OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 09 Februari 2010

Bagaimana merubah pikiran orang tua ?

oom..mohon bantuannya yah..
oom, ini masih berkaitan dengan masalah saya ma co saya.jadi saya pernah dikasih kesempatan dari ortu saya untuk kenal dekat dengan co saya ini karena gimanapun kami kan LD, nah awal saya dikasih waktu 1 bulan ma ortu tapi ternyata baru 2 mgg saya sudah ditarik pulang dan ternyata ortu saya punya pandangan sudah cukup 2 minggu untuk tau dia dan saya disuruh putusin co saya oom. dengan alasan ortu saya juga kakak saya ngeliat gelagat yang tidak baik dari co saya..
jadi menurut mereka co saya ini seperti telah merencanakan sesuatu yang tidak baik alias punya motif tertentu terhadap diri saya..
saya kilas balik yah oom..saya pacaran dengan co saya sewaktu dia masih di kota asalnya..setelah 4 bulan berpacaran dia pindah ke kota lain untuk usaha dan selang jalan sekitar 4 bulan gitu dia usaha, dia mau melamar saya cuma ditentang ortu karena alsan dia baru mulai usaha dan lum mapan..akhirnya gak jadi..kemudian ternyata berjalan 1,5 taon gitu usahanya gagal oom dan dia coba usaha lain tapi ternyata gagal sampe akhirnya dia gabung dengan sodaranya..cuma ortu saya menganggap co saya ini sebenernya ga bisa kerja makanya sering gagal dan mereka mengkhawtirkan kalo usaha yang sekarang yang dia bilang gabung dengan sodaranya ini adalah suatu kebohongan..
buat kel saya mereka anggep co saya ini punya motif yang tidak baik..mereka tidak mau tahu dan minta saya putus..bagaimana bisa merubah pikiran mereka yah oom dan bagaimana bisa membuktikan apa yang dikatakan ortu saya adalah bener atau karena mereka dah terbawa dari ramalan atau penglihatan atau karena trauma masa lalu atau karena dah terlanjur bad image oom?mereka bener2 tidak lagi mau tau dan memberikan kesempatan...
bagaimana oom kita bisa tahu orang yang bener2 bekerja atau tidak?kemudian bagaimana kita bisa tahu apa seseorang punya motif yang tida baik terhadap kita dan bagaimana bisa merubaha pikiran ortu yah?
makasih oom sebelumnya (forumm.wgaul.com)

Jb. baiklah. saya mengerti perasaan anda.. orang tua anda itu telah terlanjur curiga dan negatif thinking terhadap pasangan anda.. itu adalah sesuatu yang kurang wajar lagi dan atas dasar yang tidak rasional mereka membenci pasangan anda dan tidak memperbolehkan anda berpacaran dengan orang yang anda cintai..

saya menyarankan anda untuk bersikap sabar dan iklas menjalani permasalahan anda dan saya tahu memang anda cukup tertekan dan pasangan anda juga kurang nyaman karena orang tua anda tidak menyetujui hubungan kalian.. janganlah menyalahkan siapa siapa termasuk orang tua anda.. sekarang yang perlu anda lakukan adalah bertindak diam dan rileks. anda boleh kok memilih siapapun pasanganmu karena anda sudah dewasa dan bukan anak-anak yang bisa diatur dan dilarang oleh orang tua dan lagian ini adalah masalah keputusan hidup seseorang.. anda mengetahui hidup adalah milik anda dan walaupun anda ingin membahagiakan orang tua anda tapi anda tidak ingin menderita terus menerus karena pilihan orang tua... benerkan..

untuk mengubah paradigma seseorang itu tidak gampang.. hanya orangtua anda sendiri yang dapat mengubah pemikiran mereka sendiri walaupun kita sudah memohon seribu kali atau sebagaimanapun... tetapi apa salahnya anda mencoba terus menerus untuk mengubah cara pandang anda kepada orang tua anda.. walaupun mereka tidak mau mendengarkan namun anda boleh bersikap sedikit tegas namun tidak berlebihan.. hanya ada dua alternatif menurut saya, yaitu anda bersikap diam atau anda berusaha lagi untuk menyakinkan orang tua walaupun mereka akan kesal nantinya...

diam maksudnya adalah bukan anda menyerah namun anda tetap pada prinsip anda bahwa kebahagiaan anda milik anda dan anda terima semua konsekuensi hidup dan jalan hidup anda. bukan tergantung orang tua.. nah sekarang saya bertanya anda.. apakah anda mau mengikuti keinginan orang namun namun anda menyesal dan menderita seumur hidup atau jika anda mengalami musibah bersama pasangan hidup anda. apakah orang tua anda bisa membantu anda.. bisa sich membantu anda dalam urusan finansial atau sebagaimanapun. tapi tidak bisa membantu anda dalam urusan psikis atau jiwa anda yang hancur..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar