OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Kamis, 05 Januari 2012

Cara Mengendalikan Gangguan Emosional

Masalah saya secara umum adalah saya sebenernya orang yang bisa berpenampilan tenang (meski ada masalah di dalam hati saya) saya masih bisa diam seribu bahasa dan tidak membahasnya. bisa dibilang saya adalah orang yang cenderung mengobservasi sesuatu sebelum bertindak.

tapi di sisi lain, emosi saya kadang tak bisa saya kontrol. Tidak pernah ada kejadian sampai saya melukai orang lain tapi paling tidak ada beberapa kali saya sampai menghajar tembok dengan tangan sendiri hanya karena emosi yang tak bisa saya lampiaskan dengan kata2.

entah kenapa di satu sisi yang lain saya selalu mempunyai sisi merencanakan rencana jahat terhadap keadaan dan situasi atau kepada orang yang tidak saya sukai. Saya tak pernah menjalankan rencana2 saya, karena saya tau hanya akan berakibat merugikan orang lain. tapi di satu sisi dorongan untuk melakukan itu sangat kuat dalam diri saya. bisa dibilang seperti memiliki seekor monster dalam diri saya sendiri tapi yang bisa menjinakkannya hanya diri saya sendiri

sekarang ini saya juga kembali berada dalam state mind yang kurang stabil karena ada satu hal yang sebenernya tak saya harapkan untuk saya lakukan namun karena tak ada pilihan lain terpaksa saya lakukan. membuat otak saya occupied dengan mengerjakan hal lain juga tidak membuat saya merasa lebih baik. namun tetap harus saya lakukan.

mungkin saya terkesan mencari apa pelampiasan yang terbaik, sebenernya saya tahu apa yang harus saya lakukan tapi kadang saya hanya ingin mendengar kata2 dari orang yang terlihat lebih ahli dan lebih berpengalaman atas masalah2 seperti ini.

mohon masukannya (bluefame.com)

Jb. Kemungkinan besar anda mengalami gangguan emosional, terutama gangguan yang berhubungan dengan agresi/agresifitas, namun anda adalah orang yang mempunyai sisi moralitas yang cukup tinggi, maka anda tidak melampiaskan kemarahan yang dapat mengakibatkan kekacauan atau kerugian pada diri anda sendiri maupun orang lain.

Saran saya adalah cobalah anda menjalankan terapi psikologis, seperti meditasi, hipnoterapi, maupun psikoterapi lainnya untuk dapat mengendalikan emosional anda. Terapi akupunktur dapat menbantu anda meredakan emosional anda secara perlahan-lahan jika anda berada pada tahap emosional yang sangat tinggi.

Aturlah mindset anda selalu berpikiran positif, janganlah mengikuti perasaan negatif anda yang muncul atau mengacaukan pikiran anda. Tetaplah bersikap stabil dan lakukan, amati dan hitunglah pernafasan anda terus menerus sampai emosi anda menurun.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar