OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 14 April 2010

Krisis Kepercayaan diri terhadap orang lain

Numpang konsultasi ya kak psikolog...

masalah saya, maaf ya panjang, harap bersabar membacanya]Sebenarnya masalah kejiwaan saya banyak sekali. Malah rasanya mungkin saja kalo sebenarnya saya sudah mengalami *gangguan*.
Beberapa orang melihat gw memiliki gangguan isi pikiran paranoid + gangguan kecemasan (ini bahasa psikiatrinya).
Intinya gw sulit melihat ketulusan seseorang. Mungkin itu disebabkan gw sering sekali dikecewakan dalam berbagai pertemanan di masa lalu.
Dulu pernah berteman sama seseorang sampai cukup dekat, tapi begitu dia *nembak* dan gw tolak, dia kecewanya minta ampun, sampai2 bicara sama gw pun dia tidak mau lagi.
Naik tingkat, gw pernah berteman akrab lagi sama 1 teman. Sampai akhirnya terbukti jelas2 dia memanfaatkan gw sebagai temannya, gw pun memutuskan hubungan sama dia.
Begitu masuk kul, gw susah sekali berteman dekat dengan siapapun. Rasanya semua orang yg mau mendekati gw itu ada maunya. Dan memang 90% itu benar. Kalau ada acara, gw tidak pernah diundang. Tapi kalo udah mau ujian, buru2lah semua minjem catatan gw. Makanya gw agak2 gak rela... di situlah awal mula gw dicap pelit sama teman2.
Pas tahun terakhir kul, gw dikhianati habis2an sama beberapa orang teman sekelompok. Sampai2 gw dipermalukan di satu jurusan. Dari situ gw semakin parah, semakin tidak bisa menerima ketulusan orang... Gw selalu melihat semuanya *ada udang di balik batu*. Walaupun dasarnya gw senang membantu orang, tapi isi pikiran ini bener2 menghambat gw mengeluarkan sifat gw yg sebenarnya, karena gw selalu merasa dimanfaatkan. Gw pun menjadi minder karena sudah dipermalukan seperti itu.
Sampai sekarang, semua ajakan pesta, semua ajakan reuni, gw tolak... karena gw merasa tidak ada gunanya acara kumpul2 seperti itu, ujung2nya gw juga yg dimanfaatkan. Belum lagi ditambah (oops, ini beda lagi) gw selalu merasa minder/jelek. Terlebih gw minder karena sampe kini masih single.
Hal ini semakin diperparah, semua ajakan chat dari teman2 kul dulu selalu gw tolak dengan berbagai alibi. Gw merasa takut sekali dimanfaatkan, entah bagaimana caranya, gw yakin gw akan dimanfaatkan lagi, dan lagi. Kalo bukan, yah, paling2 dikhianati teman lagi. Dan memang gw baru dengar, kalo baru2 ini (kejadiannya bulan Januari), gw baru saja difitnah malakin duit teman2 waktu akhir kuliah dulu. Pelakunya tak lain adalah teman yg dulunya sering chatting sama gw di YM.

Dari cerita yg panjang itu, yang ingin saya tanyakan:
1. Adakah yg bisa saya lakukan untuk mengatasi kondisi ini?
2. Kira2 mengapa yah orang2 suka memanfaatkan saya? Apa yang harus saya lakukan agar orang tidak lagi suka memanfaatkan saya?
3. Adakah cara untuk meningkatkan pede supaya setidaknya saya tidak terlalu minder dan negative-thinking terhadap diri sendiri?

Terima kasih banyak ya kak psikolog (indowebster.web.id)

Jb.

1. kemungkinan anda telah mengalami krisis kepercayaan terhadap orang lain dan bukan anda mengalami gangguan kepribadian paranoid (paranoid itu ditujukan kepada orang yang mempunyai gangguan kejiwaan), namun anda hanya sekedar trauma saja.. jika anda ingin sembuh dari trauma maka anda harus belajar untuk menghilangkan trauma tersebut.. saya pikir dunia ini memang agak keras dan jika kita bisa menangani dengan baik maka kita sulit untuk selamat karena di dunia ini sangat banyak dipenuhi oleh orang yang penuh dengan kebodohan batinya, seperti keinginan untuk mencelakakan orang lain, keinginan untuk menipu orang lain.. oleh sebab itu kita harus bijaksana dan bisa memilih-milih mana yang benar dan mana yang salah.

saran saya untuk mengatasi masalah anda adalah anda harus bersikap lebih bijaksana dalam memilih kawan dan bisa belajar dari pengalaman dan tidak membuat dan menjalankan kesalahan yang sama atau untuk kedua kalinya, anda harus mempunyai prinsip yang kuat juga agar tidak mudah percaya kepada ucapan orang lain dan anda juga harus bersikap fleksibel dalam menjalani kehidupan sosial ini.. yang artinya anda harus mengunakan topeng (mekanisme pertahanan diri) juga namun tidak berlebihan ya.. anda harus bisa melindungi diri anda dan jangan terlalu menanamkan kepercayaan yang tinggi kepada orang lain dan jangan juga mempunyai krisis kepercayaan terhadap orang lain. anda harus bisa memilah-milih mana yang baik terhadap diri anda dan baik untuk orang yang disamping anda dan mana yang terbaik untuk semua orang...

2. seseorang yang ingin memanfaat kita karena bisa saja kita lalai dalam melakukan sesuatu seperti ada pepatah mengatakan dimana ada kesempatan maka kemungkinan kejahatan akan terjadi.. anda harus bersikap lebih teliti dan dewasa dalam sebuah penilaian.. jika anda tidak ingin dimanfaatkan oleh orang lain maka anda harus menciptakan suatu kondisi dimana orang tersebut tidak mempunyai kesempatan untuk memanfaatkan anda.

3. untuk menghilangkan kecurigaan terhadap diri anda maka anda harus memperbaiki citra diri anda sendiri, yaitu anda harus merasa diri anda adalah orang yang berguna, orang yang mampu dan orang yang hebat. anda harus berhenti untuk mengangap enteng kemampuan diri anda.. anda harus bersikap terbuka terhadap dunia ini, yaitu anda harus bisa memandang bahwa anda sama dengan orang lain.. mengapa orang lain bisa kenapa saya tidak bisa.. tingkatlah kepercayaan diri anda dan jangan membuat penilain yang buruk karena tidak memiliki alasan yang tepat.. setiap orang memiliki kelebihan dan kelemahan yang unik.. tidak ada orang yang sempurna.

2 komentar:

  1. numpang tanya,
    kenapa ya ko aku itu ga bisa semangat kaya dulu lagi,,,
    dan daya pikir aku itu lemah,, pinginnya yang instan aja. males kemana - mana ,gimana ya cara ngilangin nya? pusing banget kehidupan kaya begini ... huhf ,,, tolong bantuan nya ya pak.

    thanks atas bantuannya

    BalasHapus
  2. Kemungkinan besar anda mengalami kehilangan motivasi diri, coba saja anda membangkitkan motivasi terhadap diri anda, motivasi bisa didapatkan dari orang lain maupun diri sendiri, yang penting mempunyai niat untuk maju, banyak belajar dari buku motivasi dan tetap semangat.

    semoga berbahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    BalasHapus