OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 18 Mei 2010

Kepribadian yang Emosional

pakk...saya mau nanya lagi niyy...

Saya bekerja sebagai customer service, tidak jarang saya dihadapkan dengan berbagai macam karakter orang. Terkadang saya dihadapkan dengan tekanan dari customer ataupun sesama rekan kerja. Selama ini saya hanya bersabar dan berpikir positif dalam menghadapinya. Dan itu berhasil. Yang saya ingin tanyakan, Sebenarnya saya ini orang yang emosiaonal, tetapi selama ini saya mampu bersabar dalam menghadapi masalah (karena tidak mungkin emosi di tempat kerja) baik di tempat kerja ataupun di rumah. Tetapi saya takut bila suatu saat emosi saya akan meledak. Bagaimana solusinya agar saya tetap sabar??? apakah emosi yang selama ini dipendam akan meledak???bagaimana untuk meredamnya agar tidak menjadi bumerang untuk saya di kemudian hari?..terima kasih banyakk pak.. (forum.detik.com)

Jb. Emosi sangat tergantung oleh karakter/kepribadian masing masing orang dan kondisi lingkungan kita disekitar. kemudian cari taulah apakah penyebabnya sehingga anda menjadi mudah marah. apakah faktor karaktek diri anda atau hanya sekedar lingkungan pemicu/pencetus saja, sehingga kita mudah mencari solusinya.

Jika memang hanya karena disebabkan oleh lingkungan pencetus sehingga anda mudah marah, maka solusinya adalah berusaha belajar untuk mengendalikan diri di dalam kemarahan, ingatlah resiko-resiko atau akibat yang akan perbuat, perbanyak untuk mengerti/memahami orang lain, perbanyak untuk menebarkan cinta kasih kepada orang lain, lakukan relaksasi dan olahraga untuk menenangkan pikiran anda, atur mindset anda menjadi orang yang lebih sadar dan cuek dalam memahami permasalahan anda dan mencari jalan keluar yang mudah dan bukan dengan amarah.

Kemudian jika memang kemarahan merupakan karakter dari diri anda, maka anda harus segera untuk mengubahnya atau meminimalisir karakter tersebut, dengan jangalah terlalu mudah tersinggung dengan orang lain, janganlah selalu melihat kesalahan dan kedunguaan orang lain, bersikaplah lebih ramah terhadap orang lain, janganlah merasa diri yang paling benar dan berpikirlah sebelum berbuat.. anda bisa belajar untuk menjadi seorang pribadi yang menyenangkan dan ramah dengan memperkecil kepribadian amarah anda yang telah saya sebutkan diatas..

Memendam perasaan itu baik sebagai aspek untuk mengendalikan diri atau bersikap sabar, namun setelah itu maka lupakan dan lepaskanlah perasaan itu dan carilah perasaan yang lebih menyenangkan dan janglah menyimpan dendam tersebut terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar