OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Kamis, 07 April 2011

Bingung terhadap Bakat

Pak, saya ingin bertanya mengenai jati dir saya. Dari SD hingga kuliah S1, kemampuan akademik saya biasa2 saja, namun dr SD hingga kuliah saya tidak tau bakat dan minat saya dimana, dibidang apa, ketika lulus SMA, saya sempat mengikuti psikotes di LPT UI, hasilnya memang kemampuan akademik saya kurang tetapi saya memiliki kelebihan di kemampuan verbal. Dari hasil tes saya dianjurkan mengambil jurusan D3 komunikasi dan sejenisnya, namun saya tidak mengikuti anjuran tsb, akhirnya sy kuliah di jurusan teknik informatika, pada semester 3, 4, 5 IP dan IPK saya anjlok, saya depresi, skripsi semester 9 hingga 12, saya skripsi 2 tahun br kelar, itupun bisa sidang dan lulus mungkn krn sang dosen kasian liat muka saya yg menyedihkan.

skrng saya bekerja di bidang IT Konsultan, tetapi hanya sebagai bagian ecek2, tidak penting lah pokoknya, tiap hari saya cemas karena kemampuan atau skill saya tidak bertambah2, sedangkan perusahaan menuntut karyawan memiliki skill lebih, sedangkan u/ pindah kerja saya bingung skill apa yg saya miliki..

sampai kapan saya begini terus, sampai kapan saya bisa mengetahui bakat dan minat saya...?

saya iri melihat orang lain yang bekerja atau berprofesi atau mencari nafkah sesuai bidang yang diminatinya (indoforum.org)

Jb. Ada pepatah yang mengatakan bahwa jika kita tidak bisa menemukan hal yang kita sukai maka berusahalah menyukai sesuatu yang telah ada.

Saran saya adalah ikutilah kata hatimu dan bersikaplah waspada dan hati hati dalam mengambil keputusan. Jika hati anda benar benar sangat tidak nyaman bekerja di perusahan sekarang. cobalah anda mencari pekerjaan lain, namun jangan tinggalkan pekerjaan lama sebelum anda menemukan pekerjaan baru, Itulah kebijaksanaanya.

Kemudian anda bisa mengambil kuliah lagi untuk menuntut ilmu sesuai dengan kegemaran anda sehingga anda lebih fokus dalam mengapai profesi anda. Mintalah beberapa saran dari teman dan keluarga anda, kemudian ambilkan keputusan sendiri agar anda tidak menyesal nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar