OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 05 November 2012

Ingin berhenti merokok? Coba akupunktur dan hipnosis!

Akupunktur dan hipnosis telah direkomendasikan untuk membantu para perokok menghentikan kebiasaannya. Terdapat beberapa bukti bahwa cara-cara alternatif ini berhasil berdasarkan penelitian.

Hingga saat ini peneliti menyatakan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu dipertanyakan, termasuk seberapa efektif efek terapi alternatif ini dan bagaimana membandingkannya dengan metode konvensional untuk berhenti merokok.

Meskipun begitu Mehdi Tahiri, seorang peneliti dari McGill University in Montreal Kanada mengatakan bahwa cara ini bisa menjadi pilihan bagi para perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya.
"Perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya pertama-tama harus mencoba cara standar seperti terapi penggantian nikotin, pengobatan, dan konseling perilaku," kata Tahiri, seperti dilansir oleh Reuters. "Namun beberapa orang tak tertarik pada pengobatan. Jadi mereka bisa mencoba cara lain seperti akupunktur dan hipnosis."

Peneliti menunjukkan bahwa perokok yang menggunakan akupunktur memiliki kemungkinan berhenti merokok tiga kali lebih besar dalam waktu enam bulan hingga satu tahun kemudian. Senada dengan itu, perokok yang melakukan terapi hipnosis juga memiliki tingkat keberhasilan tinggi dibandingkan dengan orang yang melakukan terapi standar.

Namun masih terdapat beberapa kelemahan, kata peneliti. Tingkat kesuksesan dari cara-cara alternatif ini masih belum konsisten pada semua uji coba yang dilakukan. Pada penelitian tahun 2008 yang dilakukan pada 258 perokok, ditemukan bahwa 55% perokok yang melakukan cara alternatif ini berhenti dalam waktu enam bulan.

Sementara itu penelitian pada tahun 2007 di Taiwan yang melakukan akupunktur pada telinga memiliki tingkat keberhasilan lebih rendah. Hanya 9% perokok yang diberikan akupunktur berhasil menghentikan kebiasaannya.

Hal yang sama juga terjadi pada terapi hipnosis. Dua penelitian menunjukkan efek yang signifikan. Sekitar 20 - 45% pasien yang mengikuti hipnosis berhasil berhenti merokok setelah enam bulan hingga satu tahun. Sementara itu dua penelitian lain menunjukkan sebaliknya.

Tahiri mengatakan bahwa masih ada banyak hal yang harus diteliti lebih lanjut, seperti berapa banyak sesi akupunktur dan hipnosis yang diberikan, dan teknik apa yang paling baik digunakan. Meskipun begitu, akupunktur dan terapi hipnosis bisa jadi salah satu cara alternatif untuk berhenti merokok.

 "Accurate" Health Center Medan merupakan pusat pengobatan konsultasi psikologi,hipnoterapi dan terapi akupunktur akan membantu anda meningkatkan kualitas kesehatan dengan berhenti merokok.

 Pengobatan "Accurate" Health Center merupakan pengobatan yang aman, alami dan tanpa efek samping. Rahasia Terjamin.

Hubungi "Accurate" Health Center untuk penangananya.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : Http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar