OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 02 Maret 2010

Apakah anak autisme bisa sembuh ?

pak
katanya kalo anak autis kalo sudah sembuh itu anaknya cenderung cerdas.
apa itu benar pak ? (indonesiaindonesia.com)

Jb.tidak juga demikian, anak autisme ada dua macem, yaitu keterbelakangan mental dan yang jenius.. autsime adalah gangguan konsentrasi dengan bermain pada dunianya sendiri.. jika anak autisme yang mempunyai retardasi mental ( mental terbelakang) yang telah sembuh maka anak tersebut dapat berfungsi dalam menjalani kehidupan pribadinya namun tetap sulit menjalani kehidupan sosialnya karena anak tersebut cenderung senang menjalani aktifitas sendiri dan sulit berinteraksi dengan orang lain, kecerdasaan seseorang itu bisa diasah walaupun anak itu autisme namun konsentrasinya masih tetap berada dibawah orang yang normal.

oo....gitu ya om
ada tmn SMA dulu yang katanya waktu kecil dia autis, kata bapaknya,
dah sembuh wkt SMA itu, bukan main cerdasnya minta ampun.
jadi ga ada pengaruhnya ya om


Jb, iya bisa saja cerdas dalam hal pendidikan formal, namun kecerdasan verbal dan kecerdasan sosial atau kecerdasan yang memerlukan konsentrasi itu masih kurang dibawah anak normal dan terlihat ada perbedaannya.

trus apakah autis itu bisa sembuh total om ? trus apakah ada kemungkinan kambuh ga om?
kira kira berapa lama ya om utk waktu penyembuhannya? apakah memang btuh waktu yang sangat lama ?


Jb. tidak ada kata sembuh dalam dunia autisme, yang ada adalah lebih berfungsi dalam menjalani kehidupannya... sebagai contoh,anak autisme yang awalnya sulit untuk memakai baju sendiri padahal umurnya sudah seharusnya dapat menjalani fungsi tersebut dan setelah diajari dengan terapi okupasi maka anak tersebut sudah bisa memakai baju dan sepatu sendiri dan hal tersebut tidak akan balik kembali seperti tidak bisa memakai baju sendiri.. sebenarnya anak autisme bukanlah sebuah penyakit kronis dan tidak bisa disembuhkan, anak autis adalah keterlambatan perkembangannya dan adanya gangguan atensi.. jika anak tersebut belajar terus menerus untuk meningkatkan konsentrasi maka anak tersebut dapat meningkatkan konsentrasinya dan harus konsisten agar tidak menjadi lemah.

waktu penyembuhan tergantung oleh bagaimana kondisi gangguan atensi tersebut dan setiap anak autisme itu beda karakteristiknya..semakin parah gangguan tersebut maka semakin lama pengobatannya.

loh bukannya anak autis itu spt mempunyai dunia sendiri, punya imajinasi sendiri gitu om ?
maap2 nanyaknya aneh2. tp jd tertarik nih. hehe


Jb. iya betul... punya imajinasi tersendiri dan tertentu yang sulit dimengerti orang lain, mereka bisa menjadi orang yang kreatif kok.


berarti pada dasarnya ketika org autis melakukan rutinitasnya itu dia sadar betul apa yang dia lakukan ya om ??
hadow tambah penasaran saya. apa yo yang di pikirkan org autis itu. maksud saya di pikirannya itu. masak kosong, tp kok bisa fokus ?


Jb. Jika sudah dewasa dan konsentrasinya sudah terlatih dengan baik maka ia bisa sadar apa yang ia lakukan kok.. pikiran mereka tidak kosong kok, hanya saja mereka selalu mengikuti arahan dan petunjuk atau rutinitas yang mereka jalani.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar