OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 20 Desember 2010

Kecemburuan terhadap Saudara Kandung

wah mumpung ada psikolog beneran numpang curhat

jadi gini gan ane punya seorang kakak gan, ane kesel sama dia gan ane iri dan benci gan (pdhl dia ga ngapa"in gan)....
entahlah gan dia sempurna gan semua kelebihan di dia sdangkan ane ga ada sama skali gan ane serba kekurangan :(
bayangin gan ane sama dia beda jauh bagaikan langit dan bumi dr muka,otak sama klakuan....
semua sodara" ane slalu ngagumin dia gan ane benci gan kalo ada dia dideket ane, ane sering mikir knp hidup ini ga adil gan? smua klebihan ada didia :(

ane hrs gmn gan??
ane ga bisa kaya dia yg dikagumin banyak orang (kaskus.us)

Jb. Sebenarnya wajar jika setiap manusia pernah mengalami kecemburuan sosial terhadap saudara kandung kita sendiri, namun harus memiliki batasannya dan jika terlalu berlebihan kita membanding bandingkan kehidupan kita dengan kehidupan saudara anda maka anda akan menderita jadinya.

Lebih baik anda mengingat bahwa setiap manusia mempunyai keunikan dan kelebihan masing-masing yang tidak dimiliki oleh orang lain, bahkan seorang yang mempunyai cacat saja memiliki kelebihan dan kita tidak perlu membanding bandingkan hidup kita dengan hidup orang lain, apalagi kita merasa iri hati, maka anda akan terus dihantui oleh perasaan tidak puas terhadap diri anda.

Lebih baik kembangkan sendiri potensi dan kemampuan anda sebaik mungkin dan buatlah diri anda senyaman mungkin, maka akan ada hasil yang menakjubkan dari diri anda, apakah itu anda dihargai atau dihormati oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar