OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 26 Januari 2010

Sedih tanpa sebab

pak .. nanyak, kenapa ya..kadang2 saya suka dihinggapi perasaan sedih tanpa sebab ? (lautanindonesia.com)


Jb. jika anda mempunyai suatu perasaan tertentu tanpa mengetahuinya maka kemungkinan anda mengalami gangguan perasaan/emosi.. dimana anda merasa sedih secara tiba tiba dan beberapa waktu lagi menjadi senang kembali.. namun jika masih berada dalam tahap normal atau tidak berlebihan sampai menganggu hidup anda itu masih wajar kok.. karena setiap manusia mempunyai naluri dan alam bawah sadar.. naluri seperti naluri cinta tanpa sebab,naluri ingin makan walaupun tidak lapar, nalur ingin menyakiti orang lain walaupun tidak dendam, dsb.. alam bawah sadar adalah sesuatu yang kita pendam ke dalam perasaan kemudian akan masuk ke alam bawah sadar.. kadang kadang alam bawah sadar ini bisa muncul ketika ada hubungan atau simbol simbol yang berkaitan, seperti seorang wanita yang diperkosa dan setelah ia sembuh dan kuat kembali kadang kadang dia bisa merasa sedih tanpa sebab ketika melihat pedang, pisang, dsb..

2 komentar:

  1. asslamulaikm,
    saya mau tanya juga pak,
    saya juga termasuk orng yang seperti apa yang bapak jelaskan diatas tadi,
    kata bapak masih dlam tahap normal itu gak apa2,
    tapi hampir setiap hari saya mengalami hal ini, bahkan hampir setiap jam saya merasakan perubahan sifat yang saya sendiri tidak bisa mengendalikannya,
    terkadang saat saya bersama teman2 berbincang2 yang segalanya berbau happy dan fun, tapi ntah kenapa tiba2 saya merasa kosong, marah, kesal dan rasa sedih yang tidak menentu.
    terkadang teman2 saya jadi takut untuk bercanda dengan saya karna kata teman saya,saya mudah sekali tersinggung, padahal saya tidak pernah tersinggung dengan apapun yang teman saya katakn ataupun yang sedang kita bicarakan.

    pertanyaan saya, bisa gak perasaan ini disembuhkan atau setidaknya bisa saya kontrol sehingga saya tidak merasakan begitu sedih dengan tanpa sebab?

    Terimakasih sebelum dan sesudahnya pak.
    dan terimakasih juga jika bapak mau menjawab pertanyaan saya ini.

    BalasHapus
  2. Sekarang saya sedang mengalami kesedihan yang mendalam tanpa sebab. Apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus