OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 15 Maret 2010

Menghadapi Keluarga yang tidak cocok

mo tanya nih....

saya laki umur 22th uda kerja, single, idup ama ibu aja serumah...
keluarga saya termasuk kluarga besar, punya yayasan yang mengurus 3 sekolahan di desa....meski saya idup di desa, saya merasa senang karena sudah kecukupan....tempat tinggal saya dikelilingi rumah sodara2 dari nenek....dari 13 keluarga yang merupakan anak nenek termasuk ibu saya, ada 7 keluarga yang kumpul di satu kampung....nah masalahnya mulai dari sini, om saya (adik kandung dari ibu saya), punya istri dan 2 anak....jujur saya bener2 gak suka ama istri om saya itu...yang pertama, dia jarang banget merhatiin anaknya yang pertama, jadinya anaknya yang pertama sering ikut saya kluar maen karena saya tau perasaan dia gmn, palagi dia cowo, jadi saya ajak kemana aja dia pasti mau....sedang anak keduanya cewe, dia mirip banget ama ibunya, dia masih SD kelas 3, tapi sifatnya yang ga nguati...masa pubernya uda dia lewati, padahal masih kecil gitu....dia juga suka ama teman2 seumuranku yang biasa maen sama saya....untuk masalah utama, yang pasti istri om saya lah....dia kayak parasit...klo ada sodara saya yang ekonominya menengah keatas, dia pasti deket trus, dikit2 duitnya diambil...tapi begitu sodara saya butuh apa2, istri om saya malah diem dan ninggalin dia....karang malah dia ngedeket ke ibu saya...apalagi dia punya utang duit 5,4jt ke saya 2 th lalu lum d bayar, padahal tuh duit mau saya pake buat modal nikah....saya pengen nasehatin dia, tapi gak bisa, masalahnya dia yang jaga nenek saya....jadi tiap saya mau ngomong ama istri om saya, saya mikirin nenek...jadinya ga tega....

gimana cara saya bisa nasehatin tuh orang...??? secara banyak banget sodara saya yang gak suka ma dia emang....

terimakasih... (indowebster.web.id)

Jb. Permasalahan anda cukup dilematis ya.. di satu sisi.. anda kurang menyukainya dan ingin menegurnya kemudian di sisi lain.. ia adalah orang yang lebih tua dari anda dan istri om anda sehingga anda sulit untuk berbuat apa-apa dan hanya diam saja.. Menurut saya, sebaiknya anda bersikap sabar dan jangan banyak mencari kesalahan dia sehingga anda bisa hidup dengan tenang bersama kehadiran dia.. Anda masih terlalu muda untuk menasehati dia sehingga anda akan mencari permasalahan baru lagi.. saran saya sebaiknya mintalah keluarga lain yang satu angkatan dengannya untuk menyadarkannya.. dan jika ia masih belum sadar maka sebaiknya anda menjauhinya dan jangan terlalu dekat dengannya, hanya sekedar basa basi dan ada hal penting saja.

Mengenai uang anda.. cobalah untuk meminta kepada terang-terangan karena itu adalah hak anda.. tagilah kepadanya sampai uang tersebut dikembalikan kepada anda.. namun tentunya jangan menggunakan kekerasan... mintalah kepada secara berkala dengan alasan yang jelas dan sedikit mendesak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar