OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 28 September 2011

Tidak Nyaman berada di Lingkungan Ramai

Pak, saya sk gak ngerasa nyaman gitu klo berada di lingkungan yg banyak orangnya...........

jadi saya sk menyendiri........

n kadang2 orang jd anggep saya sombong.........

padahal gak gitu...........

ujung2nya temen saya dikit n sering lost contact dengan temen2 lama.............

ada saran gak biar saya bs lbh terbuka utk kehidupan sosial? (indowebster.web.id)

Jb. Untuk berinteraksi sosial kita butuh keterbukaaan diri, yaitu bisa menerima keberadaan orang lain dan mempunyai semangat untuk berbagi dengan orang lain. Kita harus menjauhkan diri dari pemikiran yang negatif, seperti citra diri yang rendah (ketidak percayaan diri), kecurigaan yang berlebihan terhadap orang lain, Ketakutan disakiti atau dikecewakan, dsb. Kemudian selanjutnya, kita membutuhkan untuk menggunakan topeng sosial dalam berinteraksi sosial, namun janganlah berlebihan, seperti kita harus mampu membedakan dimana keberadaan kita maupun orang lain, mengenal kepribadian anda dan teman anda, adaptasi diri seperlunya dan mengetahui mana yang penting dan tidak penting dalam sebuah hubungan sosial, dsb. Anda bisa membaca buku psikologi populer mengenai interaksi sosial atau bergabung di dalam suatu komunitas yang merupakan hobby anda.

Yang paling penting adalah anda perlu mempunyai semangat untuk mencoba berteman dan mempunyai niat yang baik dari dalam diri anda sendiri.

1 komentar:

  1. nah caranya biar bisa bertopeng sosial kayak gimana ? soalnya saya apa adanya.. gag suka pake topeng , kalo gag suka ya gag suka, kalo suka ya suka..

    BalasHapus