OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 27 Juli 2010

Masalah Penggunaan Bahasa

gan.. survei dong
ane anak semarang
ntar waktu ane di jakarta (ane merantau gan minggu depan kuliah)

lebih baik ane pakai kata
ane , aku , saya , atau gue gan ?
klo di semarang sini biasa pake "aku kamu" atau "aku kowe" gan
tapi ada yang bilang penggunaan "aku kamu" di jakarta hanya untuk hubungan dekat atau approaching gan.. dan ane sempat mengalami pengalaman tidak mengenakkan karena salah pola bahasa seperti itu gan
namun ada juga yang memaklumi

ayo gan survei.. enaknya nanti pakai yang mana huehhehehhe..
waktu presentasi.. waktu ngobrol sama teman.. perkenalan dsb
thanks yaaaa agan semua nya

kalau bisa contoh kasus nya gan

sama teman gan.. misal mau tanya

emmmm saya / aku / ane / gue andre.. kamu / situ / anda / yu / lu / loe / Jessica ada kuliah nggak ?

itu saya harus menggunakan pilihan kata yang mana ?

bagaimana menurut tanggapan pak psikolog
disini saya mengalami tekanan mental karena belum pernah mengalami masalah pola bahasa seperti ini dan baru kali ini mengalaminya
sampai rasanya sesak di dada
waktu itu saya di kira homo oleh orang jakarta karena saya bilang aku kamu
naaa menurut bapak
lebih baik saya meyesuaikan diri dengan pola bahasa jakarta dengan gue lo
atau saya tetap menggunakan bahasa semarang saya
yang aku kamu

namun kedua nya memiliki konsekuensi masing masing
kalau pakai gue loe nanti saya takut di sangka sok gaul atau sok ke jakarta jakartaan
kalau pakai aku kamu nanti akan terjadi misconception dan pengejekan atas nama suku.. lalu pengejekan karena salah paham.. pengejekan karena misunderstanding

dimana pak.. apa yang harus saya perbuat..
ikut yang mana (kaskus.us)

Jb. setiap kota dan negara mempunyai bahasanya masing masing dan tergantung oleh kesepakatan pada leluhur mereka masing-masing, di medan sendiri sering mengunakan bahasa kau dan aku, sedangkan jika bahasa itu kita terapkan di pulau jawa, maka bahasa itu akan terkesan begitu kasar, dsb.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, maka budaya itu semakin lama akan semakin luntur dan orang bebas menggunakan bahasa apa, namun ada beberapa daerah di kota Indonesia, seperti jogja, dsb masih sangat kental sekali menggunakan bahasa daerah mereka bahkan ada yang tidak mengerti bahasa Indonesia..

Jadi menurut saya,. bahasa apa yang anda gunakan dan masih termasuk dalam koridor yang wajar adalah masihlah tidak terlalu menjadi permasalahan, asalkan anda bisa beradaptasi dengan budaya setempat atau dengan siapa kita harus berbahasa itu sudah cukup,. seperti dengan teman, kita bisa menggunakan bahasa aku kamu, gue lo dan dengan guru atau dosen, bisa menggunakan bahasa pak atau ibu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar