OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 24 Maret 2010

Wawancara Kerja

Bang Fudin.....
SAya kemarin habis melakukan wawancara untuk kerja... PEngalaman wawancara saya yang ketiga ini, tampaknya blum memberikan efek learning pada saya untuk menghadapi wawancara selanjutnya. Saya tetap merasa kekurangan saya adalah dalam hal komunikasi, terutama menyampaikan "menjual" diri saya. Jangankan untuk berbicara (wawancara) dengan pihak HRD (yang umumnya dari jurusan psikologi. YAng pintar "menyudutkan" orang dengan pertanyaan-pertanyaannya) untuk berbicara dengan orang-orang baru/dengan kawan2 lama saya cenderung agak kesulitan. Saya termasuk pribadi yang introvert. saya sering kali berfikir, apakah mungkin kepribadian saya yang pendiam, kurang supel, dan memiliki kendala dalam komunikasi ini dapat saya ubah??? Adakah saran2 yang bisa Abang berikan bagi orang-orang seperti saya??? BAgaimana pula untuk meningkatkan kepercayaan diri kita dalam berkomunikasi ketika menghadapi pewawancara??? Terima kasih sebelumnya BAng. (blufame.com)

Jb. baiklah, kemungkian tipe kepribadian anda adalah orang yang tertutup (introvert) sehinga kurang mampu untuk terbuka dengan orang lain, namun hal tersebut bisa anda ubah sedikit demi sedikit dengan pembelajaran yang rutin.. anda bisa mencoba untuk menjadi terbuka dengan orang lain, tidak terlalu pendiam, bisa berbicara dengan orang lain tanpa tertekan atau dengan hati yang curiga, tidak menyimpan kata-kata yang menyinggung dari orang lain dan bersikap fleksibel sehingga anda bisa menjadi seseorang yang lebih terbuka atau ektrovert.

Mengenai permasalahan wawancara kerja, anda dapat membaca buku buku psikologi mengenai trik-trik untuk menhadapi wawancara kerja, dari bahasa tubuh, cara berbicara/penyampaian, bahasa yang digunakan serta mengeksplorasi kemampuan anda..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar