OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 10 Mei 2010

Kecanduan Belajar

permisi mas fudinpang, ane nubi mao konsult nih mohon diperkenankan yahh

jadi ceritanya gini nih mas, saya kan pelajar dan sudah kelas 3, sebentar lagi udah kuliah kan, nah saya (bukannya sombong ato gimana yah maaf ) tapi saya rasa saya cukup pintar untuk memiliki ambisi untuk keterima di PTN2 favorit seperti UI, UNPAD, UGM, STAN dll.
nah saya ikut lah semua tes tes itu.
jujur aja saya orang yg sangat sangat ambisius, segala sesuatu yg saya pengen saya rasa harus dikabulkan begitu, nah saya belajar deh kan buat tes ptn itu, namun ternyata saya tidak lolos Unpad, dan tidak lolos Ugm.
nah ini yang bkin saya akhir2 ini kepikiran banget dan selalu bikin mental saya down setiap ketemu try out ato tes2 gitu, bahkan setiap saya kepikiran akan kegagalan saya di tes itu saya selalu bener2 merasa paling bodoh, bahkan saya sempat menangis karena gagal itu.
karena rasa "percaya diri" yg tadinya selangit itu sekarang jadi rendah banget, saya akhirnya ambil bimbingan belajar di 3 tempat sekaligus, jadi total setiap hari saya belajar sekitar 8 jam gitu.

pertanyaan saya nih mas fudinpang :

1. bagaimana cara saya bisa mengatasi hal yg selalu bikin saya down dan merasa saya selalu salah itu ?
2. apakah keputusan saya tepat untuk mengambil 3 bimbel sekaligus ??

mohon sarannya ya doktor fudinpang, ane lagi didera kekecewaan (krucil.com)

Jb. Ingat saja pepatah yang mengatakan bahwa apa yang anda harapkan tidak sesuai dengan keinginan maka anda akan kecewa berat.. maka lebih baik anda terima saja realitas hidup ini dan terus berjuang demi masa depan anda dengan tidak membuat ambisi yang begitu tinggi.. ambisi/obsesi adalah hal yang tidak baik dan akan membuat anda menderita nantinya.. anda akan dikerja oleh ambisi anda atau obsesi anda terus menerus dan membuat hidup anda menjadi tidak tenang.
2. keputusan anda baik kok,, tujuannya anda memang baik namun hidup anda harus seimbang.. harus menyeimbangkan antara belajar, bermain, mengurusi diri sendiri dan jangan sampai terbelangkai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar