OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 04 Januari 2010

Anak tidak akrab dengan Orangtua

Pak Mentor nanya dunk ;D saya ada sedikit kasus yang mau saya tanyakan solusinya...

ada teman saya si A, dia orangnya tertutup dengan orang yang terdekat contohnya keluarganya sendiri, dia lebih memilih terbuka dengan orang lain seperti teman or dll..yah karena orang tuanya sibuk jadi kurang komunikasi, dia gak bisa terbuka sama sekali dengan orang tuanya....susah untuk bisa dekat dengan mereka..uda usaha tetapi gak gampang...seperti orang asing aja..kalo gak penting gak ngomong sepertinya gak masalah ;D susah mengungkapkan isi hati secara wajar....

apakah hal seperti ini bisa diubah, yah yang sewajarnya anak pasti paling dekatnya dengan orang tua en sodara kandung :haha..terimakasih sebelumnya...(forum.wgaul.com)


Jb. Oh begitu yach.. memang ada sebagian anggota keluarga yang rukun dan akrab namun ada juga yang berjalan sendiri-sendiri karena mungkin kesibukan atau kurang cocok diantara satu dengan yang lainnya atau keluarga yang cuek dan keluarga yang liberal dan masih banyak sekali jenis dan bentuk keluarga yang berbeda-beda.

kemungkinan si A itu mempunyai keluarga yang lebih banyak sibuknya di luar dan tidak mempunyai banyak waktu untuk berkomunikasi.. itu hal yang biasa sich asalkan tidak mempunyai konflik diantara satu dengan yang lainnya.

Untuk menjalin suatu hubungan memang harus adanya kelibatan kondisi di antara kedua pihak.. jika sang anak ingin berkomunikasi dengan orang tua namun orang tua tidak mempunyai banyak waktu maka tidak bisa juga terjadi suatu komunikasi begitu juga sebaiknya..

oleh sebab itu maka perbanyaklah kedua pihak tersebut bersama-sama, seperti di hari libur, malam minggu atau minggu mencari waktu untuk bersama-sama, seperti makan bersama, ke pusat belanja bersama atau mencari olahraga berenang bersama-sama sehinga terciptalah banyak komunikasi dan hubungan yang akrab...

untuk keterbukaan.. memang harus adanya suatu niat, keberanian dan proses belajar.. cobalah untuk berniat membuka diri kepada orang tuanya dan belajar untuk menciptakan suasana yang nyaman ketika berkomunikasi dan jangan terlalu sensitif dengan kata-kata orang karena jika kita sensitif maka suatu pembicaraan akan berhenti karena ada salah satu yang tersingung.. cobalah untuk membicarakan masalah yang ringan terlebih dahulu atau basa basi yang bertujuan supaya bisa akrab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar