pak mau tanya nih...masih berhubungan dengan autisme...
saya mengguakan diagnosis DSM-IV atau kondisi yg di klasifikasikan ke dalam gangguan perkembangan pervasif. DSM-IV di klompokan dalam beberapa jenis dan berbeda gejalanya yaitu :
AUTISME MASA KANAK2 (childbood Autism)
1. Hambatan dalam komunikasi, misal: berbicara dan memahami bahasa.
2. Mengulang kata-kata atau suku kata.
3. Kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain atau obyek di sekitarnya serta menghubungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi.
4. Sulit menerima perubahan pada rutinitas dan lingkungan yang dikenali.
5. Kurangnya interaksi sosial timbal balik.Misalnya: tidak berpartisipasi aktif dalam bermain, lebih senang bermain sendiri.
6. Bermain dengan mainan atau benda-benda lain secara tidak wajar.
7. Gerakkan tubuh yang berulang-ulang atau adanya pola-pola perilaku yang tertentu
8. Kurangnya perhatian terhadap segala sesuatu termasuk kontak mata.
DIAGNOSIS PDD-NOS
1. Hambatan dalam komunikasi, misal: berbicara dan memahami bahasa.
2. Mengulang kata-kata atau suku kata.
3. Kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain atau obyek di sekitarnya serta menghubungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi.
4. Sulit menerima perubahan pada rutinitas dan lingkungan yang dikenali.
5. Kurangnya interaksi sosial timbal balik.Misalnya: tidak berpartisipasi aktif dalam bermain, lebih senang bermain sendiri.
6. Bermain dengan mainan atau benda-benda lain secara tidak wajar.
7. Gerakkan tubuh yang berulang-ulang atau adanya pola-pola perilaku yang tertentu
8. Ekspresi wajah tidak datar dan masih dapat di ajak bergurau.
DIAGNOSIS SINDROM RETT
1. Hambatan dalam komunikasi, misal: berbicara dan memahami bahasa.
2. Gerakkan tubuh yang berulang-ulang atau adanya pola-pola perilaku yang tertentu
3. Kebanyakan Gangguan perkembangan ini di alami oleh anak wanita.
4. Kelahiran dan perkembangan bayi normal akan tetapi sekitar kurang lebih 6 bulan bayi mulai mengalami kemunduran perkembangan.
5. Pertumbuhan kepala mulai berkurang pada umur sekitar 5 bulan sampai 4 tahun.
DIAGNOSIS ASPERGER SYNDROME
1. Kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain atau obyek di sekitarnya serta menghubungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi.
2. Sulit menerima perubahan pada rutinitas dan lingkungan yang dikenali.
3. Kurangnya interaksi sosial timbal balik.Misalnya: tidak berpartisipasi aktif dalam bermain, lebih senang bermain sendiri.
4. Memiliki Tingkat Kecerdasan rata-rata bahkan di atas rata-rata
5. Mempunyai sifat yang kaku
DIAGNOSIS GANGGUAN DISINTEGRATIF
1. Anak berkembang sangat baik selama beberapa tahun tapi sekitar umur 3 tahun anak mengalami kemunduran yang luar biasa.
2. Kemunduran dalam Komunikasi setelah beberapa tahun.
3. Mulai menarik diri dari lingkungan.
4. Keterampilan mulai menurun.
Apakah dengan menggunakan gejala2 tersebut anak sudah bisa di katakan terkena autis?
apa ada kemungkinan2 lain?
makasih banyak pak, mohon di baes y.......(forum.detik.com)
Jb. sudah bisa kok. sudah lengkap itu, sebenarnya dengan melihat tidak adanya kontak mata, respon psikologis, keterlambatan bicara, bermain sendiri, tidak takut bahaya, tidak berkonsetrasi itu semua sudah dapat mendiagnosa bahwa anak tersebut mengalami autisme
saya mengguakan diagnosis DSM-IV atau kondisi yg di klasifikasikan ke dalam gangguan perkembangan pervasif. DSM-IV di klompokan dalam beberapa jenis dan berbeda gejalanya yaitu :
AUTISME MASA KANAK2 (childbood Autism)
1. Hambatan dalam komunikasi, misal: berbicara dan memahami bahasa.
2. Mengulang kata-kata atau suku kata.
3. Kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain atau obyek di sekitarnya serta menghubungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi.
4. Sulit menerima perubahan pada rutinitas dan lingkungan yang dikenali.
5. Kurangnya interaksi sosial timbal balik.Misalnya: tidak berpartisipasi aktif dalam bermain, lebih senang bermain sendiri.
6. Bermain dengan mainan atau benda-benda lain secara tidak wajar.
7. Gerakkan tubuh yang berulang-ulang atau adanya pola-pola perilaku yang tertentu
8. Kurangnya perhatian terhadap segala sesuatu termasuk kontak mata.
DIAGNOSIS PDD-NOS
1. Hambatan dalam komunikasi, misal: berbicara dan memahami bahasa.
2. Mengulang kata-kata atau suku kata.
3. Kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain atau obyek di sekitarnya serta menghubungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi.
4. Sulit menerima perubahan pada rutinitas dan lingkungan yang dikenali.
5. Kurangnya interaksi sosial timbal balik.Misalnya: tidak berpartisipasi aktif dalam bermain, lebih senang bermain sendiri.
6. Bermain dengan mainan atau benda-benda lain secara tidak wajar.
7. Gerakkan tubuh yang berulang-ulang atau adanya pola-pola perilaku yang tertentu
8. Ekspresi wajah tidak datar dan masih dapat di ajak bergurau.
DIAGNOSIS SINDROM RETT
1. Hambatan dalam komunikasi, misal: berbicara dan memahami bahasa.
2. Gerakkan tubuh yang berulang-ulang atau adanya pola-pola perilaku yang tertentu
3. Kebanyakan Gangguan perkembangan ini di alami oleh anak wanita.
4. Kelahiran dan perkembangan bayi normal akan tetapi sekitar kurang lebih 6 bulan bayi mulai mengalami kemunduran perkembangan.
5. Pertumbuhan kepala mulai berkurang pada umur sekitar 5 bulan sampai 4 tahun.
DIAGNOSIS ASPERGER SYNDROME
1. Kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain atau obyek di sekitarnya serta menghubungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi.
2. Sulit menerima perubahan pada rutinitas dan lingkungan yang dikenali.
3. Kurangnya interaksi sosial timbal balik.Misalnya: tidak berpartisipasi aktif dalam bermain, lebih senang bermain sendiri.
4. Memiliki Tingkat Kecerdasan rata-rata bahkan di atas rata-rata
5. Mempunyai sifat yang kaku
DIAGNOSIS GANGGUAN DISINTEGRATIF
1. Anak berkembang sangat baik selama beberapa tahun tapi sekitar umur 3 tahun anak mengalami kemunduran yang luar biasa.
2. Kemunduran dalam Komunikasi setelah beberapa tahun.
3. Mulai menarik diri dari lingkungan.
4. Keterampilan mulai menurun.
Apakah dengan menggunakan gejala2 tersebut anak sudah bisa di katakan terkena autis?
apa ada kemungkinan2 lain?
makasih banyak pak, mohon di baes y.......(forum.detik.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar