OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 30 Juli 2012

Merasa gagal menjalani kehidupan ini

Salam pak fudinpang,

Saya adalah seorang mahasiswa tingkat akhir paling terakhir di suatu universitas swasta di jakarta. Sebut saja saya T. Akhir-akhir ini saya merasa jenuh sekali pak terhadap hidup saya. Entah kenapa rasanya saya seperti hilang semangat bahkan semangat untuk hidup juga seperti lambat laun semakin terkikis. Seorang teman baik saya  mengatakan saya seperti berubah drastis, seolah tidak memiliki hasrat apapun. Dia mengira kalau saya mungkin butuh seorang pacar agar saya semangat kembali dan berusaha mengenalkan saya kepada seorang teman perempuannya, tap entah kenapa saya merasa sangat malas untuk berpacaran bahkan untuk berkenalan pun enggan. Jujur pak saya dulu sempat pacaran dan putus ketika usia pacaran kami memasuki masa satu tahun lebih gara-gara alasannya sepele, ayahnya melihat kalau saya lembek hatinya dan bukan berasal dari keluarga kaya, dan sampai sekarang entah kenapa saya malas untuk pacaran lagi, mengobrol dengan perempuan pun hanya seadanya saja, selebihnya saya akan diam.

Teman saya juga mengatakan mungkin saya jenuh dengan kuliah saya. Jujur juga pak, saya kuliah bukan di jurusan yang saya kehendaki tapi berdasarkan paksaan ortu dan meskipun saya tidak membenci jurusan ini, tapi entah kenapa seolah rasanya saya merasa ada yang kosong sewaktu saya belajar pak, bahkan nilai saya selalu rata-rata di semester terakhir ini, maaf pak saya berada di tahun keenam masa kuliah saya. Terkadang saya minder dan iri melihat teman-teman saya yang sudah lulus serta sudah bekerja, bahkan ada yang melanjutkan ke luar negri karena beasiswa dari kampus, sedangkan saya masih berkutat dengan skripsi saya yang harus diperpanjang lagi. Teman baik saya menyarankan agar saya bertiga dengan mereka nyambi usaha hobby shop yang akhirnya saya coba jalankan. Awalnya usaha tersebut berjalan dengan baik, tapi lama kelamaan bisnis tersebut menjadi sepi dengan munculnya banyak pesaing yang bak kacang goreng dan macetnya modal serta membuat ortu saya menasehati saya agar menghentikan usaha saya tersebut. Padahal saya berusaha agar tidak menambah beban mereka dengan melakukan usaha tersebut pak, tapi yang ada malah membuat saya merasa tertekan karena mereka juga mengharapkan saya bisa mandiri secepatnya. Tolong pak, saya bingung dengan diri saya, kenapa saya bisa begini? Apa yang harus saya lakukan untuk keluar dari rasa jenuh yg saya alami ini pak? (indowebster.web.id)


Jb. Cobalah anda mulai membenahi hidup anda atau memperbaiki hidup anda satu persatu, temukanlah jati diri anda sendiri atau kekurangan yang ada di dalam diri anda sendiri yang kemungkinan besar membuat anda tidak bahagia menjalani kehidupan ini, misalnya emosi anda, cara berpikiran anda, cara menafsirkan atau pandangan anda semuanya perlu diubah dan diperbaiki. Anda bisa melakukan tes psikologi untuk mengetahui kekurangan anda dan kemudian mulai saat ini tunjukkanlah kelebihan yang ada di dalam diri anda.

Mengenai tanggung jawab anda sebaiknya anda selesaikan dengan baik dan jangan pernah menyesal dengan pilihan hidup anda itu.. fokuslah kepada solusi dan bukan kepada masa lalu anda yang kemungkinan salah arah. dan mulai saat ini tegaslah terhadap diri anda dengan pilihan hidup anda sendiri agar anda dapat menjalani hidup ini dengan bahagia, kemudian jangan lupa untuk berdoa dan besyukur atas berkah yang telah anda terima untuk saat ini.

Janganlah fokus kepada permasalahan anda namun fokuslah kepada hal-hal yang positif yang dapat membuat diri anda jauh lebih berbahagia dan tataplah masa depan anda yang cerah dengan mulai memperbaiki diri anda sebaik mungkin dalam segala bidang askep kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar