OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 08 Februari 2011

Cara Mengatasi Emosi Meluap

Pak, Bagaimana caranya mengatasi emosi yg mudah meluap dan haus akan keinginan untuk dihargai!?
beberapa hari lalu saya bertengkar dg teman saya hanya gara2 masalah sepele dan sebenarnya saya sendiri yg memicunya, saya ingin minta maaf tp agak malu dan agak takut, karena sudah terlalu sering melakukan hal serupa, kesal sedikit langsung mengucapkan kata2 kotor tanpa pikir panjang yg saya sendiri berpikir gk seharusnya saya ngomong seperti itu, saya ingin mencoba berubah dr sikap saya yg seperti itu agar gk terlalu sering menyakiti mereka, gara2 hal itu saat ini saya jd mnjaga jarak ke mereka (forum.kafegaul.com)

Jb. Salah satu jalan adalah bertobat, perbanyak melakukan kebaikan, perbanyak menebar kasih, kendalikan hati dan pikiran anda. Jangalah bersikap menjudge orang lain, kemudian jika anda pernah berbuat kesalahan kepada orang lain, cobalah meminta maaf kembali dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Manusia memang penuh dengan kesalahan, namun jika kita belajar bertobat dan menenangkan hati anda. maka anda akan bahagia.

Untuk mengendalikan emosi yang meluap-luap adalah dengan menyadari setiap bentuk emosi anda, buatlah hati anda menjadi tenang dengan memperhatikan nafas anda atau bernafaslah secara perlahan-lahan. Jika ada yang telah menyakiti anda, cobalah untuk bersikap sabar dan yakinlah bukan anda yang dapat menghukum dia, namun dia yang akan mendapatkan ganjarannya sesuai dengan kejahatannya. jadi tidak perlu marah. jika anda marah, maka anda telah menciptakan satu lagi kesalahan baru.

Cara untuk mengurangi haus akan perhatian adalah dengan cara tidak menganggap diri itu besar dan lebih dari orang lain. Pada dasarnya semua sama, masing masing punya kebahagiaan dan penderitaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar