OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 08 Maret 2010

Pilih A atau B untuk Memaafkan

Gw kasih contoh nyatanya aja:
-gw punya temen cewek (si A), A punya temen baik cewek B (temen sangat baik juga ngak sih, baru kenal 5 thn), si B punya problem dng suaminya, B akhirnya ditampung oleh si A, A dan suami si A kerja, tapi B tidak punya kerjaan.

Beberapa bln kemudian gw dengar dari anak si A, suami si A sdh berhubungan dng si B, dan si A sedih dan tinggal sendirian diluar rumah.


-Temen satu(G) lagi dia tinggal di pulau luar jawa, ibu si G dan kakak perempuannya si G (H) tinggal di JKT, G kerja di pulau luar jawa dan tinggal di rmh kontrakan(uang pas2an dng anak 4, tetapi G tetap kirim uang untuk biaya ibunya ke H), H punya 2 rmh di JKT yg dikontrakan.
Karena ibu sering sakit2an, H bilang ke G kalau nanti ibu meninggal, H mau menjual rmh ortu mereka dan H mau tinggal ke anaknya yg tinggal di Eropa. Jadi supaya lebih mudah, baiknya G memberi surat kuasa ke H supaya kalau ibu meninggal, H lebih cepat/mudah menjual rmh ortu mereka, karena hubungan G dan H baik, mereka sering telefon2an, G menyerahkan surat PENGHIBAHAN ke H.

Ternyata H menjual rmh ortu mereka dan mengirimkan semua uang rmh ortu kepada anaknya yg tinggal di Eropa(anaknya sudah punya rmh juga di Eropa) dan membawa ibu mereka kesalah satu rmh H.
G sedih sekali, tetapi G tiap bulan tetap seperti biasa mengirim uang untuk ibu dia.

Jadi kalau Temen atau famili tidak bertobat, kemungkinan yg kita buat adalah:

A)- Kita memaafkan temen baik/anggota famili itu dan berhubungan seperti tidak terjadi apa apa. (risiko kita/anak kita nanti bisa dikerjaiin oleh Anggota famili/temen itu lagi), atau

B)- Kita memaafkan cuma dalam hati kita saja, tetapi kita jaga jarak atau tidak berhubungan dng temen/anggota famili itu lagi...tapi hati kita tetap sdh "memaafkan" dia...?

Jadi kita harus memilih A atau memilih B ?, atau mungkin jawaban anda lain daripada A atau B ?.

Terima kasih (forum.detik.com)

Jb. Pilih B saja ya.. iya betul saja memaafkan adalah the true of happines... memaafkan sangat berguna untuk kesehatan jiwa dan raga kita..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar