketakutan tersebut.

Jika anda mempunyai trauma dalam hal pertemanan, cobalah anda memperbaikinya dan bacalah buku-buku motivasi atau pertemanan yang bisa anda dapatkan di toko buku. Anda bisa mendapatkan hipnoterapi untuk menambah keberaniaan anda dan menjauhkan diri anda dari pandangan negatif. Jika alasan anda tidak suka berteman karena malas berteman, maka itu tidak ada solusi.

Jumat, 04 November 2011

Akupuntur dan Psikoterapi Untuk Penderita yang Mengalami Kecemasan dan Depresi

Jika Anda sedang berjuang dengan masalah-masalah emosional kronis seperti kecemasan, depresi, atau stres berat, maka kemungkinan bahwa Anda mencari pilihan pengobatan alami yang tidak pajak tubuh dan sistem saraf dengan segala macam efek samping yang tidak diinginkan. Dua pilihan pengobatan terbaik untuk kecemasan dan depresi adalah akupunktur dan psikoterapi. Kombinasi dari pendekatan ini seringkali menimbulkan efek penyembuhan sinergis untuk klien.

Terapi bicara sangat membantu karena membantu klien melihat masalah mereka dengan lebih jelas, kesadaran, dan kasih sayang. Seorang terapis terampil dapat mengekspos keyakinan yang membatasi yang menyebabkan perjuangan emosional klien. Ini sering mengatakan bahwa pembatasan terapi adalah membantu Anda melihat lebih jelas masalah Anda, tetapi tidak benar-benar memberikan alat yang tepat untuk benar-benar mengubah mereka.

Ini adalah tempat akupunktur dapat sangat membantu. Akupunktur bertujuan untuk mengembalikan ketidakseimbangan energi dalam tubuh dan pikiran dengan mengatur aliran energi Qi fungsional atau melalui jalur energi utama tubuh. Pendekatan ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk semua jenis masalah medis internal, dan sekarang melonjak pada popularitas untuk kemampuan luar biasa untuk mengobati pikiran. Banyak orang beralih ke akupuntur ketika semuanya gagal. Mereka tidak ingin mengambil obat-obatan dan mereka merasa bahwa mereka telah mencapai dataran tinggi dalam proses terapi mereka. Karena akupunktur bekerja pada substrat yang sama sekali berbeda dari tubuh daripada modalitas lain, sering dapat membantu mana teknik lain gagal.

Untuk klien berjuang dengan masalah emosional kronis, yang terbaik adalah untuk menggabungkan akupunktur dengan terapi. Dengan cara ini, klien menerima mendalam dukungan pada semua tingkat dan dari semua perspektif. Pikiran ditujukan langsung oleh sesi terapi, sedangkan komponen somatik yang mendasari adalah ditangani oleh sesi akupunktur. Banyak klien juga akan menemukan bahwa mengubah diet mereka, mengambil ramuan Cina, dan menggunakan berbagai suplemen gizi juga membantu kondisi mereka sangat. Karena kecemasan dan depresi cenderung muncul dari banyak faktor, yang terbaik untuk mengobati kondisi ini memanfaatkan berbagai pendekatan yang mengambil keseluruhan pribadi ke rekening.

Pastikan untuk berkomitmen serangkaian mingguan terapi dan sesi akupunktur untuk setidaknya satu bulan sebelum memutuskan apakah itu bekerja atau tidak. Banyak orang tidak mendapatkan manfaat penuh dari pengobatan karena mereka menyerah sebelum waktunya. Karena ini adalah teknik yang lebih alami, proses penyembuhan mungkin akan dilakukan secara bertahap. Kabar baiknya adalah bahwa penyebab akar masalah yang sebenarnya sedang ditangani, sedangkan obat-obatan cenderung untuk menempatkan perban pada gejala tanpa menargetkan penyebab yang mendasari. Akupunktur dan terapi bekerja sama dalam cara yang mendalam dan kuat untuk membawa orang kembali ke keadaan keseimbangan. Cobalah mereka untuk diri sendiri dan melihat bagaimana perasaan Anda setelah satu bulan atau lebih perawatan. Anda mungkin akan menemukan bahwa kamu memiliki hidup Anda kembali!

Accurate Health Center merupakan pusat pengobatan akupunktur dan konsultasi psikologi di kota Medan dapat membantu anda melakukan konseling psikologi dan pengobatan akupunktur untuk menyembuhkan penyakit. Pengobatan Accurate Health Center tergolong lengkap dari segi pengobatan tradisional, seperti terapi akupunktur, terapi pijat pengobatan, terapi bekam, fisioterapi, refleksi terapi dan ramuan-ramuan obat tradisional yang cukup efektif. Alamiah dan tanpa efek samping.

Psikoterapi untuk gangguan depresi dan kecemasan juga dapat diberikan kepada para pasien untuk melengkapi proses pengobatan, seperti hipnoterapi.

Hubungi Accurate Health Center Medan.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Senin, 31 Oktober 2011

Pemahaman yang tidak sama

Pak, Bagaimana kita menjalani kalau sesuatu yang kita ingin kan kadang tak sepaham sama kita ..........ketika luka menjalari otak tubuh terasa kaku tuk melangkah kedepan ,,,,,diam bagai patung langkah bagai terbata tapi diriku tak tau pa tu semua menjadi sepaham (forumkami.net)

Jb. Sesuatu yang kita harapkan tidak sesuai dengan keadaan yang seharusnya maka akan membuat kita menjadi kecewa. Oleh sebab itu ketika kita telah mengetahui kondisi seperti itu,maka kita harus dapat lapang dada dan menerima segala kenyataan atau keadaan yang telah terjadi.

Berusahalah untuk memahami orang lain dan jika kita tidak dapat sepaham dengan orang lain,maka carilah orang yang mempunyai prinsip hidup yang sama dengan kita. Janganlah memaksakan keadaan. Jika keadaan tidak dapat berubah,maka kitalah yang berubah.

Cara Mengatasi Trauma Masa Kecil

Pak, kalau ada org yg trauma masa kecil gmn cr ngatasinya? (indowebster.web.id)

Jb. Trauma bisa disembuhkan melalui hipnoterapi dan psikoterapi untuk mengangkat semua tekanan atau pertahanan diri pada masa lalu dan kemudian disadari dan diterima kesalahan pada masa lalu dan diperbaikinya. Cobalah carilah seorang ahli psikolog untuk membantu anda mencari solusinya.

Kamis, 27 Oktober 2011

Stres Mengerjakan Skripsi

Pak, lagi stress kerjain skripsiii , kira2 ad solusi nya ga yah (indowebster.web.id)

Jb. Cari tahu apa penyebab anda menjadi stres ketika mengerjakan skripsi anda, kemudian temukan solusinya. Kunci utama mengerjakan skripsi adalah semangat, motivasi untuk lulus, jangan lupa berdoa dan rajin.

Masalah Bully di Dunia Maya

Pak.. dulu kan aku pernah noh di bully di forum ini, dan juga banyak yang lain..
dan sejak itu entah kenapa sering dibully sama yang lain juga,,

well.. serba salah gitu ya,, kalo aku marah justru malah diketawain, dikatain lah kaya anak kecil..
padahal mereka sengaja memancing amarah..

makanya sering tuh ku diemin aja,, tapi malah di dalam hati gondok banget..

bingung sendiri.. emang aku tau sih,, harusnya ga diannggap terlalu serius,,
tapi karena dulu pernah sakit hati duluan.. jadinya gampang tersulut lagi emosinya walau hanya dgn sedikit kata kata ga enak gitu,,

agak depresi juga sih.. soalnya baru sekali ini ngerasain gimana di bully gitu,,
mana mereka tertawa ngeliat aku menderita.. well,, mungkin juga aku nulis ginian bakal di olok2..

tolong sangat bantuannya pencerahan gitu..
what should i do untuk menghadapi orang2 seperti ini (indowebster.web.id)

Jb. Jika anda ingin bahagia, maka anda harus dapat berpikiran positif dan buang semua pikiran negatif, perasaan bersalah, perasaan tersakiti atau perasaan menyakiti.

Anggap saja semua apa yang pernah anda lakukan adalah pengalaman hidup anda sehingga anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama dan belajarlah supaya lebih baik sehingga anda tidak juga di salahkan oleh orang lain. Pengalaman adalah guru yang baik dalam tahap pembelajaran.

Susah Dapat Pacar

gimana ya supaya dapet pacar?, jodoh deh gitu ngga usah pacar2an.....

Pas saya ngaca saya ngga jelek-jelek banget,, terus ngga studip kok, buktinya IP saya di atas 3,
terus postur tubuh juga baik-baik aja...........

tapi kok susah dapet pacar yaa (indowebster.web.id)

Jb. Kemungkinan besar bahwa ada beberapa kekurangan dalam diri anda yang berhubungan dengan kemampuan untuk berinteraksi sosial dengan orang lain. Cobalah anda bertanya kepada keluarga terdekat atau teman baik anda mengenai beberapa kelemahan anda dalam berhubungan dengan orang lain dan kemudian cobalah untuk memperbaikinya.

Biaya Kuliah Psikologi

Biaya klu jdi seorang psikolog mahal gak?
Biasa.a menghabiskan berapa?
Dan bisa smpe berapa tahn (indonesiaindonesia.com)

Jb. Silahkan anda bertanya kepada universitas yang memiliki fakultas psikologi, biasanya kuliah S1 selama kurang lebih 4 tahun.

Kuliah Hancur karena Banyak Pikiran

Salam hngat pak fudin pang.

saya mahasiswa semester 6 (seharusnya) yang manddek sekarang karena, tidak tahu kenapa pusing banget ni fikiran pak, mungkin karena saya itu tipenya orang yang sangat terlalu difikirkan kalo terjadi apa2..maksudnya ,, selalu difikirin n mnjdi beban,, walaupun masalah kecill...

sekarang ini saya sudah terlanjur kuliah nya ancur,, tapi say jika teringat orang tua saya sangat sedih,, soalnya merasa seperti anak yang tidak bverguna..

mau minta saran nya buat bagaimna saya untuk me-refresh lagi fikiran saya dan untuk mndongkrak semangat saya lagi??

terimakasih sebelumnya (indonesiaindonesia.com)

Jb. Sepertinya anda kehilangan konsentrasi untuk mengapai cita-cita atau masa depan yang anda inginkan dan seharusnya dapat anda capai sesuai dengan keinginan anda.

Anda harus berusaha sekuat tenaga untuk membangkitkan motivasi hidup anda, terutama dalam hal belajar. Cobalah untuk mengatur mindset anda supaya lebih berkonsentrasi, seperti tidak berpikiran negatif atau terlalu banyak berpikir hal yang kurang berguna, gunakan waktu anda sepenuhnya untuk memikirkan kuliah anda, buanglah semua pikiran yang menganggu fokus atau konsentrasi kuliah anda. Tenangkan diri anda sebanyak mungkin dan perbaiki semua kesalahan anda di kuliah anda. Jangan mengambil pusing atau hal-hal kecil dari lingkungan luar yang dapat menganggu konsentrasi anda, karena jika terlalu dipikirkan dan terlalu keras berpikiran hal negatif juga tidak akan mendapatkan solusi.

Lakukanlah hal yang terbaik buat untuk saat ini sehingga masa depan dapat dicapai dengan baik.

Senin, 17 Oktober 2011

Terapi Agrofobia

Pak, saya agorafobia dan sosial fobia...gmn terapinya? saya sudah coba ke psikiater, tp krg cocok sm psikiaternya,krn krg nyaman aja. sudah masuk hipnoterapi wkt itu, tp sprtinya sy krg mempan d hipnoterapi. Di surabaya ada cabang tidak pak? (forum.vivanews.com)

Jb. Coba anda berkonsultasi dengan seorang psikolog yang cocok dengan anda. Hipnoterapi sebenarnya dapat mengurangi kecenderungan phobia, namun harus lebih rutin. Carilah seorang hipnoterpi yang cocok juga dengan anda. Tidak ada cabang di kota Surabaya.

Penghinaan Seorang Teman

Pak, apa yg harus ane lakukan klo sahabat baik ane sendiri menghina ane (kaskus.us)

Jb. Cobalah untuk menasehatinya dengan logika yang baik dan jika ia tidak mau mendengarkan, maka cobalah jangan memasukkan kata-kata dia ke dalam hati anda, karena kata-kata dia tidaklah menentukan kehidupan anda. Ejekan teman anda mungkin dapat memotivasi hidup anda agar lebih baik. Carilah kawan yang bisa menerima anda apa adanya dan memberikan motivasi yang baik dan jalur yang benar.

Males Kuliah di Semester Terakhir

saya mahasiswa smt 7 dan sedang malas - malasnya kuliah
apalagi kalau emosi dan fikiran sedang tidak stabil biasanya malah nambah parah malas kuliahnya

entah mengapa aku tidak fokus kuliah lagi

mohon bimbingannya (indowebster.web.id)

Jb. Justru pada saat anda sudah mencapai langkah yang terakhir untuk menamatkan kuliah anda, motivasi anda harus sangat kuat sekali, jika tidak maka anda akan sangat ketinggalan sekali dan mungkin anda akan menyesal di kemudian hari.

Anda harus mengingat kembali motivasi awal anda ketika anda kuliah dan beberapa perjuangan yang telah anda lewatkan di bangku kuliah ini, sekarang tinggal selangkah lagi, maka anda harus semangat dan tanamkan keyakinan yang kuat terhadap diri sendiri atas keberhasilan anda, sehingga anda akan puas dan lebih fokus dalam mengapai cita cita anda.

Kemalasan adalah hambatan utama anda. Taklukkan dengan kerja keras.

Cara bersosialisasi dengan Lawan Jenis

Mau tanya gimana sih cara besosialisasi secara enak..
secara selama ini saya bisa di bilang susah untuk bersosialisasi apalagi dengan lawan jenis..
Rasa untuk bisa berbicara dengan lawan jenis itu susah banget.. kecuali dia yang ngajak ngomong duluan itu baru ane agak ngak cangung...
caranya gimana ya.. sbener nya pengen punya temen lebih aja (Indowebster.web.id)

Jb. Itu berarti anda harus merubah sikap anda, yaitu menjadi seorang pribadi yang lebih terbuka, tidak pendiam, mau memulai pembicaraan dengan orang lain. Walaupun anda sulit, namun dengan tekat dan belajar terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan buat anda.

Anda tidak perlu canggung dan malu jika berbicara dengan orang lain, yang anda harus perhatikan adalah bagaimana cara anda bersikap, seperti cara menghargai orang, cara membuat orang nyaman, pembicaraan dengan topik dan waktu yang tepat.

Cobalah saja untuk membuka diri anda, anda bisa belajar dari kesalahan dan buku-buku interaksi sosial lainnya.

Ingin Kuliah Jurusan Psikologi

Pak ku mau minta solusi anda ne..
Gini aq kan mau lulus SMA aq kepengen kuliah d jurusan psikologi,
cma kk aq tdg se7, kata kk q gni (maap ya sebelum.a)
1, psikologi i2 biaya.a mahal apa lagi ekonomi keluarga kmi pas-pasan, dan kuliah psikologi kan hrus smpe S2
2, psikologi lum tentu dpat pekerjaan,
i2 yg kk q ktakan,

jujur aq ingin skli masuk jurusan i2 aq ingin menjdi org yg berguna tuk org lain, dan aq ingin membantu org yg mempunyai mslah...
Pliiis bantu q tuk cri solusi.a
coz q bingung banget !! (indonesiaindonesia.com)

Jb. Saran saya adalah cobalah anda mencari biaya kuliah sendiri, seperti kuliah sambil bekerja atau bekerja selama beberapa tahun duluan baru kuliah. S1 Psikologi juga dapat bekerja di perusahaan, pns, dsb kok. Kalau S2 memang bisa membuka praktek sendiri atau bekerjasama dengan kawan kawan untuk mengurus beberapa perusahaan dalam bidang psikologi atau kerja di rumah sakit. Banyak lapangan kerja untuk seorang sarjana psikologi kok.

Jumat, 14 Oktober 2011

Psikoterapi Gangguan Kecemasan ( Anxiety Disorder)

Kecemasan, kekhawatiran, kepanikan, ketakutan, kegelisahan merupakan gejala psikologis yang umum dan dapat dirasakan oleh setiap individu. Reaksi kecemasan biasanya sering terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga dapat menghadapi rasa cemas, seperti ditinggalkan sementara oleh orang tua, hari pertama masuk sekolah atau pada saat ingin menghadapi ujian. Pada kasus orang tua, reaksi kecemasan sering terjadi ketika mereka menghadapi tekanan (stres) dengan adanya kesulitan yang dapat dihadapi maupun kesulitan yang tidak dapat dihadapinya, seperti tekanan pekerjaan, tekanan pada saat sekolah/kuliah, tekanan pada masalah percintaan maupun tekanan pada masalah kesehatan.

Reaksi kecemasan yang terlalu berlebihan dan menetap terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama dapat berubah menjadi sebuah gangguan, yaitu ganguan kecemasan (anxiety disorder). Sifat gangguan kecemasan dapat menghasilkan respon terhadap fisik maupun psikologis.

Gangguan kecemasan adalah sebuah penyakit mental yang serius yang ditandai dengan perasaan cemas yang besar dan berlebihan, seperti perasaan ketakutan berlebihan, jantung berdebar lebih keras, nafas tersengal, berkeringat, tarikan nafas pendek, mudah merasa pusing dan perasaan tidak tenang.

Orang yang mengalami gangguan kecemasan mengalami reaksi ini sering sekali dan lebih berat, menyebabkan mereka tertekan dan menyebabkan mereka tidak dapat melakukan pekerjaan mereka sehari-hari. Mereka menjadi sangat waspada, karena sangat takut terhadap bahaya, akibatnya mereka sulit untuk rileks dan juga sulit merasa tenang dalam banyak situasi.

Beberapa jenis gangguan kecemasan adalah :

1. Fobia
Kriterianya seperti penolakan berdasarkan ketakutan terhadap benda-benda atau situasi yang dihadapi yang sebetulnya tidak berbahaya dan penderita mengakui bahwa ketakutan itu tidak ada dasarnya, seperti sumber binatang, ketinggian, tempat tertutup, darah.

2. Agrofobia
Sekelompok ketakutan yang berpusat pada tempat-tempat publik, takut berbelanja, takut kerumunan, takut berpergiaan dan banyak yang minta pertolongan.

3. Fobia Sosial
Kecemasan sosial tidak rasional karena adanya orang lain. contoh : takut bicara di hadapan publik, takut makan di tempat umum, takut menggunakan wc umum, jarang minta bantuan, terjadi pada masa remaja, karena masa itu kesadaran dan interaksi sosial dengan orang lain menjadi penting dalam kehidupannya.

4. Gangguan Panik
Tanda-tanda sekonyong-konyong sesak nafas, detak jantung keras, sakit di dada, merasa tercekik, pusing, berpeluh, bergetar, ketakutan yang sangat akan teror, ketakutan akan ada hukuman, perasaan ada di luar badan, merasa dunia tidak nyata, ketakutan kehilangan kontrol , ketakutan menjadi gila dan takut akan mati.

5. Gangguan Kecemasan Menyelur (GAD)
Gangguan ini melibatkan rasa khawatir yang berlebihan, sering kali tidak realistis, meski tidak ada hal-hal yang memprovokasi ketakutan tersebut. Tanda-tandanya adalah kecemasan kronis terus menerus mencakup situasi hidup, adanya keluhan somatis, seperti berpeluh, jantung berdetak keras, mulut kering, tangan dan kaki dingin, ketegangan otot dan sulit untuk berkonsentrasi.

6. Gangguan Obsesif kompulsif (OCD)
Orang-orang yang mengalami OCD ini biasanya memiliki gangguan pikiran yang konstan dan ketakutan-ketakutan tertentu akan sesuatu secara berlebihan sehingga mendorongnya untuk melakukan ritual atau rutinitas tertentu. Misalnya, orang yang takut pada kuman secara berlebihan sering kali berpikiran bahwa ada banyak kuman di sekelilingnya, sehingga setiap kali ia menyentuh sesuatu, ia harus segera mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan.

7. Gangguan Kecemasan Pasca Trauma (PTSD)
Orang dengan gangguan PTSD ini biasanya pernah mengalami trauma atau peristiwa yang sangat mengerikan seperti pelecehan seksual atau fisik, kematian tak terduga orang yang dicintai, atau bencana alam. Orang dengan PTSD sering memiliki pikiran dan kenangan yang abadi dan cenderung menakutkan terhadap kejadian tersebut. Biasanya, mereka cenderung mati rasa secara emosional.

Beberapa penyebab dari gangguan kecemasan adalah :
1. Traumalitas
2. Stres yang berkepanjangan/depresi
3. Konflik-konflik
4. Ketidakseimbangan kimia dalam tubuh
5. Perubahan struktur otak
6. Stres/trauma/phobia lingkungan.
7. Dsb.

Cara penyembuhannya adalah cukup beragam. Gangguan kecemasan ini dapat diatasi dengan penggunaan psikoterapi, terapi perilaku, terapi relaksasi, hipnoterapi, dsb. Biasanya para ahli membantu pasiennya untuk berbicara dan menemukan cara-cara untuk menangani gangguan kecemasan ini.

Accurate Health Center merupakan pusat pengobatan dan konsultasi psikologi akan mengadakan terapi psikologi yang berupa psikoterapi untuk menangani gangguan kecemasan ini. Terapi perilaku dan pikiran (Cognitif Behavior Therapy) juga merupakan sasaran terapi untuk proses penyembuhan gangguan kecemasan. Ahli psikologi dari "Accurate" Health Center akan menyusun terapi mengenai kognitif dan perilaku sesuai dengan kebutuhan pasien.

Di samping itu, terapi relaksasi juga dibutuhkan oleh pasien untuk menangkan kondisi jiwa, pikiran dan ketengangan otot agar pikiran lebih berkonsentrasi dan kecemasan dapat berkurang. Accurate Health Center juga akan memberikan terapi relaksasi, bahkan hipnoterapi jika dibutuhkan.

Pengobatan alternatif yang sangat berguna untuk pengobatan gangguan kecemasan adalah dengan menggunakan terapi akupunktur dan pijat pengobatan yang berfokus kepada daerah kepala dan dada. Tujuannya adalah untuk membuang adanya angin/darah yang kurang lancar di bagian kepala yang dapat mempengaruhi pikiran pada penderita gangguan kecemasan dan daerah dada untuk menenangkan dada yang sesak dan jantung yang berdebar. "Accurate" Health Center akan menggunakan seluruh terapi tersebut untuk mengobati pasien gangguan kecemasan dengan seminggu dua kali rutin berobat dan gangguan kecemasan dari pasien tersebut akan berangsur-angsur membaik dan hilang.

Hubungi "Accurate" Health Center untuk mendapatkan terapi gangguan kecemasan.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Terapi Depresi

Depresi adalah penyakit suasana hati. Penyakit depresi lebih dari sekadar kesedihan atau duka cita. Depresi adalah kesedihan atau duka cita yang lebih hebat dan bertahan terlalu lama.

Ada berbagai penyebab depresi:

1. Peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Depresi yang disebabkan gangguan psikologi, seperti tekanan dari dalam diri sendiri menyangkut diri kita, misalnya tekanan saat menghadapi situasi yang tidak kita inginkan. Depresi karena gangguan sosial, seperti ditinggal istri atau suami, ditinggal pacar atau dijauhi teman.

2. Perubahan kimia dalam otak. Depresi disebabkan masalah biologis seperti gangguan hormonal dan perubahan sistem neurokimia di otak.

3. Efek samping obat

Kurang lebih 5-10% masyarakat umum mengalami depresi. Perempuan dua kali lebih mungkin mengalami depresi dibandingkan laki-laki. Hasil penelitian WHO di 14 negara menunjukkan wanita 2 kali lebih mudah terserang depresi. Untuk mencegahnya, tentu kita perlu mengetahui penyebab utama depresi

Menjadi depresi bukan tanda berjiwa lemah. Depresi tidak berarti kita gila. Kita tidak akan sekadar mengatasi depresi, menanganinya membutuhkan bantuan. Jangan menganggap kita pantas menjadi depresi karena kita menghadapi masalah dan jangan menganggap kita harus depresi karena kita mendapatkan tekanan hidup.

Gejala depresi berbeda-beda tergantung pada yang bersangkutan. Kebanyakan dokter mencurigai depresi bila pasien melaporkan bahwa dia merasa sedih atau kehilangan gairah untuk kegiatan sehari-hari. Kemungkinan kita depresi bila perasaan ini tetap berlanjut selama dua minggu atau lebih, dan kita juga mempunyai beberapa di antara gejala berikut:

1. Kelelahan atau merasa lamban dan lesu
2. Kesulitan konsentrasi
3. Gairah seks berkurang
4. Masalah tidur: bangun lebih pagi, atau tidur berlebihan
5. Merasa bersalah, tidak berharga, atau putus asa
6. Nafsu makan berkurang atau kehilangan berat badan
7. Makan berlebihan

Depresi dapat ditangani dengan perubahan pola hidup, terapi tradisional, dan/atau dengan pengobatan. Dokter dapat membantu memilih terapi atau kombinasi terapi yang paling cocok untuk kita. Jangan coba mengobati diri sendiri dengan alkohol atau narkoba karena zat ini dapat meningkatkan gejala depresi dan menimbulkan masalah lain.

Perubahan pola hidup dapat memperbaiki depresi pada sebagian orang. Perubahan ini termasuk:

1. Olahraga teratur
2. Berjemur pada sinar matahari
3. Penanganan stres
4. Konseling
5. Tidur teratur
6. Relaksasi
7. Meditasi
8. Terapi tradisional

Depresi adalah masalah yang mempengaruhi seluruh tubuh, dengan mengganggu kesehatan fisik, pikiran, rasa dan perilaku. Semakin cepat kita periksa, semakin cepat kita dapat merencanakan strategi yang sesuai untuk menghadapi masalah ini, yang sebetulnya adalah gangguan yang sangat nyata terhadap kesehatan.

Beberapa orang memperoleh hasil yang baik dari pijat, akupunktur dan olahraga. Bila ada kekurangan vitamin B6 atau B12, suplemen vitamin ini dapat membantu.

Accurate Heatlh Center Medan merupakan penggabungan antara pengobatan psikis dan fisik. Pengobatan psikis dapat berupa konsultasi psikologi atau konseling, hipnoterapi maupun psikoterapi bagi penderita depresi. Sedangkan pengobatan fisik lebih cenderung kepada pengobatan tradisional dengan menggunakan terapi akupunktur, terapi pijat maupun ramuan tradisional Cina.

Accurate Heatlh Center akan membantu anda dengan menemukan beberapa solusi dan terapi yang tepat bagi penderita depresi secara aman dan tanpa efek samping.

Hubungi Accurate Health Center Medan untuk mendapatkan penangananya.

"Accurate"
Health Center
Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Hipnoterapi sebagai Terapi Kejiwaan

Manusia punya satu pikiran yang prosesnya terdiri dari dua bagian. Pikiran Sadar adalah proses mental yang bisa Anda kendalikan dengan sengaja. Pikiran Bawah Sadar adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga Anda tidak menyadarinya dan sulit untuk dikendalikan secara sengaja.

Pikiran sadar mempunyai 4 fungsi utama, yaitu: mengenali informasi yang masuk dari panca indra, membandingkan dengan memori kita, menganalisa, dan kemudian memutuskan respon spesifik terhadap informasi tersebut. Sedangkan pikiran bawah sadar berfungsi memproses kebiasaan, perasaan, memori permanen, kepribadian, intuisi, kreativitas, dan keyakinan.

Pengaruh pikiran bawah sadar terhadap diri kita adalah 9 kali lebih kuat dibandingkan pikiran sadar. Itulah mengapa banyak orang yang sulit berubah meskipun secara sadar mereka sangat ingin berubah. Apabila terjadi pertentangan keinginan antara pikiran sadar dan bawah sadar, maka pikiran bawah sadar selalu menjadi pemenangnya.

Misalnya, sebagian besar perokok tahu bahwa merokok itu merugikan. Bahkan tidak sedikit yang ingin berhenti merokok. Namun mereka seolah tidak bisa lepas dari rokok, meskipun segala usaha telah dilakukan. Hal ini terjadi karena pikiran bawah sadarnya selalu menginginkan rokok. Tidak peduli sekuat apapun pikiran sadar berusaha menolak rokok, selama pikiran bawah sadarnya masih suka rokok, maka berhenti merokok adalah hal yang mustahil. Oleh sebab itu Hipnoterapi yang merupakan terapi klinis yang dapat membantu seseorang keluar dari permasalahannya atau mengubah tingkah lakunya.Hipnoterapi adalah suatu teknik terapi pikiran menggunakan hipnotis. Sedangkan hipnotis bisa diartikan sebagai ilmu untuk memberi sugesti atau perintah kepada pikiran bawah sadar. Orang yang ahli dalam menggunakan hipnotis untuk terapi disebut "hypnotherapist".

Hipnoterapi sangat berbeda dengan stage hypnosis (hipnotis untuk pertunjukan atau permainan seperti yang Anda lihat di Televisi). Dalam stage hypnosis subyek dihipnotis untuk diberi perintah lucu yang sifatnya sementara, misalnya subyek diperintahkan tidak bisa bangun dari tempat duduk, lupa nama sendiri, halusinasi, melihat sesuatu yang sesungguhnya tidak ada dan semacamnya. Dalam hipnoterapi, tujuan klien adalah menyelesaikan masalah atau meningkatkan kemampuan diri, yang mana hasil dari hipnoterapi diharapkan bisa bertahan untuk selamanya. Anda akan dibimbing supaya Anda bisa menyadari kekuatan diri Anda sendiri sehingga masalah yang Anda alami bisa Anda atasi sendiri dengan menggunakan kebijaksanaan dan kekuatan Pikiran Bawah Sadar Anda.

Kondisi hipnotis itu tidak sama dengan tidur atau pingsan. Sebenarnya, kondisi hipnotis adalah kondisi relaksasi pikiran yang biasanya disertai relaksasi tubuh seperti ketika Anda merilekskan tubuh Anda menuju tidur di malam hari. Ketika Anda dihipnotis, Anda akan merasakan seluruh tubuh rileks, pikiran fokus, perasaan damai, dan Anda tetap bisa mendengar suara di sekitar Anda.

Hipnoterapi tidaklah dapat menguasai pikiran anda. Pikiran bawah sadar tetap melindungi Anda dari sugesti yang merugikan dan melanggar keyakinan yang Anda anut. Misalnya, kami memerintahkan Anda untuk memotong jari Anda sendiri atau meludahi kitab suci agama Anda, maka Anda pasti menolak, bahkan Anda langsung terbangun dari hipnotis.

Hipnotis adalah ilmu pengetahuan ilmiah walaupun terlihat misterius bagi orang yang belum mengenalnya. Seorang ahli hipnotis tidak memakai kekuatan supranatural, gaib, mistik, atau bantuan makhluk halus. Hipnotis menggunakan sugesti atau pengaruh kata-kata yang disampaikan dengan teknik-teknik tertentu. Banyak orang menganggap bahwa orang yang bisa dihipnotis adalah orang yang bodoh atau lemah pikirannya. Ini adalah anggapan yang salah.

Hipnotis tidak bisa terjadi karena paksaan. Seseorang hanya bisa terhipnotis apabila dia mau mengikuti perintah sang ahli hipnotis. Hipnotis adalah teknik persuasi atau seni berkomunikasi untuk membujuk seseorang melakukan apa yang kita perintahkan. Jika Anda memperhatikan pertujunjukan hipnotis di Televisi, seseorang yang akan dihipnotis adalah orang yang bersedia dihipnotis dan bersedia tampil dalam acara Televisi. Mereka (orang yang dihipnotis) tahu kalau akan dihipnotis dan tahu dirinya sedang disorot kamera. Dari awal mereka sudah bersedia mengikuti perintah sang ahli hipnotis. Mereka pun sudah tahu bahwa mungkin mereka akan "dipermainkan" apabila mereka mau dihipnotis. Namun karena mereka ingin masuk Televisi atau karena ingin mencoba rasanya dihipnotis atau karena motivasi lainnya (misalnya imbalan uang), maka mereka bersedia "dipermainkan".

Hipnoterapi mempunyai banyak sekali manfaat. Kami tidak bisa membatasi apa saja yang bisa atau tidak bisa dibantu dengan hipnoterapi. Karena hipnoterapi adalah ilmu untuk mengeksplorasi kekuatan pikiran, maka segala masalah yang berkaitan dengan pikiran dan perasaan bisa dibantu dengan hipnoterapi. Kunci perubahan ada di Pikiran Bawah Sadar. Anda bisa menjadi apapun yang Anda inginkan, asalkan Anda bisa merubah program yang ada di Pikiran Bawah Sadar Anda.

Di bawah ini adalah beberapa masalah yang biasa ditangani dengan hipnoterapi:

  • Minder , kurang percaya diri.
  • Menurunkan berat badan tanpa diet dan tanpa olah raga.
  • Fobia atau rasa takut yang tidak wajar.
  • Melahirkan normal tanpa rasa sakit, mengatasi rasa takut melahirkan.
  • Menghilangkan gagap dan grogi ketika bicara.
  • Stress , terlalu banyak beban pikiran.
  • Depresi , tidak bahagia padahal punya segalanya.
  • Bangkit dari kesedihan.
  • Pengendalian diri , mengendalikan rasa marah yang mudah meluap.
  • Patah Hati , Menyembuhkan sakit hati.
  • Menghilangkan rasa marah , dendam, sebel, kecewa terhadap seseorang.
  • Trauma , selalu terbayang pengalaman buruk.
  • Merasa cemas atau ketakutan tanpa alasan.
  • Melupakan masa lalu / pengalaman buruk.
  • Menghilangkan pikiran negatif.
  • Berhenti merokok selamanya.
  • Kecanduan belanja , perjudian, seks, alkohol, coklat, dsb.
  • Menghilangkan berbagai kebiasaan buruk.
  • Tidak mampu menahan kencing atau mengompol di waktu tidur.
  • Menghilangkan latah (bicara ngawur ketika kaget).
  • Panic Attack, Tiba-tiba merasa ketakutan, cemas dan panik tanpa sebab.
  • Suka menggigit kuku atau mencabuti bulu dan rambut sendiri.
  • Berlebihan dalam kebersihan atau bersuci dari najis.
  • Bolak-balik memeriksa kunci pintu rumah , mobil atau sesuatu yang perlu dikunci.
  • Takut terkena penyakit, selalu terbayang penyakit atau kematian.
  • Schizophrenia, apapun gejalanya. Selama penderita masih bisa diajak komunikasi dengan lancar, semua gangguan mental bisa disembuhkan total.
  • Pikiran tiba-tiba kosong, tidak tahu apa yang harus dilakukan.
  • Mudah tersinggung atau sangat sensitif terhadap kata-kata atau sikap orang lain.
  • Perasaan yang datar, tidak mampu merasa senang ataupun sedih. Tidak bisa mengekspresikan perasaan dengan menangis ataupun tertawa.
  • Paranoid. Suatu ketakutan atau kecurigaan bahwa orang lain berencana untuk mencelakakan dirinya. Merasa dirinya selalu dalam bahaya.
  • Sering pingsan, berteriak-teriak tanpa sadar, dan pergi tanpa arah.
  • Amnesia, tidak tahu jati dirinya, tidak mengenal anggota keluarga.
  • Sering melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yang tidak nyata.
  • Kecemasan, tegang, grogi, atau tidak bisa konsentrasi saat ujian.
  • Meningkatkan konsentras i, daya ingat, dan kreativitas.
  • Meningkatkan kemampuan menghafal.
  • Mampu fokus dalam belajar atau pekerjaan.
  • Bisa khusyuk (merasakan kedamaian) dalam ibadah.
  • Motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar atau kerja.
  • Menghancurkan mental block , meningkatkan penghasilan.
  • Menghilangkan kebiasaan menunda-nunda.
  • Meningkatkan kemampuan public speaking.
  • Bisa mengendalikan diri dan mengontrol emosi.
  • Membangun kepribadian seperti yang Anda inginkan.
  • Menemukan barang hilang karena lupa atau terjatuh.
  • Membongkar memori yang terlupakan.
  • Mengobati Psikosomatis, yaitu penyakit fisik yang disebabkan oleh perasaan.
  • Sakit maag karena banyak pikiran, stress, kecemasan atau ketakutan.
  • Insomnia , sulit tidur, mimpi buruk, imajinasi menyeramkan.
  • Menghilangkan sakit kepala dan migren yang sering kambuh.
  • Kesulitan melupakan mantan kekasih.
  • Takut jatuh cinta lagi karena takut disakiti.
  • Kurang percaya diri dalam mendekati lawan jenis.
  • Membangkitkan gairah cinta antar pasangan.
  • Mengatasi rasa bosan dalam pernikahan (terapi suami-istri).
  • Menyembuhkan alergi dan asma untuk selamanya.
  • Menambah nafsu makan tanpa obat , menambah berat badan.
  • Mengatasi impotensi dan ejakulasi dini non-organis.
  • Mengatasi frigiditas dan kesulitan orgasme.
  • Lesbianism, perempuan menyukai perempuan.
  • Dan masih banyak lagi.... Semua penyakit "aneh" yang berhubungan dengan pikiran bisa disembuhkan dengan hipnoterapi.
Hipnotis sama sekali tidak ada efek samping yang merugikan apabila Anda dihipnotis atau mengikuti hipnoterapi. Mungkin Anda takut tidak bisa bangun dari hipnotis atau takut akan kehilangan ingatan Anda setelah bangun dari kondisi hipnotis. Namun faktanya, tidak pernah ada orang yang tidak bisa bangun dari hipnotis atau menjadi lupa ingatan karena hipnotis.

Accurate Health Center Medan merupakan pusat pengobatan klinis terutama bergerak dalam bidang konsultasi psikologi, psikoterapi maupun hipnoterapi. Accurate Health Center akan membantu anda memperbaiki kualitas hidup anda dengan menyediakan konsultasi psikologi yang bertujuan untuk membantu anda untuk menemukan berbagai solusi atas permasalahan anda

Hubungi Accurate Health Center Medan untuk mendapatkan penangananya.

"Accurate"
Health Center
Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Senin, 10 Oktober 2011

Oedipus Complex

saya lelaki berusia 21 thn saya suka wanita yg lebih tua dari saya, dan saya ga punya desire untuk wanita2 yg umurnya seumuran , 2 thn diatas saya apalagi yg di bawah saya, saya suka wanita yg umurnya jauh diatas saya, kayak 20 thn lebih tua, mantan saya terahir beda 14 thn, hampir rata2 mantan saya itu lebih tua, kalo saya pacaran sama yg seumuran saya ga pernah suka, secantik apapun dia, pokoknya saya suka yg lebih tua diatas 10 thn dari saya, saya jg bngung knapa saya suka sama yg lebih tua,

saya cari di google alesan2 knp pria lebih suka sama wanita yg lebih tua :

1.iya saya akuin saya akuin wanita semakin tua semakin sexy , semakin sexy kalo udh keliatan wrinkle nya, kalau dadanya mengendur ( apa ini kelainan)

2. lebih berpengalaman & mandiri? pengalaman ga ditentuin sama umur kok, bahkan mereka yg lebih manja ke saya

3. Financial? wah haram hukumnya makan uang yg bukan hak kita, saya jg berasal dari keluarga yg berada kok, mereka secara finansial memang berada jg, secara saya blm kerja, tp orangtua saya jg ngasih saya bukan cukup tp berlebih menurut saya, saya selalu menolak pemberian yg "aneh2" , well singkat kata masalah keuangan bukan masalah deh, dan saya selalu menerapkan saya harus keluar duit jg, walaupun mereka tetap memaksa, pokoknya saya bersikeras harus bayar jg, karena saya punya harga diri, jangan sampe persepsi orang berbeda kalo taunya saya dibayarin mereka

terahir, sebagian dari mereka berstatus janda, atau ada yg dalam tahap perceraian dengan suaminya, yg pasti saya ga pernah janji apa2 ke mereka, walaupun saya sayang bgt sm dia, karena saya tau ortu saya ga bakalan setuju deh, apalagi sama yg udh divorced gtu.

perkenalan kami biasanya saya lagi makan di resto, lalu tiba2 ada waiter yg bilang ada yg mau kenalan , lalu saya bilang kalau mau kenalan suruh ke meja saya aja, atau saya lg di club trus ada yg ajak kenalan, singkat cerita saya ga pernah ngajak kenalan duluan, karena takut mereka sudah berkeluarga, apalagi kalo suaminya ada disitu jg

im addicted with married women, PLS help me out, gmaana ya cara saya untuk bisa keluar dari lingkaran ini

PS. saat ini saya sdh mencoba melupakan mereka, tp tetep aja masih kebayang2 di hati saya. skrng saya sedang menjalin hubungan dengan wanita yg seumuran, tp tetep saya ga berasa sayang, physically shes more than OK, i give her 8/10, tp tetep saya ga suka.. (kaskus.us)

Jb. Mengenai orientasi seksual memang merupakan pengaruh dari fase perkembangan pada usia dini seseorang, jika seseorang tidak dapat melewati fase perkembangan tersebut atau terjadi gangguan atau trauma pada masa perkembangan pada masa kecil maka dapat menyebabkan sesuatu hal yang berbeda pada orientasi seksual seseorang.

Ada beberapa orang mempunyai orientasi seksual kepada sesama jenis, kepada anak-anak, terhadap orang tua sendiri, dsb, namun hal tersebut dapat di perbaharui dengan melakukan psikoterapi maupun hipnoterapi.

Hipnoterapi psikologi sebenarnya bertujuan untuk mengubah tingkah laku seseorang yang diinginkan. Psikoterapi juga dapat diberikan untuk mengetahui bagaimana kondisi alam bawah sadar seseorang yang ditekan pada masa lalu, sehingga kita dapat mengetahui penyebab dari permasalahan sekarang, jadi kita bisa mengambil atau mencari langkah atau solusinya.

Cobalah mencari seorang psikolog yang dapat memberikan hipnoterapi atau psikoterapi kepada anda. Anda juga sendiri dapat mengubah mindset anda dengan selalu berkonsentrasi terhadap sesuatu yang real atau yang anda inginkan dari perubahan perilaku daripada anda selalu mengikuti kata hati/ perasaan anda yang menurut anda itu adalah bertentangan dengan diri anda sendiri.

Selasa, 04 Oktober 2011

Bimbang terhadap Jati Diri

Pak fudinpang..

hmmm....saya mo curhat....

sometimes i just hate myself and i want to die...

ada yang salahkah dengan diriku?

Terimakasih atas respondnya (forum.detik.com)

Jb. Anda mengalami kebimbangkan dalam identitas diri. Cobalah anda berkonsultasi terhadap psikolog atau carilah jati diri anda sesungguhnya yang membuat anda menjadi nyaman dalam menjadi kehidupan ini.

Trauma Pacaran Jarak Jauh

Pak, saya mo konsultasi masalah psikologis ane nie...

yang pertama,ane ada trauma pacaran dengan cara LDR (Long Distance Relationship) + backstreet...sampe kapan pun ane gak mau pacaran model kayak gt lagi...nah,sekarang udah punya cewe yang menurut ane udah cocok lah satu sama laen...keluarga dy udah tau ane...cuman pada suatu ketika dy harus keluar pulau untuk kegiatan survei kuliah'nya...dari awal ane dah gak setuju dy pergi coz nie demi skripsinya ane rela biarkan dy pergi kesana walau berat rasanya...sampe disana dy ketemu Tour Guide yang katanya cakep n jomblo...yang kemana-mana dianter tu Guide...nah, pas malming dy gak bilang kalo mo keluar ma Guide...dengan alasan gak sempet kasih bilang n lagi rame jalannya...tapi dy dah minta maap namun ane lom maapin dy...yang jadi permasalahannya,napa setelah dy pergi,perasaan ane jadi gak tenang n slalu muncul negatif thingking yang terlalu berlebihan sampe bikin kondisi ane jadi drop drastis sampe gak mau makan...apakah itu normal untuk kondisi trauma...??

yang kedua,apakah normal cowo nangis didepan cewe'nya...? (bluefame.com)

Jb. Anda terlalu mencemaskan hal-hal yang berada di luar kontrol anda. Jagalah bentuk-bentuk pikiran dan perasaan anda yang belum tentu ada kebenarannya sehingga anda dapat berpikir secara positif. Jadilah tuan bagi pikiran anda dan jangan sampai perasaan dan pikiran anda menganggu konsentrasi anda. Kemungkinan trauma anda pada masa lalu mengenai pacaran jarak jauh membuat anda menjadi waspada terlalu berlebihan. Taklukan hal itu dengan bersikap penerimaan dan realitas.

Konsentrasikan terus terhadap hal-hal yang baik dan lakukan yang terbaik demi hubungan anda berdua agar harmonis. Bersikaplah realitas dan janganlah memaksakan kehendak. Berusahalah sebaik dan sebanyak mungkin dan jika usaha anda tidak berhasil, maka terimalah kegagalan anda dan lihatlah masa depan dengan lembaran yang baru.

Cara Menghilangkan Keraguan

Pak, saya mau nanya gmn caranya menghilangkan keraguan untuk memulai usaha baru (forumkami.net)

Jb. Menghilangkan keraguan dengan mengatur mindset anda agar berpikir lebih positif, menjauhkan kecurigaan, mengatur keberanian anda dengan bersikap fokus, tidak berpikir pesimis. Yang paling penting adalah anda harus tanamkan keyakinan pada diri anda bahwa anda pasti akan berhasil dan menetapkan target daripada anda menvonis diri anda akan gagal. Lakukan pekerjaan anda tanpa berpikir negatif. Ala bisa karena biasa.

Permasalahan pernikahan pada Adat Istiadat

Pak, ane punya masalah sedikit yg mengganjal dihati,yg bikin hati ane ga tenang.
ane punya cwe,kami dah pacaran sekitar 2,5 tahunan,dan kami berencana ingin menikah.
tapi permasalahannya ada pada adat istiadat desa yang katanya anak ke-1 dengan anak ke-3 gak boleh menikah,jika itu kami lakukan akan ada ortu kami ya meninggal salah satunya?
apa yang harus saya lakukan,tanpa harus meninggalkannya,dan tanpa ada yang menjadi korban? (krucil.com)

Jb. Sebaiknya anda berkonsultasi sebaik mungkin dengan keluarga anda dan dapatkan jalan keluarnya untuk mendapatkan kesepakatan agar suatu saat tidak ada yang saling menyalahkan. Lakukan diskusi kelompok dan dengarkanlah pendapat dari orang yang lebih tua dari anda.

Rabu, 28 September 2011

Mengubah Kepribadian

saya seseorang yang berumur 21 thn
sampai saat ini saya tak memiliki banyak teman
ada yang bilang saya terlalu banyak ngomong hal yang ngga penting,
sering saya berbicara suatu hal tapi ngga nyambung hasilnya.

bagaimana kah menjadi saya yang seharusnya supaya saya nantinya bisa memiliki banyak teman...
apakah saya harus jadi orang yang pendiam atau gimana???

tolong solusi dan bantuanya..

tambahan : pada awalnya bagi saya muda untuk mengajak kenalan atau sebagainya,
tapi pada waktu berjalan sulit bagi saya untuk berkomunikasi (indowebster.web.id)

Jb. Saya kira anda tidak perlu merubah kepribadian anda, karena setiap kepribadian mempunyai keunikan masing-masing dan sebuah sifat bawaan manusia juga sangat sulit untuk diubah lagi.

Anda cuman perlu berusaha untuk belajar lebih mematangkan kepribadian anda. Ketika anda mengetahui dimana kesalahan anda, maka cobalah ubahlah sikap tersebut. Anda boleh bertanya kepada teman anda atau keluarga anda dimana kepribadian anda yang kurang menyenangkan, sehingga anda bisa mengubah diri supaya lebih baik lagi.

Dalam sebuah hubungan sosial, kita memang perlu beradaptasi kepribadian kita dengan kepribadian kelompok atau teman kita. ada sebagaian kelompok yang kurang bisa menerima kepribadian kita, maka kita perlu menggunakan topeng sosial untuk beradaptasi terhadap kelompok tersebut, namun janganlah berlebihan karena itu akan menjadi bukan pribadi anda lagi. Sebaiknya anda bisa menyeimbangkan dan mengetahui mana situasi dan kondisi sehingga anda dapat berlaku sesuai dengan hal tersebut.

Tidak Nyaman berada di Lingkungan Ramai

Pak, saya sk gak ngerasa nyaman gitu klo berada di lingkungan yg banyak orangnya...........

jadi saya sk menyendiri........

n kadang2 orang jd anggep saya sombong.........

padahal gak gitu...........

ujung2nya temen saya dikit n sering lost contact dengan temen2 lama.............

ada saran gak biar saya bs lbh terbuka utk kehidupan sosial? (indowebster.web.id)

Jb. Untuk berinteraksi sosial kita butuh keterbukaaan diri, yaitu bisa menerima keberadaan orang lain dan mempunyai semangat untuk berbagi dengan orang lain. Kita harus menjauhkan diri dari pemikiran yang negatif, seperti citra diri yang rendah (ketidak percayaan diri), kecurigaan yang berlebihan terhadap orang lain, Ketakutan disakiti atau dikecewakan, dsb. Kemudian selanjutnya, kita membutuhkan untuk menggunakan topeng sosial dalam berinteraksi sosial, namun janganlah berlebihan, seperti kita harus mampu membedakan dimana keberadaan kita maupun orang lain, mengenal kepribadian anda dan teman anda, adaptasi diri seperlunya dan mengetahui mana yang penting dan tidak penting dalam sebuah hubungan sosial, dsb. Anda bisa membaca buku psikologi populer mengenai interaksi sosial atau bergabung di dalam suatu komunitas yang merupakan hobby anda.

Yang paling penting adalah anda perlu mempunyai semangat untuk mencoba berteman dan mempunyai niat yang baik dari dalam diri anda sendiri.

Pengertian Bahasa Tubuh Manusia ?

Psikolog fudin pang bisa berbagi tips dari arti "bahasa tubuh" gk ya? kan menarik jg tuh (ngobrolaja.com)

Jb. Bahasa tubuh dapat dilihat dari cara berpakaiannya, cara berbicara, cara berjalan, cara bersenyum dan semua bahasa tubuhnya dapat dilihat. Jika orang tersebut terlihat lebih kasar, cara berbicara juga cepat maupun cara berpakaian lebih simple maka dapat diperkirakan orang tersebut adalah pekerja keras, dsb. Begitu juga bahasa tubuh yang lain dapat mencerminkan keprbiadian orang tersebut, namun lebih tepatnya dengan menggunakan tes psikologi lebih jelas dan akurat..

Jumat, 23 September 2011

Kesulitan Mengambil Keputusan

Pak, mau curhat nih,,jd gni skrng gw lgi bingung,,kan gw ngambil mootor,nah gw minta bantuan tmn gw bwt minjem duit bwt bayar dp ny(duitnya itu dari ngegadain motor dia),nah sebagai syarat gw dah minjem duit gw tuh harus masuk ma c***B m*t** gt,,ok lah gw masuk krna gw ngerasa anak2nya asik tp ga tau nya bertolak belakang (krna gw juga dah ga mampu bayar krn ada tuntutan bwt nikah),nah skrng ini gw dah pngn keluar dr situ krna ga asik gw ngerasa ga bbas gw harus gni harus gt,nah yg jadi masal nya skrng gw d kasih pilihan,,
1,gw terusin bayar motor dan gabung breng c**B lg..
2.motor gw yg bayar tp mtor d pake ma tmn gw.
3.tuh motor gw over kredit,nah gw harus bayar cicilan pinjaman untuk ngelunasin mtr gw d gadain..

gmn yah cara yg baik bwt nuntasin masal ini,jujur gw dah ga mau berhubungan ma smuanya lg,,ga masalah gw harus byar berapapun,yg penting gw bebas,

tlng infonya? (bluefame.com)

Jb. Lebih baik anda yang mengambil keputusan sendiri dengan mencari saran dari keluarga atau teman anda sendiri agar anda tidak menyesal nantinya. Anda harus mampu mempunyai keberanian untuk mengambil keputusan dengan mempertimbangan segala akibat yang akan muncul dan anda harus berani tanggung jawab dan menerima akibat tersebut sehingga anda tidak menyalahkan siapapun karena itu adalah keputusan anda sendiri. Saran saya adalah ambillah keputusan yang baik bagi semua orang dan diri anda sendiri.

Gairah Istri Menurun Setelah Menikah

Pak, saya mau minta saran nya
Saya baru menikah 3 bulan, saya sudah berpacaran selama 9 tahun dengan istri saya yang sekarang, selama brpacaran, kami memang melakukan seks bebas yg aman dalam arti memakai pengaman, selama berpacaran gairah seks saya dan dia baik2 saja, kalau sedang kepengen, kami melakukan nya di hotel atau pun ngumpet2 di kamar. Tapi setelah menikah, saya lihat dia sangat tidak bergairah sama sekali, bahkan pada saat honeymoon ( waktu itu kami lgsg berangkat honeymoon 2 hari setelah hari H), bisa di bilang tidak lebih dari 3 kali kami melakukan hubungan suami istri, padahal kami pergi honeymoon selama 6 hari, dan itu berlanjut setelah pulang honey moon hingga sekarang, mungkin frekuensi nya hanya seminggu sekali atau 2 kali paling banyak......... Padahal setiap kali berhubungan, saya selalu memuaskan dia Saya bingung dan sedih sekali, saya sudah mengungkapkan nya kepada istri saya, tp dia pun juga bingung, kenapa tidak ada gairah nya sama sekali.......kalau saya sedang menginginkannya, seringkali saya agak memaksa tetapi tidak jarang dia menolak, Lalu kemana saya harus menyalurkan kebutuhan biologis saya? Di tambah lagi status saya sebagai pengantin baru, tentu saja sedang menggebu-gebu
Terima kasih sebelum nya (bluefame.com)

Jb. Sebaiknya anda membawa istri anda untuk berkonsultasi kepada seorang ahli kejiwaan atau psikolog atau ahli seksolog untuk mengetahui apa penyebab gairah istri anda menjadi menurun. Menurut hasil pengajian bapak dapat saya simpulkan bahwa kemungkinan besar terdapat masalah psikologis yang di alami oleh istri anda, namun kita tidak mengetahui apakah penyebab dari hal tersebut dan bisa juga adanya masalah fisik istri bapak, seperti masalah hormon atau organ reproduksi yang bermasalah. Segeralah mencari penyebabnya kepada ahlinya sehingga bisa mengambil solusi yang tepat.

Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri

Pak, kalo cara mengembalikan kepecayaan diri seseorang gimana ? (indoforum.org)

Jb. Dengan mengiklaskan diri atau menerima kenyataan bahwa kita pernah berbuat salah atau orang lain yang pernah berbuat salah terhadap kita dan kemudian ambillah atau petiklah pengalaman dari permasalah tersebut. Maafkanlah semua kesalahan yang pernah anda perbuat atau orang tua perbuat terhadap anda yang membuat kepercayaan diri anda menjadi berkurang atau menghilang, kemudian bangkitlah semangat anda kembali agar anda lebih sadar, waspada dan hati hati dan bertindak.

Lalu anda juga berusaha untuk mengurangi kecurigaan yang berlebihan terhadap orang lain dan konsentrasikanlah kepada pikiran positif anda agar perasaan-perasaan yang kurang berguna tidak dapat menggangu pemikiran anda.

Cara Mendidik Anak yang Nakal

Salam kenal

Deva kadang punya rasa sayang banget sama anak , tapi juga bisa sangat benci sama anak,anak deva cewek umurnya 5 tahun,dan si anak lebih dekat dengan papa ,oma sama opanya daripada sama deva . mugkin karena deva gak sabar ngadapin si anak,padahal deva sayang banget sama dia . deva bisa sabar ngadapin papa nya,tapi kenapa gak bisa sabar ngadapin anaknya

Tanya lagi ya

Deva kalo lagi ada masalah sering banget nyumpah trus sumpah itu bisa jadi kenyataan,tapi untuk sumpah yang buruk saja,
Kira - kira deva ini pribadi yang bagaimana (forum.detik.com)

Jb. Sebenarnya ketika anak anda masih kecil dan berada di bawah lindungan orang tua, apa yang dilakukan oleh anaknya adalah merupakan tanggung jawab orang tuanya, jadi kesalahan tidak dapat dilimpahkan kepada anaknya, namun kepada pendidikan atau pola asuh orang tuanya terhadap anaknya. Itu yang perlu diperhatikan.

Cobalah anda bertatap muka terhadap seorang ahli psikologi untuk berkonsultasi terhadap permasalahan anda bersama anak anda, untuk mengetahui solusi apa yang perlu diambil. Hal yang paling penting adalah pendidikan dan pola asuh serta kelakukan orang tua itulah yang ditiru oleh anak-anaknya. Oleh sebab itu orang tua perlu belajar untuk mengajari anak sebaik mungkin, bisa didapatkan dari guru, teman, buku, dsb.

Suka Koleksi Barang Berlebihan

Pak, ane mau tanya kaka ane nih
kelakuannya aneh banget
semacam musiman gtu
....untuk ngoleksi barang

misal pada saat ini
dia beli produk produk apple dari ipod ipad macbook semuanya dibeli,,,nggak lama kemudian dijualll semua,,,abis itu liat kamera beli lagi macam2 kamera lensa aplah itulah
tripodnyalah sampai2 bela2in nitip ke luar negeri,,nggak lama dijual lagi,,,,,,,sekarang beli semua produk futsal,,sepatu futsal merek2 ternama ampe 10 pasang sepatunya padahal yang dipake paling cuman satu,,,ga selang lama mau dijual lagi,,,
padahal sebelumnya udah ane peringatin ane sebagai adeknya,,,untuk jangan beli2 barang klo sekedar untuk dijual lagi

ane tanya apakah ini penyakit kelainan,,,,apa namanya ya....apa ada cara mengobatinya makasih
(kaskus.us)

Jb. Banyak penyebab atau hal pencetus kakak anda berbuat hal demikian, bisa saja merupakan hal kepribadian, yaitu suka bosan/ pembosan atau penyebab dari suka koleksi barang-barang yang sedang trend/ korban iklan atau sekedar ingin eksis atau memerkan barang-barang yang dipunyai agar mempunyai citra diri atau harga diri atau lebih dipandang teman lebih baik dibandingkan oleh orang lain. Cari taulah penyebab-penyebab tersebut terhadap kakak anda dengan menanyakannya.

Solusinya adalah memang harus berawal dari niat dari kakak anda sendiri untuk menyadari dan bersikap lebih hemat dan menurukan motivasi dia untuk membeli hal-hal yang berlebihan dan memberikan nasehat yang baik mengenai manfaat dari berhemat dan akibat-akibat dari perbuatannya.

Selalu Sedih Setiap Saat

Pak, ini tentang sesuatu yg bergejolak dihati saya
gini saya ini orangnya bisa dibilang melankolis eh apa sih melankolis ? mmm ato apalah namanya. itutuh yg mudah tersentuh ,mudah terharu ,mudah sedih dll.
dan yg mau saya sampaikan ,saya kalo pas lagi sendirian selalu dan selalu perasaan ini datang menggelayut di hati.
yaitu seperti perasaan sedih padahal nggak ada yg perlu disedihkan ,seperti perasaan ingin menangis padahal nggak ada yg perlu ditangisi ,seperti perasaan punya kesalahan dan ingin minta maaf padahal nggak tau punya salah dan punya salah sama siapa ,seperti perasaan rindu pada seseorang .padahal nggak

dan perasaan semakin besar menggelayut di dada ketika ndengerin musik yg sedih2.

dan bisa sampai air mata keluar dg deras

perasaan apakah ini (forum.detik.com)

Jb. Kemungkinan besar anda mengalami gangguan perasaan atau emosional, terutama gangguan emosional yang berhubungan dengan kesedihan atau melankolisme.

Segera anda tangani dengan mencari kesibukan atau kesenangan. Memang pada dasarnya semua itu berawal dari perasaan anda saja yang sedang galau atau tidak konsentrasi. Gunakanlah pemikiran anda sebaik mungkin, bisa dengan melatih meditasi atau melatih yoga atau latihan untuk menguatkan pikiran anda sehingga anda tidak selalu menuruti perasaan anda yang kacau atau berubah-ubah.

Sulit Mendapatkan Pacar

Pak, knpa ya gw dr duluuuu kgk pernah dpt cewe .
blum prnh rasain pcrn.. (lautanindonesia.com)

Jb. Bersikaplah tenang, sabar dan tetaplah berusaha. Jangan sia-siakan kesempatan yang datang. Dengan berusaha, maka kemungkinan besar kesempatan itu datang lebih besar dibandingkan kita hanya berdiam diri. Perbanyaklah memperbaiki citra diri, komunikasi dan daya tarik anda.

Rabu, 07 September 2011

Masalah Ekomoni pada Pernikahan

Pak, saya mau cerita saya punya niat buat nikah,,karena sudah tuntutan dr pihak perempuan dan juga niat dari sya..yg saya bingung,uang saya blm cukup untuk menikah dikarenakan pnya tanggungan mtor juga ade2 saya,,gmn yah solusinya?? (bluefame.com)

Jb. Coba saja anda berkomunikasi dengan keluarga anda dan keluarga pihak pasangan anda untuk mendapatkan keputusan yang baik sehingga anda tidak menanggung sendiri permasalahan anda. Karena pernikahan juga melibatkan kedua pihak maka sebaiknya anda harus lahir dan batin dalam menjalankan sebuah pernikahan.

Cara Hidup tidak stres

Gimana ya biar hidup ga stres?? ga gampang marah n curigaan sama org lain? (forumm.wgaul.com)

Jb. Dengan berpikiran positif, tidak terlalu banyak berpikir yang hal yang tidak terlalu berguna, pikiran jangan sesat, jagalah pikiran anda dari hal yang dapat menganggu pola pikir anda, lapang dada menerima keadaan anda dan tetap bersemangat.

Marah adalah sesuatu yang kurang baik, maka berusalah meminimalkannya dan berusaha untuk sabar. Curiga terhadap orang lain itu juga tidak baik walaupun apa yang kita curiga itu benar, maka sebaiknya jangan terlalu dibawa ke hati dan jagalah pikiran anda sebaik mungkin.

Adaptasi Diri

Alhamdulillah, saya dipercaya oleh kawan-kawan di organisasi sebagai pemimpin (ketua umum) sudah berjalan 1,2 bulan kurang 1 bulan ini masa pengurusan yang saya pimpin berakhir. Tidak tahu datang darimana perasaan ini (takut, minder, kecewa, sedih, pesimis, dsb yg membuat saya down) menghatui dalam setiap hari-hari saya, saya tidak percaya diri, lemah, lesu dan rasa ini itu tidak bisa diceritakan kepada siapapun (meskipun itu pada pacar ataupun orang tua)
Rasanya malu. Bagaimana solusinya? (forum.vivanews.com)

Jb. Satu pertanyaan saya, yaitu cari tahu penyebab anda menjadi tidak percaya diri atau down sehingga anda bisa mengambil solusi apa yang tepat untuk permasalahannya.

Memang ketika kita dihadapkan kepada sesuatu hal yang baru, maka kita akan merasa lebih tertekan karena kita harus belajar untuk beradaptasi, namun seiring dengan proses atau kebiasaan, maka anda akan lebih stabil dan mudah menjalankan aktivitas anda.

Senin, 22 Agustus 2011

Problem Solving Kurang Baik

Pak, ane pny sodara nih..
kebetulan dia cewe yang dah sukses ma usahanya..
masalahnnya dia pny suami, kgk kerja.. jd ma sodara aqn si suami di beri kegiatan usaha kecil2 lan lah..

tp ternyata, si suaminnya tu kok g ada inisiatif tuk ngembangin n jalanin usaha dengan sunguh2 y?
kl ada masalah apa2, tu suami lngsung lari ke istrinya minta bantua...

gmn itu? (bluefame.com)

Jb. Kemungkinan besar suaminya kurang pandai dalam memanage usahanya atau mempunyai problem solving yang kurang baik sehingga sulit untuk mengambil keputusan atau menjalani sesuatu dengan baik. Istrinya dapat membantunya dan mengajarinya sehingga sang suami dapat belajar secara perlahan lahan dalam mengelola usahanya.

Komunikasi yang tidak menarik

mau nanya.. kalo orang yang suka ngobrol dan senang dengan komunikasi 2 arah dan merasakan bahwa dalam berkomunikasilah dia benar benar berbakat, apa yang harus dilakukannya disaat lingkungan tempat dia berada sekarang tidak/kurang menjanjikan obrolan yang hangat ,menarik,dan dinamis..????

haruskah dia mencari kesibukan yang baru padahal hal yang paling diidam idamkan dalam hidupnya adalah menjalin komunikasi yang baik? (indowebster.web.id)

Jb. Komunikasi yang terlalu berlebihan dan tidak berbobot kadang kadang dapat mengundang hal yang negatif. Jadikanlah komunikasi anda sebagai hal yang dapat memberikan manfaat kepada orang lain sehingga ketika anda tidak sedang mendapatkan pembicaraan yang menarik, maka anda juga dapat bersikap bijaksana, yaitu diam pada tempatnya dan berbicara pada waktunya.

Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Pak bedanya psikolog sama psikiater apa ya???psikiater dr kan (indowebster.web.id)

Jb. Psiakter adalah seorang dokter jiwa yang mengambil spesialis kejiawaan yang lebih condong ke masalah gangguan kejiwaaan sedangkan psikolog adalah seorang ahli jiwa atau pakar jiwa yang lebih condong mengobati masalah normalitas.

Bersikap rebel dalam kelompok

Saya sekarang suka banget yang namanya rebel, atau semacam membantah atau tidak patuh.

Ini terjadi karna saya merasa tidak suka sama beberapa orang penting dalam klub saya. Apakah itu bagus secara sosialita. Mengenang bahwa mereka juga suka memberi nilai yang kurang tepat pada beberapa orang. Sehingga ketika saya menemukan orang-orang yang diperlakukan sama dengan saya, saya merasa semakin menjadi rebel.

Secara personal sih saya kecewa sama mereka. Karena saya pernah punya mimpi, namun mimpi itu dikandaskan oleh mereka. Apakah itu wajar? Atau saya terkena psikis? (indowebster.web.id)

Jb. Menurut saya, jalan yang anda ambil kuranglah bijaksana. Kita bisa mengambil jalan yang lebih baik dan bijaksana, seperti mengambil jalan diskusi atau pembicaraan kelompok agar mereka mengetahui isi hati anda, beserta hak dan wewenangan anda di dalam kelompok tersebut.

Anda harus belajar untuk dapat bekerjasama di dalam sebuah team,dengan mengetahui beberapa karakter kepribadian kelompok anda, sehingga anda lebih mudah beradaptasi dan mengetahui kapan anda akan bersikap. seperti mengalah atau bersikap tegas.

Cara Menajamkan Pikiran

Mohon pencerahan pendahulu........bagaimana menajamkan pikiran dan daya ingat ? (indoforum.org)

Jb. Dengan cara meditasi, olahraga seperti yoga atau banyak melatih otak dengan belajar, dsb

Selasa, 16 Agustus 2011

Suka Mikir Aneh terhadap Pasangan

Pak, numpang nanya dong..tapi mgkn ttg sikap saya nih..
Saya kan sudah pcrn slm 2 tahun pasti suka mikir yg aneh"..
yg maksud'ny aneh" itu..saat doi mgkn ga bsa d hubungi saat doi lg pergi..
ane sering merasa curiga...dan ujung"ny malah jadi agak ribut..
yha kalo bisa d blg ane cemburuan..dan ada alasan lain juga Om..
kami br2 jarang banged ketemu krn ad suatu sebab...
yha mgkn 1-2 bulan 1x lah..
gmn yah ngilangin sikap saya ini om? (kaskus.us)

Jb. Anda harus bersikap positif dan serahkan semuanya dan segala kondisi menjadi baik, artinya pikiran anda harus diarahkan secara baik dan tidak sesat. Anggaplah dan asumsikanlah bahwa apapun yang ia lakukan adalah yang positif.

Gagap Berbicara di depan umum

Bisakah psikiatri menyembuhkan ketidak percayaan diri saya? hal ini (berbicara di depan umum/mengemukakan pendapat) sangat membuat saya malu karena apa yang ada di otak saya tiba tiba menghilang lalu menjadi gagap (kaskus.us)

Jb. Psikiatri hanya dapat memberikan obat kepada anda agar anda lebih tenang dan fokus namun itu tidaklah terlalu efektif dan dapat menyebabkan ketergantungan, lebih baik anda perbanyak melakukan public speaking dan terapi tradisional untuk mendapatkan konsentrasi, seperti terapi pijat kepala, terapi akupunktur, perbanyak melakukan terapi otak, seperti isi tts, meditasi, terapi bicara, dsb.

Untuk meningkatkan percayaan diri di depan umum maka anda harus melakukan mindset yang kuat, seperti merasa nyaman, tidak merasa asing terhadap penonton, tidak malu berlebihan, menguasai bahan pembicaraan anda dan berani untuk berlatih walaupun terdapat banyak masalah.