OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 21 Juni 2010

Pemecahan Perselingkuhan

mao minta pendapat nih, Bang.

Ada sebuah keluarga, yaitu antara pasangan X dan Y dengan 2 anaknya. Hubungan itu sudah berlangsung selama 6 tahun. Suami masih berusia 30 tahun, dan istri terpaut 2 tahun dibawahnya. Dalam penilaian saya, pasangan ini termasuk orang yang bertanggung jawab pada keluarga, walaupun sang suami bekerja serabutan dan istri sebagai ibu rumah tangga, mereka tetap menjalankan peran masing-masing. Beberapa bulan yang lalu, pasangan tersebut terlibat suatu pertengkaran, yang disitu terdapat unsur KDRT. Sang istri bercerita kepada saya sambil menangis, bahwa dia dipukul suaminya karna mengetahui suaminya telah berselingkuh. Selang beberapa hari, suaminya datang dan menceritakan hal serupa, sama seperti yang diceritakan istrinya.
X berkata " Saya sangat mencintai istri saya, saya tidak mau menceraikannya, tetapi saya tidak mau kehilangan pasangan baru saya. Saya juga ingin istri saya tau itu"
Sepanjang yang saya tau, pasangan yang melakukan perselingkuhan berkeinginan untuk bercerai. Namun si X tadi tak ingin menceraikannya. Padahal, istrinya sudah lama mengidap suatu penyakit dan sering keluar masuk rumah sakit. Sedangkan penghasilan suami pas-pasan, dan bisa dikatakan cukup untuk berobat saja. Namun kenyataannya demikian. Apakah bisa, satu orang mencintai 2 orang sekaligus?

sebenarnya, apa sih unsur yang paling dasar dari "perselingkuhan" dalam keluarga? Lalu dinamikanya bagaimana, menurut abang nih? (indoensiaindonesia.com)


Jb. Banyak hal yang menyebabkan seseorang berselingkuh, namun satu hal yang paling pasti adalah kehilangan cinta sehingga orang tersebut menjadi cinta atau pegangan yang lain. Ada juga yang disebabkan oleh kepribadian orang yang sulit untuk setia atau mudah bosan sehingga ingin mencari petualangan yang lain.

Memang sangat sulit orang untuk berkonsentrasi atau fokus kepada dua hal, karena orang itu akan menjadi depresi dan kehilangan makna hidup.. Manusia dapat memiliki banyak orang sebagai sebuah bentuk kasih sayang, namun fokus hatinya hanya kepada satu orang saja.

Memang agak sulit memecahkan permsalahan perselingkuhan, karena telah melibatkan hati, karena cinta itu mencakup unsur kasihan atau belas kasihan, oleh sebab itu pemecahannya harus bijaksana dan diusahakan jangan sampai ada yang terlalu tersakiti dan ada yang bisa merelakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar