OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Jumat, 12 November 2010

Konsultasi Masalah Kepribadian

Pak, saya ingin konsultasi.

Jadi begini, sejak kecil saya adalah seorang anak yang pemalu. Sedikit2 takut, takut untuk mengungkapkan isi hati dan apa yang saya inginkan. Saya selalu minder dan takut berbicara di depan umum. Mungkin karena itu saya jadi sulit untuk bergaul. Dan karena itu saya jadi sering melamun sendirian, sehingga kebiasaan itu terus saya bawa. Dan hal2 yang saya lamunkan itu sebenarnya bukan hal2 yg baik. Seperti hal2 yg menyakitkan saya, saya putar terus di memori saya sampai2 rasa sakit hati itu muncul lagi. Dan emosi2 itu saya salurkan lewat teriakan2 dan marah2 kepada adik saya. Saya merasa benar2 buruk terhadap diri saya sendiri. Saya terus membanding-bandingkan diri saya dengan orang lain , sehingga saya benar2 membenci diri saya sendiri. Hal ini terus saya bawa hingga duduk di bangku SMA. Saya selalu marah2 bila dirumah, dan bersikap seperti tidak ada apa2 bila di sekolah. Saya berusaha menutupi diri saya yang seperti itu. Kemudian tibalah saat kuliah, dimana saya harus ngekos dan hidup bersama orang lain. Saya berusaha sebaik mungkin untuk mjd orang baik, saya berusaha membuat orang2 di kos itu menyukai saya dengan menjadi badut disana. Saya berusaha untuk tampak ceria setiap hari dan menekan perasaan2 negatif dalam diri saya. sampai2 saya takut jika perasaan2 negatif itu muncul, dan jika perasaan itu muncul saya tekan dan seterusnya. Sampai akhirnya saya bingung terhadap diri saya, kadang2 saya begitu ketakutan, sedih, pesimis, merasa tidak berguna dll. Sampai kadang2 kepala saya sakit dan leher saya rasanya tegang . Saya jadi orang yang sering ling-lung, dan benar2 nggak nyambung kalau di ajak ngomong.

Sekarang saya sadar, kalau saya itu benar2 orang yg egois, sombong, dan minder dll . Tapi saya ingin berubah, saya ingin berubah menjadi orang yang tulus dan bisa menghargai orang lain. Bagaimana ya pak. Kadang2 saya masih takut menunjukkan diri saya yang sebenarnya kepada teman2 saya. bagaimana supaya saya bisa lebih percaya diri lagi ya pak, karena saya itu selalu saja ragu dan selalu bertanya pendapat orang lain untuk hal2 yg sepele sekalipun. Sebenarnya ikhlas itu bagaimana sih pak?

Dan entah kenapa saya dari dulu sampai sekarang sulit sekali berkonsentrasi terhadap sekitar saya, atau boleh dibilang saya seperti hidup di dunia saya sendiri, , kadang saya sulit memahami perkataan orang lain karena saya terlalu berkonsentrasi pada kata2 dalam hati saya, sehingga saya melihat, mendengar perkataan orang itu.. tapi saya tidak konsentrasi sehingga saya sering kesulitan menjawab pertanyaan yang sepele sekalipun. Sebenarnya saya ini kenapa ya pak? (forum.detik.com)

Jb. Saya ikut prihatian dengan permasalahan psikologis anda. Menurut saya, kemungkinan besar anda mempunyai trauma pada masa kecil anda sehingga membuat kondisi psikologis anda pada masa dewasa agak terganggu.Anda mempunyai beberapa tahapan psikologis yang tidak dipecahkan secara baik pada masa kecil sehingga pada masa dewasa anda tidak mengetahui bagaiman cara dan pemecahan atau mengambil keputusan untuk menyelesaikan problem solving anda.

Saran saya adalah menekan suatu masalah adalah bukanlah solusi yang terbaik, namun menyelesaikan masalah adalah hal yang lebih baik dan kalaupun anda tidak dapat menyelesaikan masalah dengan baik maka sebaiknya jangan anda tekan, namun biarlah masalah itu berlalu dengan sendirinya dan biarlah pikiran anda tetap tenang dan sabar dalam menyelesaikan masalah anda.

Kemudian arti sebuah ketulusan dan keiklasan adalah anda dapat melakukan sesuatu dengan tanpa pamrih, yaitu memberikan sesuatu tanpa mengharapkan imbalan.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dimulai dari diri anda sendiri dan bukan orang lain. Anda belajar untuk mencintai dan menghargai kemampuan diri anda, memaklumi kelemahan anda dan mencintai kelebihan anda, bersiakap lebih kuat untuk menyikapi kelemahan anda dan belajar juga untuk mengganggap diri anda berharga sehingga kepercayaan diri anda akan bertambah.

Kemungkinan besar juga anda mengalami sakit kepala dan sulit berkonsentrasi dan mudah lupa, itu disebabkan oleh banyaknya tekanan hidup yang anda alami. cara menyikapinya tentunya banyak caranya, seperti olahraga berenang dapat menagktifkan sel otak dan membuat anda lebih tenang, kemdian terapi agama atau terapi meditasi dapat membantu, terapi pernafasan atau terapi pijat pada daerah otak dapat meningkatkan konsentrasi, saran terbaik saya adalah cobalah anda melakukan terapi akupunktur sehingga dapat membuat anda lebih tenang dalam menyelesaikan masalah anda.

Mengenai masalah kepribadian, anda dapat berkonsultasi dengan ahlinya atau psikolog untuk melakukan tes psikologi, sehingga anda mengetahui potensi diri anda yang sebenarnya sehingga anda dapat belajar untuk memperbaiki sisi kepribadian anda yang menurut anda kurang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar