OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 27 Desember 2010

Seorang Teman yang Kehilangan Jati Diri

Mr. Fudinpang, saya hanya hendak bertanya cukup banyak hal kepada anda mengenai seseorang yang saya cintai

1. Bagaimana caranya untuk membangkitkan seseorang dengan background broken home yang sangat merindukan ibunya? Ia seringkali teringat akan ibunya yang sudah meninggal dan hal ini kerapkali membuatnya hanyut dalam kesedihan. Ditambah lagi masa - masa lalunya dengan keluarganya yang tidak mengenakkan masih seringkali menghantuinya. Tampaknya anak ini memang terjebak di dalam masa lalunya yang suram yah?

2. Orang yang sama juga memiliki rasa rendah diri yang mana dia selalu merasa dirinya bersalah dan bertanggung jawab apabila ada suatu masalah terjadi (kecenderungan menghakimi dan menyalahkan diri sendiri), bahkan terkadang ia khawatir bahwa dirinya akan mengacaukan segala sesuatu hal ketika sebuah hal baik datang ke depan matanya, bagaimana cara mengatasi perihal rasa rendah diri, kecenderungan menyalahkan diri sendiri dan kekhawatiran akan dirinya yang mengacaukan hal baik ini?

3. Satu lagi, dia juga tertutup ketika memiliki masalah, ia tidak memiliki inisiatif untuk bercerita kepada saya kecuali saya mempertanyakannya terlebih dahulu dengan sedikit memaksa, bagaimana caranya untuk membuat dia memiliki inisiatif untuk terbuka tanpa diminta? Tampaknya ia hendak mencari perhatian terlebih dahulu yah, baru ia akan memberikan jawabannya setelah ia yakin ia diperhatikan...

4. Apa yang harus saya lakukan agar saya bisa memenuhi ekspektasinya sebagai seorang kekasih?

Mohon sarannya, Mr. Fudinpang
Saya menginginkan dirinya menjadi lebih baik dan lebih bisa menyayangi dirinya sendiri terlebih dahulu (forumm.wgaul.com)

Jb. Saya ikut prihatin dengan permasalahan yang teman anda rasakan.. Menurut saya, teman anda sedang merasakan frustasi, kehilangan semangat, kurang daya hidup, kehilangan pegangan hidup yang diakibatkan oleh kehilangan orang tuanya sehingga membuat ia tidak semangat hidup, kehilangan pegangan hidup, kehilangan kepercayaan diri, motivasi hidup dan kehilangan kepercayaan diri sekaligus.

Menjawab pertanyaan anda :

1. Kemungkinan besar memang teman anda itu memiliki masa kecil yang kurang bahagia dan pola asuh yang kurang baik sehingga membuat ia menjadi sedikit trauma dan kehilangan jati diri dan citra diri serta pemikiran yang logistik. Cara untuk membangkitkan semangat hidupnya adalah dengan memberikan banyak motivasi hidup kepadanya, memberikan kepercayaan diri kepadanya, memberikan arahan dan petunjuk hidup kepadanya dan tentunya yang positif dan memberikan advice yang positif dan perhatian yang ekstra agar ia dapat menjadi orang yang lebih percaya diri.

2. Cara untuk meningkatkan rendah diri memang harus datang dari diri sendiri agar dapat belajar untuk lebih menghargai hidupnya. sebagai teman, anda dapat memberikan buku motivasi hidup atau membaca chicken shop of the soul atau melihat film yang dapat membangkitkan semangat hidup.. bangunkan kepercayaan hidupnya dengan membuat ia terasa menjadi orang yang berharga dan berguna bagi orang banyak.

3. Pertama. terlebih dahulu anda harus membuat dia merasa tenang dan nyaman dulu sebelum ia ingin mengungkapkan isi hati anda kepadanya.. kemungkinan besar ia mengalami juga beberapa gangguan kecemasan sehingga membuat ia menjadi kurang konsentrasi dan merasa tertekan dengan lingkungannya.

4. Sebagai kekasihnya anda harus bersikap bersabar dan cobalah membawa ia untuk berkonsultasi dengan seorang psikolog atau menjadi pengobatan lain yang aman sehingga bisa membuat ia menjadi lebih semangat dan ceria kembali.

semoga berbahagia selalu

psikolog/sinshe fudin pang
www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar