OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 16 Februari 2011

Sulit Mengucapkan kata Maaf

Pak mau tanya nih,
ada gak cara buat ngilangin rasa bersalah tanpa harus minta maaf.,
saya tau sifat saya termasuk egois, tapi mau gimana lagi. Sejak kecil sepertinya saya belajar klo minta maaf = kalah.

Dan masalahnya akhir2 ini saya sering terganggu sendiri waktu merasa bersalah pada orang lain, karena perasaan tersebut sulit saya hilangkan.,

semoga bapak berkenan memberi solusi,
terimakasih. (kaskus.us)

Jb. Mengaku salah belum tentu kalah dan mengalah juga belum tentu kalah. Dunia ini tidak seberat yang anda bayangkan. Dunia adalah sangat cerah jika kita memandangnya dengan cerah, begitu juga sebaliknya. Mengalah demi kemenangan dan perbaikan diri orang adalah sesuatu yang bijaksana.

Kemungkinan besar anda mempunyai gengsi yang tinggi sehingga anda merasa sungkan untuk mengatakan maaf walaupun dalam hati kecil anda telah merasa bersalah dan ingin mengatakan maaf. Jika anda selalu mempertahankan sikap seperti itu, maka pribadi anda tidak akan berkembang dan maju.

Saran saya adalah jika anda tidak berani untuk mengatakan kata maaf kepada seseorang, namun anda boleh menunjukkan sikap anda yang telah menyesal kepada orang yang anda sakiti, maka orang itu dapat memakluminya. Namun, lebih baik lagi anda perbanyak menciptakan kasih sayang kepada semua mahluk hidup dan hidup secara fleksibel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar