OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 18 Oktober 2010

Ciri-ciri seorang Psikolog

Saya murid SMA kls 3. Saya tipe orang yang introvert disekolah. Saya tidak punya banyak jaringan dalam pergaulan. Mungkin hanya anak2 yang seangkatan dengan saya saja yg saya kenal baik, itupun tidak semuanya. Saya ini sering down/depresi. Ketika saya berusaha menggali penyebab depresi ini dan bagaimana cara menghilangkannya, saya menemukan psikologi.

Saya tertarik dengan ilmu ini, tapi lebih pada praktik intrapersonal. Saya tidak cukup ahli dalam hal persuasif, saya bukan orang yang cakap berbicara melainkan kpada orang yg sangat saya kenal. TAPI saya menaruh minat yang besar pada ilmu kejiwaan.

Apakah saya bisa mengambil jurusan psikologi? Apakah saya bisa bekerja dibidang psikologi pada kasus seperti ini?

Mohon arahannya, pak (kaskus.us)

Jb. Bisa kok. asalkan anda banyak berlatih dan mempunyai tekad yang kuat maka sesuatu yang kurang bisa akan menjadi kemampuan alamiah kita. Sebenarnya mempelajari psikologi tidak selalu orang yang ekstrovert atau introvert, karena semua orang bisa dan dapat mempelajari psikologi asalkan ia mempunyai minat. nah, mengenai persuasif (cara mempengaruhi orang lain). menjadi seorang pendengar yang baik saja sudah cukup untuk persuasif. asalkan kita mempunyai empati dan simpati yang besar dan menguasai ilmu psikologi dengan benar, maka kita dapat memberikan nasehat dan saran yang baik untuk orang lain.

1 komentar:

  1. saya mau nih dok,
    saya itu paling a yang bingung sama diri saya ssendiri.Saking bingunggunya saya tidak mengerti dirri saya saya sering mengungkapkan kata-kata yang bukan kehendak hati saya dan setelah itu saya akan merasa sangat menyesal dan depresi dan sangat merasa sangat kecewa terhadap orang--orang yang menertawai saya jika saya salah bicara.
    saya merasa itu mereka orang-orang yang harus saya jauhi karena mereka yang mebuat saya itu sangat terpuruk.
    jadi sebenarnya apa yang saya rasakan dok?!
    soalnya saya mencari-cari apa yang sebenarnya terjadi sama saya dok?!
    bahkan keluarga saya mengangap saya gila.
    tolong beritahu apa yang sedang saya alami ini.

    BalasHapus