OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Kamis, 21 Januari 2010

Pola asuh keluarga yang kurang baik

pak fudin yth saya mau curhat ni

ntah kenapa saya suka marah-marah besar kalo ada sedikit masalah yang menyinggung saya. misalnya, kalau saya nggak diundang ke ulang tahun temen deket, rasanya pengen marah2 n mencaci maki orang ittu.. dendaam banget. dan rasanya pengen bikin orang itu menderita seumur hidup karna saya anggap udah menghancurkan ketenangan hidup saya.

latar belakang keluarga saya memang keras sih. daridulu saya sering dimarahin kakak2, temen, dan terkadang ortu. tapi waktu itu saya selalu sabar. tapi kenapa sekarang udah nggak bisa sabar kayak dulu lagi ya?

mohon dijawab ya (indonesiaindonesia.com)



Jb. mungkin dulu pada saat anda masih kecil, anda masih tidak bisa berbuat apa apa atau tidak bisa membangakan apa yang telah menjadi milik anda dan dipacu karena anda mempunyai masa kecil yang kurang menyenangkan dan kurang dihargai oleh sebab itu setelah dewasa timbullah rasa dendam dan rasa tidak menghargai terhadap orang lain, timbul perilaku yang kasar karena dulu sering dikasari juga.. itu merupakan akibat pola asuh yang kurang baik dari sebuah keluarga yang kurang menghargai dan bertindak kekerasan terhadap anaknya maka setelah anaknya besar maka anak itu juga akan menjadi kasar.

informasi yang anda berikan sudah cukup jelas mengapa anda menjadi seorang pribadi yang suka marah marah dan kurang bisa menghargai orang lain dan cepat emosi.. itu disebabkan oleh pola asuh keluarga anda pada masa lalu..

solusinya adalah janganlah terlalu sensitif terhadap perkataan dan perilaku orang lain, lebih banyak bersikap iklas dan sabar ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar