OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Rabu, 13 Oktober 2010

Sulit Mempunyai Pasangan

Q: Umur saya sekarang 20tahun, dan sedang melanjutkan studi di salah satu universitas Indonesia. akhir2 ini saya mengalami depresi, dan ingin mencari seorang konsultan, tapi karena terlalu sibuk dikampus, jadi belum mendapatkan informasi.

Gini Dok , waktu kecil (kelas 2 SD), saya mempunyai seorang teman,dan sejak berteman dengan dia bbrp bulan,saya merasakan dia sangat istimewa buat saya. Dan saya bertemu dia disebuah kursus, dan dikursus itu kami menghabiskan waktu bersama,bermain bersama. setelah 1tahun berlalu, tiba2 jarak saya dengan dia jadi agak renggang,tidak tahu mengapa kami jadi malu untuk ngomong secara face to face,jadi saya mulai menulis surat kepada dia,dan sempat surat menyurat beberapa kali, waktu dia berada ditingkat SMP 1, dan saya dikelas 6SD, dia pindah kekota lain tanpa pamit kepada saya, dan sampai sekarang sudah 9tahun kami tidak bertemu. dan saya mendapat kabar lewat fb nya kalau januari kemarin dia baru married dan juni kemarin dia telah dianugrahi anak pertamanya telah lahir.

Dok, selama 9tahun ini, saya tidak tahu apakah saya benar2 digolongkan cinta sama dia atau tidak? yang saya tahu selama 9 tahun ini,dan saya tidak bisa menerima perasaan suka seseorang kepada saya.Dok apakah saya ada kelainan jiwa atau saya belum bisa menerima dan memberikan rasa kasih sayang saya kepada orang lain? selama SMA sampai sekarang,saya mencoba untuk menerima perasaan orang,tapi sampai stengah jalan, saya merasa bosan dan menjadi malas. sehingga sampai sekarang saya belum pernah mencoba untuk menjalin hubungan dng seseorang. sampai sekarang,yang hanya bisa saya berikan adalah perasaan suka, saya belum bisa merasakan perasaan untuk mencintai. yang saya cintai sekarang adalah kedua orang tua saya.

kepribadian saya sangat tertutup,dan saya sangat susah untuk menerima suatu situasi yang berbeda, spt pertemanan.

Apa yang harus saya lakukan Dok untuk mengubah hidup saya? (via email shane_sunpei@yahoo.com)

Jb. Menanggapi pertanyaan anda, kemungkinan besar bahwa anda hanya belum menemukan pasangan yang benar benar anda sukai dan cintai dan saya yakin suatu saat anda pasti dapat menemukan orang yang benar-benar anda sukai dan cintai.

Ataukah anda mempunyai trauma terhadap masalah cinta atau keadaan masa lalu anda yang kurang bahagia sehingga membuat anda menjadi krisis kepercayaan terhadap orang lain dan anda menjadi tertutup terhadap orang lain dan tidak mau bergaul atau bersosialisasi terhadap orang lain.

Kemungkinan besar dua hal tersebut atau salah satu penyebab di atas yang membuat anda mempunyai jiwa seperti ini, namun sebenarnya andalah yang lebih tahu mengapa anda seperti itu.

Menurut saran saya adalah cobalah anda belajar untuk mempercayai orang lain atau terbuka dengan orang lain yang tentunya menurut anda itu adalah orang yang bisa dipercayai sehingga anda dapat membina hubungan sosialisasi terhadap banyak orang dan kemudian suatu saat anda bisa menemukan orang yang benar benar tulus mencintai anda dan begitu sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar