OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 29 Maret 2010

Cara Menghilangkan Minder

bang fudin, gimana cara menghilangkan rasa minder?
mengapa dari dulu saya selalu memiliki rasa minder sejak menginjak usia 15 an tahun??? apa ada efeknya dengan perkembangan saya sehingga life span development saya mengalami masalah? (forum.kafegaul.com)


Jb. Kemungkinan anda pernah mengalami sebuah trauma psikologis sehingga membuat anda tidak percaya terhadap diri anda sendiri. itu bisa disebabkan oleh faktor pola asuh keluarga , seperti orang tua yang terlalu melindungi anaknya sehingga anak menjadi kurang berani atau orang tua yang kurang menghargai anaknya sehingga andak kehilangan kepercayaan diri dan faktor lingkungan, misalnya mempunyai trauma ketika berhubungan dengan orang lain atau pernah dikecewakan oleh teman dan kemungkinan untuk faktor pembawaan seperti agak pendiam dan kurang mampu berinteraksi dengan orang lain... cari tahu permasalahan anda dan kemudian carilah jalan keluarnya..

untuk menghindari dari rasa minder dapat anda pelajari dengan meningkatkan citra diri anda (merasa diri anda berguna), tidak menjelek-jelekkan diri sendiri, jangan menganggap enteng kemampuan diri anda sendiri karena setiap manusia di lahirkan mempunyai kelebihan dan kekurangan yang unik dan kemudian belajar untuk tidak terlalu sensitif terhadap orang lain sehingga anda dapat mengeluarkan kemampuan diri anda tanpa takut dikritik oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar