OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 11 Oktober 2010

Teman yang sulit berbagi

om fudin, yang baik hati..

ada seorang teman lelaki saya,
saya lihat cenderung dia suka menyimpan sendiri sesuatu yang membebaninya

bisakah anda memberi tahu saya bagaimana meyakinkan dia agar mau berbagi cerita [curhat] pada saya..

karena lelaki yang ini lebih suka menyiksa diri jika ia mulai merasa lemah..
dan saya tidak suka melihatnya begitu,

tolong om ya? (indonesiaindonesia.com)

Jb, teman anda termasuk tipe yang tertutup dan tidak mau berbagai perasaan dengan orang-orang di sekelilingnya, kemungkinan ia takut disakiti atau pernah mempunyai trauma dalam hal kepercayaan kepada orang lain sehingga ia memilih untuk merasakan sendiri tanpa berbagi dengan orang lain.

sebenarnya merubah sifat dan watak seseorang itu sangat sulit kecuali orang tersebut yang ingin merubahnya sendiri. salah satu trik agar anda bisa menjadi orang yang dapat dipercayainya adalah tunjukkan kepadanya anda adalah orang yang tulus dan tidak ingin menyakitinya dan membohonginya dan ciptakan rasa kenyamanan terhadap dirinya dan jangan memaksakan kehendaknya. jika ia ingin cerita maka dengarkanlah dan jika ia tidak ingin cerita maka anda cukup berada di samping untuk menemaninya saja, maka ia sudah dapat terhibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar