OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 08 Maret 2010

Dikucilkan oleh Kelompok

saya mau curhat ,,, brkaitan ama sifat seseorang,,

bgini :
Pas pertama kali masuk sekolah ( pas masuk SMA kls 1 ),, teman" saya bisa dibilang baik dan mau berbagi dan mengobrol dengan saya,, walaupun saya belum terlalu mengenal mereka,,

tapi setelah beberapa lama,, saya rasa mereka mulai menjauhi saya,,,banyak yg bilang aku orangnya sombong,, pdahal aku suka berbagi dan tidak menentukan kriteria apapun. Lama kelamaan,, berimbas ke hampir semua teman sekelas,, sehingga saya menjadi seorang yg pendiam dan tidak lagi suka berbicara,, karna takut akan perkataan mereka....

pertanyaan saya :
apakah saya ini orngnya tidak bisa bergaul dengan lingkungan baru..?
lalu bagaimana solusi terhadap masalah di atas..??

MOHON BANTUANNYA (Rf Forum)

Jb. setiap sebuah masalah tidak bisa disalahkan oleh satu pihak saja, namun harus memperhatikan kedua pihak yang saling terlibat.. mungkin saja teman anda merasa tidak cocok berteman anda karena adanya masalah pribadi anda, fisik atau psikis anda atau mungkin ada yang salah dari diri anda atau anda merasa mereka tidak pantas untuk dijadikan teman sehingga anda menunjukkan sifat yang mungkin tidak disukai oleh kelompak anda.

Contoh masalah fisik, mungkin cara berpakaian anda kurang cocok dengan kelompok anda, mungkin ada rasa/bau yang tidak disuaki oleh kelompok anda, mungkin ada yang kurang dari fisik anda..

kemudian masalah psikis anda, seperti mungkin anda kurang bisa dipercaya atau kurang bisa menyimpan rahasia orang, mungkin anda tidak bisa bergabung dalam minat mereka sehinga mereka jarang mengajak anda, mungkin anda kurang bisa berbaur dalam pembicaraan mereka atau mungkin anda terlalu banyak bergaya, terlalu banyak berbicara atau terlalu banyak diam, dsb. masih banyak lagi

cobalah anda berkonsultasi dengan teman anda yang anda percayai dan tanyalah kepada mereka mengapa mereka tidak menyukai anda lalu anda intropeksi diri. biasanya dalam satu komunitas.. ada satu orang yang tidak suka kepada anda maka yang lainnya pada ikut ikutan walaupun anda tidak menyakitinya... itu tidak masalah bagi anda.. yang penting anda berbuat sebaik mungkin..

Hmmm,,,

setelah saya cermati,, ternyata ada segelintir orang di kelas saya yang gg begitu suka terhadap sikap saya. Loh,, padahal kan sikap saya di kelas pendiam dan jarang bicara.

Kalau faktor ikut"an,, bagaimana caranya supaya mereka percaya lagi terhadap saya...
seakan - akan, dikelas saya di diskriminasikan...

tidak semua orang mendiskriminasikan saya,,, beberapa ada yg bersahabat dekat dan berteman baik dengan saya, tapi saya tidak enak kalau ada salah satu teman kelas yg gg terllau suka terhadap saya... berat rasanya jika punya musuh di kelas,,,

mohon penjelasannya..

Jb. anda bersikap ramah dan ceria saja terhadap semua orang. jangan merasa mempunyai musuh di dalam kelas dan menggangap semua adalah anggota keluarga anda.. untuk membuat mereka percaya terhadap anda adalah anda harus menjadi orang yang menyenangkan dan suka membantu orang lain

semoga bahagia selalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar