OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 11 Oktober 2010

Suka menyiksa diri secara fisik dan psikis

Dulu gw kan pernah depresi yang lumayan parah sampe pernah suka nyiksa diri sendiri secara fisik
Tiap kali stress. Pernah ke psikolog juga tapi dianya dodol ga membantu sama sekali sampe akhirnya gw menemukan kegiatan penyalur stress sendiri.
Saat itu lumayan ampuh. dan gw sdh bisa kontrol diri kalo emosi atau strees dgn body combat daripada nyilet2 diri.
Tapi, belakangan ini gw mulai ga kuat lagi.
Emang si bukan nyiksa diri scr fisik lagi ( karena gw dah janji ga bakal nyilet lagi) tapi
Sekarang lebih ke nyiksa diri scr mental.

Setiap malem kalo sendirian,selalu gw ngerasa ada yg bisikin hal-hal negatif, buat gw pesimis, buat gw ngerasa bersalah terus menerus, buat gw ketakutan yang teramat sangat.
Bahkan kadang gw keinget semua trauma masa lalu. Gw sampe ga bisa tidur tiap malem. Kepala gw sakit bgt.
Dan parahnya, gw ga bisa cerita semuanya sama siapapun. Seandainya cerita mreka juga ga bakal percaya karena gw sedari kecil emang ga pernah nunjukin perasaan gw yg sebenarnya di depan orang lain.
Gw selalu ceria, ketawa ketiwi, selengean di dpan orang lain tapi hancur begitu sendirian.
Gw ga bakal bisa nangis di depan orang lain. Hahaha... Apa ga mesti ke psikolog?? Karena gw ga tau sampe kapan gw bisa tahan diri. Semua yag gw rasain tiap malem diluar dari kontrol gw. Gw takut balik ke kebiasaan lama gw. Kadang gw ga sadar ngelakuinnya (tebarnasi.com)

Jb. anda telah mengalami suatu gangguan, yaitu gangguan kecemasan dan ketakutan dimana namun secara spesifik anda kurang mengetahui bagaimana kondisi yang sebenarnya. namun jika anda tidak menjadi lebih baik kemungkinan anda dapat mengalami gangguan cemas menghindar (menghindari semua orang) atau gangguan paranoid (curiga) terhadap orang lain, maka sudah sangat sulit kesembuhannya, karena anda tidak mau bertemu dengan orang lain atau mengurungi diri dan tidak mau bertemu dengan dokter, dsb. namun saya yakin anda hanya mengalami hanya sedikit ilusi dan gangguan kecemasan, karena anda masih bisa mengungkapkannya atau curhat di komputer secara online.

Saran saya adalah memang anda cobalah menemukan seorang psikolog yang cocok dengan anda dan adanya terapi yang bisa dilakukan dengan anda, seperti hipnoterapi, terapi relaksasi atau terapi meditasi untuk menenangkan perasaan dan pikiran anda. atau anda dapat menemui seorang ahli agama untuk memberikan terapi kepada anda. anda juga dapat mencoba terapi akupunktur yang dapat menghilangkan pikiran yang tidak baik, kepala yang sakit dan dapat tidur dengan nyenyak.

Untuk penyembuhan diri sendiri, maka anda harus dapat menyadari mindset anda dan setelah itu anda harus mengaturnya dan mempertahankannya secara baik. Jika anda berpikir yang negatif maka cobalah tarik kembali mindset anda menjadi positif. lakukanlah itu terus menerus dan konsisten, jangan biarkan perasaan anda terus menganggu pikiran anda yang bersih. dan sebaiknya cari tahu apakah penyebab dari permasalahan anda ini sehingga dapat diketahui dan diterapi melalui alam bawah sadar anda agar anda dapat menerima semua traumalitas pada masa lalu anda.

Kemudian menyiksa diri secara fisik dan psikis itu juga merupakan tanda tanda sebuah gangguan. cobalah anda lebih banyak melampiaskan kepada olahraga atau sesuatu yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar