OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 10 Januari 2011

Pola asuh salah dari Orang tua

Malem om psikolog...

Saya lagi gundah gulana gan, pilihan hidup yang saya jalani saat ini secara hati nurani saya katakan SALAH namun entah ini penyakit jiwa atau bukan saya justru menikmatinya...

Saya laki-laki anak bungsu yang masih selalu diperlakukan sebagai anak2 bahkan sampai sekarang padahal udah 24 tahun :nyembah: ampun dah. saya tumbuh dengan penuh pengawasan dan perhatian yang baru sadari sangat berlebihan. Masa anak cowok ga boleh ujan2an, jam 4 sore dah harus mandi, ga boleh manjat pohon, ga boleh mandi di sungai, etc. Saya tidak menyalahkan ortu saya karena saya yakin mereka bermaksud baik. Tapi saya rasa itulah yang membuat saya menjadi pribadi yang cenderung penakut, tak berdaya, pemalu, ga' all out. Parahnya lagi kecenderungan sex saya yang menyimpang : GAY. didukung trauma masa kecil saya yg seakan melekat di alam bawah sadar kalau saya pernah mengalami pelecehan seksual oleh teman saya sendiri..

Ini yang menjadi pertanyaan besar dalam hidup saya, saya tahu ini melawan kehendak tuhan dan saya selalu menyesal setelah saya melakukan perbuatan dosa "mengapa tadi gue nglakuin ?" namun "sesuatu" yang namanya gejolak, perasaan, dan cinta gak bisa dipaksa, saya bingung saya ingin menghentikan ini namun "sesuatu" itu sulit untuk saya lepaskan, saya manusia yang sulit untuk menahannya.

Saya pernah dengar temen saya yg muslim cerita tentang "Taubat Nasukha" kalo gak salah, saya ingin seperti itu menjadi manusia yang dicintai Tuhan, namun tidak memasung perasaan dan hati saya atau dengan kata lain hidup saya lurus tanpa memaksa gejolak saya..

Mohon bantuannya, buat yang cuma ngata2in doank saya harap anda berpikir ulang apakah pantas dikatakan anda orang benar jika anda mencemooh orang yang ingin berjalan di jalan yang benar ???

My appreciate 4 ur comment, any thing Thx (forum.detik.com)

Jb. Kemungkinan besar bahwa orang tua anda salah mendidik anda, sehingga membuat anda merasa kurang mandiri, tapi jangalah menyalahkan orang tua anda, segala sesuatu dapat berubah jika mempunyai niat yang baik dan benar.

Cobalah anda bersikap sedikit tegas kepada orang tua mengingat umur anda sudah cukup dewasa, katakan kepada orang tua anda bahwa anda bukanlah anak anak lagi dan tunjukkan kepada mereka bahwa anda adalah anak mandiri sehigga mereka lebih percaya kepada anda. Tunjukkan yang positif kepada mereka, seperti kemajuan karir anda, pendidikan anda, dsb.

Mengenai konsep ketuhanan adalah moralitas dan keyakinan anda terhadap ajaran ketuhanan anda dan itu sangat tergantung oleh diri anda sendiri dalam penerapannya. Jika anda merasa salah maka jauhi dan jika anda merasa benar maka anda boleh menjalankannya dan semua juga ada penyelesaianya dan solusinya.

Jika kita ingin berubah maka pasti ada jalannya dan jika kita tidak mempunyai niat maka akan lebih sulit. Lebih baik dengarkan kata hati anda dan cobalah mengendalikan diri sebaik-baiknya. itulah tujuan hidup yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar