OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 18 Juli 2011

Kesulitan Pergaulan Sosial

PakFudin pang

numpang curhat dan mohon sarannya yah

Saya punya trauma dmn saya sering dimanfaatkan oleh teman. saya di manfaatkan ketika saya masih dibangku sd - kuliah, impact nya menumpuk hingga saya sempat berpikir untuk bunuh diri (bahasa gamblang nya ketika mereka butuh mereka datang tp ketika mereka tdk butuh saya di lupakan)

kasus yg paling parah bikin saya ga gampang percaya sama teman baru dan berusaha keras untuk ga disakiti. sering kali saya merasa capek karna saya tidak bisa menjadi diri saya sendiri di lingkungan baru. intinya saya memaksakan diri dan menipu diri kalo saya ngerasa nyaman dgn teman2 baru, pdhl diri saya sendiri tau kalau saya ga bs merasa nyaman dgn lingkungan/teman baru.

jd, blh tlg kasih sarannya gmn saya bs move on dan menghilangkan perasaan ketidak-nyamanan dlm suatu pertemanan baru? (kaskus.us)

Jb. Setiap manusia mempunyai beberapa trauma dalam menjalani kehidupannya, namun tergantung bagaimana ia menyikapi trauma tersebut dan cara menyelesaikan masalah trauma tersebut menjadi hal yang lumrah.

Dalam hal pertemenan cukup wajar kita menemukan berbagai persoalan hidup, karena setiap manusia mempunyai karakter yang berbeda-beda, sehingga kita harus mampu beradaptasi dan melihat bagaimana kondisi sosial atau lingkungan pertemanan tersebut.

Interaksi sosial juga perlu menggunakan topeng sosial, yaitu dimana kita harus bisa menempatkan diri kita di luar jalur pribadi kita, seperti bagaimana kita bertemu dengan orang yang satu dengan yang lain itu cukup berbeda, sehingga kita butuh menggunakan sebuah topeng dalam menjalani kehidupan sosial, namun janganlah terlalu berlebihan, agar kita tidak tertekan dan merasa bukan diri kita sendiri.

Mengenai kasus krisis kepercayaan terhadap orang lain adalah sebuah permasalahan yang harus dipecahkan. Kita sebagai mahluk sosial tidak mungkin dapat hidup sendiri karena kita hidup berdampingan dengan orang lain, oleh sebab itu kita harus mampu beradaptasi dan terbuka bersama orang lain, namun anda harus bijaksana dalam menentukan sikap anda dan sikap orang lain sehingga anda dapat menjalani kehidupan sosial ini dengan baik. Pelajari sikap orang lain dengan baik dan ambil kesimpulannya sehinga anda dapat mengetahui bagaimana anda bertindak dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar