OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Senin, 09 April 2012

Tidak memiliki Gairah terhadap Pekerjaan

PakFudin,

Saya adalah cowok dengan tipikal orang yg phlegmatis, pasif, tertutup, tidak memiliki banyak gairah, sulit menaruh minat terhadap sesuatu. sebagian besar keputusan yg saya ambil dalam hidup saya disetir atau diputuskan oleh orang lain.

Pada waktu pertama kali ingin kuliah, saya tidak tau mau ambil jurusan apa. Saya memiliki bakat dibidang gambar bangun dan design jd saya memutuskan ambil jurusan arsitektur. Sayangnya ketika tes, ketauan saya buta warna sehingga tidak diterima. Akhirnya saya banting setir ke IT (Saya bahkan belum pernah pegang komputer sama sekali waktu itu). Alkisah setelah 8 tahun berjuang akhirnya jadilah saya sarjana IT dengan IPK hanya 2,41.

Yg paling lucu adalah setelah kuliah. Saya seorang sarjana IT tapi tidak pernah yakin bisa programming. Jadi saya tidak pernah bekerja sama sekali di bidang IT. Pekerjaan saya pertama kali adalah sebagai marketing. tetapi karena sifat saya yg tertutup, tidak persuasif dan phelgmatis menjadi penghambat. Saya hanya bertahan 4 bulan sebagai marketing. Saya kemudian mulai mencari pekerjaan lagi. Setelah5 bulan mencari, saya mendapatkan pekerjaan sebagai staff dokumen di sebuah perusahaan pelayaran. job desknya hanya sebagai data entry dengan pekerjaan yg rutinitas... Tapi saya cukup enjoy dan bekerja cukup baik. Setelah 1,5 tahun di divisi dokumen, saya dipromosikan di divisi purchasing.

Di divisi purchasing, performa saya drop. Di suruh nego gak bisa... Kadang malah lebih seringnya saya ditekan oleh supplier. Setelah 6 bulan performa buruk saya memutuskan resign.

Sekarang disinilah saya... Tahun ini akan berumur 29 tahun. Berusaha mencari pekerjaan lain. Saya menyadari sesuatu... Saya sebenernya bukan sulit cari pekerjaan. Tapi masalahnya saya sendiri sulit menentukan pekerjaan apa yg saya sukai. Saya bahkan tidak tau cita2 saya pengen jadi apa. Minat dan bakat saya apa.. Ada ketakutan bahwa saya sudah berumur 29 tahun tetapi bahkan saya belum memulai apa2. Selain itu ada ketakutan juga bahwa pekerjaan yg cocok untuk saya adalah pekerjaan administrasi/data entry yg rata2 gajinya tidak besar dengan karir relatif stagnan.

Intinya saat ini saya sedang lost dan tidak tahu mau kemana dan sedang mencari orang yg bisa memberikan guidance...

Terima kasih telah mendengarkan cerita saya. Saya sangat berterima kasih dengan saran Pak Fudin

Jb. Cobalah anda melakukan tes psikologi terhadap bakat dan minat anda sehingga anda tau persis bagaimana tujuan hidup atau pekerjaan yang cocok dengan diri anda.

Setiap manusia dilahirkan memiliki kemampuan masing-masing, oleh sebab itu janganlah terlalu memberikan penilaian negatif terhadap diri sendiri. Anda cukup berusaha sekuat tenaga menemukan jati diri anda. Hidup ini banyak loncatan yang perlu anda lalui, carilah pengalaman hidup anda dan kemudian menabunglah untuk sesuatu pada masa depan anda. Itulah hakekat dari pekerjaan bahwa kita bekerja adalah untuk mencari pekerjaan dan uang untuk meniti hidup yang lebih baik. Ketika anda memiliki tabungan dan ilmu bukannya anda bisa membuka usaha sendiri sehingga tidak terpatok pada lingkaran pemikiran yang satu saja. Hidup ini adalah perubahaan, jika kita dapat memilih hidup menjadi lebih baik. maka beranjaklah dan carilah kehidupan yang lebih baik. Perubahaan itu pasti, bahkan kepribadian juga dapat berubah karena hidup ini tidak statis. Janganlah selalu merasa bahwa anda tidak mempunyai gairah akibat anda adalah seorang plegamatis. Tidak mempunyai gairah atau selalu merasakan bahwa anda tidak mampu merupakan pemikiran negatif. Anda harus dapat melawan sisi kepribadian anda yang negatif menjadi positif. Sesuatu yang tidak bisa akan menjadi bisa karena kita selalu belajar dan tidak mudah putus asa sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang menetap dalam diri anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar