OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Kamis, 31 Januari 2013

Banyak Pikiran Kesulitan Tidur

Halo, pak Fudin Pang.
Saya mau tanya. Akhir-akhir ini saya mengalami kesulitan tidur. Saya memang merasa kalau akhir-akhir ini saya sedang banyak pikiran. Masalah terbesar yang saya rasakan adalah beban studi untuk segera lulus dari bangku kuliah dan masalah hubungan percintaan yang pelik.
Biasanya, begitu beranjak ke tempat tidur, saya ga perlu waktu lama untuk langsung tertidur. Tapi, untuk sekitar 2 minggu terakhir ini, biasanya saya butuh waktu lama untuk tidur. Misal, saya sudah coba tidur dari jam 1 malam, mungkin baru jam 2 atau malah jam 3 malam saya baru bisa tidur. Selain itu, seandainya saya tidur cepat, misal jam 10 malam, biasanya jam 3 atau jam 4 pagi saya akan terbangun, dan agak susah untuk tidur lagi. Masalah tidur lainnya, walaupun ga selalu terjadi, saya sempat beberapa kali memimpikan pikiran-pikiran yang sedang membebani saya. Kadang mimpi itu sesuai dengan yang saya inginkan untuk terjadi, kadang sebaliknya.

Dan setidaknya, ini adalah kali kedua dalam hidup saya dimana saya merasa benar-benar rendah. Entahlah, karena memang terasa aneh. Saya ngerasa bahwa masalah yang saya hadapi ini tidak seberat masalah beberapa orang lain. Nah, yang ingin saya tanyakan, apakah masalah ini memang wajar-wajar saja untuk membuat saya sulit tidur atau justru hanya karena otak saya memberi sugesti bahwa masalah yang saya dapat ini lebih berat dari seharusnya?

Pertanyaan kedua, bagaimana caranya agar pola tidur saya kembali normal? Saya tidak pernah mengonsumsi obat-obatan untuk membantu saya mudah tidur. Bisakah saya mengatasi masalah tidur ini secara natural? (forum.indowebster.com)

Jb. Terlalu banyak pikiran dan beban hidup memang bagi sebagian orang bisa menimbulkan efek pada kesulitan tidur dan gangguan konsentrasi bahkan lemah syaraf. Cobalah untuk belajar meditasi atau yoga untuk menenagkan diri anda, kemudian jauhi stres dan banyak pikiran, perbanyak bahagia dan senyum, iklas, pasrah, bersyukur dan kuatkan iman dan hati anda kepada Tuhan. Anda bisa mencoba terapi akupunktur untuk gangguan tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar