OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 25 Oktober 2010

Keluarga tidak Harmonis

salam bahagia selalu pak....

Pak saya mau tanya ttg masalah orang tua saya,,,Papa orangnya kaku jarang bicara kalo ga ada yg mau ditanya suaranya ga keluar, dia juga kasar kalo ibu saya bilng dia sperti ular tidur kalo dicolek dikit langsung matok. Kami anak2nya udah biasa dipukuli dihajar seperti maling dari kecil. Karna sekarang udah besar2 aja kami udah bisa melawan tangan dan kakinya ga melayang lagi. Tapi yg jd sasaran skrg ibu.... masa cuma gara2 kopi ga penuh aja subuh2 dia bisa bnting cangkir kopinya dan asbak sambil teriak...kita dibilang binatang kalian....saya dlm kondisi hamil muda skrng krn suami kerja di luar sejak seminggu yg lalu krn mulai mabok2 saya pulang kerumah orang tua,

Pak sekarang ibu saya mau bercerai meraka udah tua2...papa 62 thn..ibu 56th...masa udah umur segitu mau cerai??

ibu merasa udah ga kuat dengan kekasaran papa...saya juga udah trauma pak...kami semua anak2 kalo ada papa dirumah merasa ga lepas.....sejak saya pulang kerumah seminggu ini saya perhatikan dr mereka bangun subuh ga ada pembicaraan sm sekali kecuali suara ibu yg suka komen kalo nonton tivi...tp kalo papa dia diam aja biar diajak bicara...sampai berdehem aja engga.....benar2 orangnya membosankan.sampai saya berpikir klao saya jadi ibu dr dulu sayaa udah pisah kalo punya suami kaya gitu.Kalo masalah tanggung jawab menafkahi papa bertanggung jawab tp secara batin dia kosong pak..... kadang ibu maunya sabtu minggu dia ga krja pergi kepengajian...tp dia slalu bilang cape....... ga pernah tu kami kaya keluarga orang pergi jalan2 mkn ke mall....sekali2 dia mau itu jg dgn muka masam pas bulan puasa buka di luar itu jg kalo udah dipaksa sama saya....

sya sekarang ga tau harus gimana....saya cape melihat mereka....saya cuma bisa bilang samaa ibu...lakukan apa saja yg bisa bikin ibu bahagia. walau kami anak2 ga menginginkan mereka berpisah tapi kalo itu yg bisa bkn mereka bahagia.....saya ikhlas (forum.detik.com)

Jb. Saya ikut prihatin terhadap pemasalahan yang menimpa anda, namun saya berharap bahwa anda sekeluarga dapat bersifat sabar dan penyayang kepada orang tua anda walaupun anda ditindas oleh beliau... memang tidak semua orang tua itu benar, orang tua juga adalah manusia yang bisa berbuat kesalahan. kesalahan yang ia buat pasti ada sebab dan akibatnya, bukannya mereka jahat, namun mereka kurang sadar saja atau diliputi oleh keobodahan batin.

Jika anda masih mempunyai kesempatan untuk menyadarkan orang tua kalian maka lakukanlah dengan sekuat tenaga dan janganlah sampai menyakiti orang tua anda walaupun mereka salah. kita mencoba sabar dan melakukan pembelaan diri saja, tapi janganlah membencinya..

anggaplah orangtua anda adalah teman anda walaupun ia terlihat kasar, kemungkinan memang orangtua anda pernah merasakan kehampaan atau trauma sehingga membuat ia begitu keras dan seakan akan kurang memberikan perhatian kepada anak-anaknya.

Sebagai anak cobalah untuk berubah dan lebih menyayangi dia tanpa pamrih atau perbanyak berbuat kebajikan sehingga rumah tangga dapat rukun kembali. walau bagaimanapun beliau adalah orang tua kita walaupun beliau sudah tidak sepantasnya, namun hargailah dan hormatilah beliau sebagai seorang insan yang pernah melahirkan kita. ingatlah jasa-jasa dan kebaikan beliau saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar