OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 16 Agustus 2010

Sering Menyalahkan Diri Sendiri

mau curhat lagi ya pak fudinpang,
kenapa ya saya selalu menyalahkan diri sendiri? Misalnya sedang ada selisih dgn orang lain walaupun orang lain yg salah, pasti saya selalu mikir saya salah juga (lautanindonesia.com)

Jb. Itu berarti anda terlalu peka terhadap perasaan diri sendiri maupun orang lain, mungkin anda terlalu sensitif atau ego yang cukup rendah sehingga anda selalu menyalahkan diri anda sendiri. kemungkinan anda terlalu menganggap serius pandangan orang lain.. namun sebenarnya sifat ini masih wajar kok jika kita tidak melakukannya terlalu berlebihan. intropeksi diri memang baik, namun janganlah terlalu menyalahkan diri anda sendiri karena bisa membuat anda ikut tertekan.

1 komentar:

  1. saya juga sering menyalahkan diri sendiri atas perpisahan dengan calon saya,meski saya tau bahwa dia yang selingkuh, dan menghancurkan hidup saya
    saya merasa sayalah yang berperan sangata salah disini,,,,

    BalasHapus