OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 14 September 2010

Sulit Komunikasi Formal

sy ada mslh di komunikasi ne..terutama dlm hal "komunikasi formal"..bkn pergaulan sehr2..
krn sy srg bertemu dgn org pntg...
pdhl sifat n sikap gw serba cuek n informal..kt laen sy sk bcr blak2an, ceplas-ceplos dll
bgm sebaeknya utk mengatasinya?? (krucil.com)

Jb. Sebaiknya anda segera mengubah diri sehingga anda dapat menyeimbangkan diri. karena kita hidup di dunia ini sebagai mahluk sosial maka kita harus bisa menggunakan topeng sosial dimana kita berada dan tergantung oleh keadaan dan siapa yang kita hadapi.

Cobalah anda memperbanyak pertemanan dengan orang-orang yang dewasa atau orang-orang yang berbahasa formal sehingga anda mengetahui bagaimana pemikiran dan bahasa tubuh mereka bahkan bahasa apa yang mereka pergunakan sehingga anda bisa belajar terhadap mereka dan lambat laun maka anda akan terbiasa.

Anda juga bisa menggunakan bahasa formal setiap hari ketika berbicara dengan siapa saja untuk melatih diri anda sering-seringlah menulis dengan bahasa formal. Kemudian anda harus segera merubah diri terhadap sifat anda yang blak-blakan dan ceplas ceplos demi kewibawaan diri anda. Cobalah anda berpikir sebelum berbicara sehingga anda dapat melatih ucapan anda tidak menjadi salah dan lebih berkonsentrasi ketika berbicara dan berhubungan dengan orang lain.

Yang paling penting adalah anda bisa menempatkan dimana keberadaan diri anda. jika anda bersama teman dekat anda maka silahkan saja anda menggunakan bahasa apa dengan gaya anda tersendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar