OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Kamis, 24 Desember 2009

Gangguan kepribadian ganda

Trus mau nanya soal Multiple Identity Disorder [MID/DID] atau Alter Ego. Atau dalam istilah Bhs. Indonya itu Kepribadian Ganda. Aku liat kasusnya cukup marak di luar negeri. Dan psikolog yang menangani masalah ini juga keliatannya bisa terbilang dikit yah. Lalu gimana dengan Indonesia sendiri sih ? Apa malah dikira sakit jiwa trus dimasukin RSJ. Swt.
Tapi sayangnya, sekali seseorang tau mengenai A.E ini. 70% dari mereka langsung ngerasa punya gejala-gejala A.E yang walau sebenarnya itu gejala biasa yang orang atau manusia alami. (lautanindonesia.com)


Jb. ganguan kepribadian ganda termasuk dalam gangguan identitas diri... menurut saya di Indonesia sendiri masih jarang orang yang mengalami gangguan kepribadian ganda... yang paling banyak yach orang luar negeri atau orang yang berada di negeri berkembang.. biasanya orang yang mempunyai kepribadian ganda tidak dimasukkan ke rsj namun dimasukkan ke pusat terapi atau rehabilitasi jiwa dan sosial untuk mendapatkan bimbingan...

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. saya ingin bertanya . . saya memiliki teman yang selalu berubah rubah
    dia seorang yang baik, ramah namun ketika ada satu hal yang mengganggunya dia akan berubah 180 derajat. Berubah menjadi orang lain yang mengerikan, tapi setelah sadar dia lupa kalau sebelumnya telah berubah kira-kira itu bisa disebut kepribadian ganda? jika iya apa yang harus dilakukan teman saya itu??

    BalasHapus